Selasa, 09 Februari 2010

Bulan Agustus

1 Agustus
Columbus Menginjakkan Kaki di AS

Tanggal 1 Agustus 1498, petualang Italia, Christopher Columbus menginjakkan kakinya untuk pertama kali di daratan benua Amerika, di kawasan yang sekarang menjadi bagian dari Venezuela. Columbus mengira wilayah yang didatanginya itu sebagai sebuah pulau dan memberinya nama Isla Santa serta mengklaimnya sebagai wilayah jajahan Spanyol. Columbus dilahirkan di Genoa, Italia pada tahun 1451. Ia sangat terobsesi oleh kemungkinan menemukan jalur pelayaran langsung dari Eropa ke Asia. Saat itu, masyarakat Eropa mengira tidak ada jalur langsung ke Asia timur, dan satu-satunya jalur yang ada, yaitu melalui Mesir dan Laut Merah telah ditutup oleh kerajaan Ottoman.
Dengan mengira bahwa Eropa dan India Timur hanya dibatasi oleh Lautan Atlantik, Columbus menemui Raja Portugis untuk mensponsori pelayarannya mencari rute baru ke Asia. Proposal ini ditolak dan kemudian Columbus menemui Raja Ferdinand dari Spanyol yang akhirnya bersedia menjadi sponsor misi tersebut. Pada tanggal 3 Agustus 1492, Columbus memulai ekspedisinya dengan menggunakan tiga kapal bernama Santa Maria, Pinta, dan Niya. Dalam ekspedisi pertama ini, Columbus mencapai Cuba, yang dikiranya bagian dari Cina dan Hispaniola yang disangka sebagai wilayah Jepang. Mereka kembali ke Spanyol dengan membawa emas dan rempah-rempah. Atas kesuksesannya ini, Columbus diberi penghargaan oleh Raja Spanyol dan diberi kesempatan untuk menjalankan ekspedisi yang kedua.
Pada tahun 1493, Columbus memulai ekspedisi keduanya namun hanya berhasil mencapai wilayah Karibia dan pasukannya banyak terbunuh dalam pertempuran dengan kaum pribumi. Selanjutnya pada bulan Mei 1498, Columbus memulai eskpedisi dengan tujuan utama mencari jalur langsung ke India. Tiga bulan kemudian, pada tanggal 1 Agustus 1498, ia menginjakkan kakinya untuk pertama kali di benua AS.

Perang Dunia I Dimulai
Tanggal 1 Agustus tahun 1914, Perang Dunia I secara resmi dimulai dengan adanya pengumuman perang dari Jerman terhadap Rusia. Tiga hari sebelumnya, Austria juga mengumumkan perang terhadap Serbia dengan alasan terbunuhnya putra mahkota Austria di Sarajevo. Setelah melancarkan perang terhadap Rusia, Jerman juga memerangi Perancis dan perang pun meluas dengan cepat. Dalam perang ini, Jerman bersekutu dengan Austria, Hongaria, dan Ottoman. Sementara itu, Perancis , Inggris, Rusia, dan Serbia bergabung dalam kelompok Sekutu.
Persiapan perang ini sesungguhnya telah dimulai sejak lama. Puluhan tahun sebelum dimulainya perang, negara-negara besar Eropa terlibat dalam persaingan senjata dan berusaha untuk memperluas wilayah penjajahan mereka. Selain itu, pemikiran nasionalisme juga semakin menguat di Eropa. Dalam perang ini, awalnya Jerman dan kelompok Axis hampir menang, namun kemudian AS bergabung ke dalam kelompok Sekutu, sehingga kekuatan Sekutu semakin besar dan akhirnya meraih kemenangan. Perang ini secara resmi berakhir tanggal 11 November 1918 dengan menjatuhkan korban tewas 9 juta orang, 29 juta orang cacat, dan 5 juta orang hilang. Pada tahun 1919, pihak-pihak yang terlibat perang menandatangani Perjanjian Versailles yang memberikan denda besar terhadap Jerman sebagai pihak yang memulai perang.

Swiss mencapai kemerdekaan
Tanggal 1 Agustus tahun 1648 Masehi, Swiss memperoleh pengakuan atas kemerdekaannya. Karenanya tanggal 1 Agustus di negara itu diperingati sebagai hari nasional. Swiss memilih sikap netral dalam perang panjang di benua Eropa yang terjadi antara tahun 1618 hingga 1648. Di bawah Perjanjian Westfalen, negara Eropa mengakui kemerdekaan Swiss dari Kekaisaran Romawi Suci dan kenetralannya (ancien régime). Swiss dengan ibukotanya Bern, memiliki luas wilayah 41,293 kilometer persegi dan terletak di jantung benua Eropa. Negara ini bertetangga dengan Jerman, Prancis, Italia, Austria dan Liechtenstein.

Jean Baptiste Lamarck lahir ke dunia
Tanggal 1 Agustus 1744, Jean Baptiste Lamarck, pakar lingkungan hidup dan ailmuan biologi asal Prancis lahir ke dunia di Bazentin, Picardie. Ia dikenal setelah menulis buku berjudul Flore Francoise atau Tumbuh-tumbuhan Prancis yang terbit pada tahun 1779. Pada masa revolusi Prancis ia diangkat menjadi pejabat di Museum Nasional Paris untuk Sejarah Alam. Kajian dan penelitian ilmiahnya menghasilkan teori tentang evolusi kehidupan.

Karya besarnya berjudul Filsafat Zoologi yang terbit tahun 1809 mengulas pendapatnya tentang teori hubungan antara makhluk hidup dan lingkungannya (ekologi). Ia memberi dasar klasifikasi baru bagi hewan, dengan pertama-tama memisahkan dalam dua kelompok besar: hewan bertulang belakang (Vertebrata) dan tak bertulang belakang (Avertebrata). Lamarck meninggal dunia pada tanggal 18 Desember 1829 saat berusia 85 tahun.

Fahd bin Abdul Aziz Meninggal Dunia
Tanggal 1 Agustus tahun 2005, Fahd bin Abdul Aziz, raja Arab Saudi meninggal dunia setelah beberapa tahun menderita penyakit akut. Fahd lahir di Riyadh, pada tahun 1921. Tahun 1967 ua menjabat sebagai Wakil Perdana Menteri dan delapan tahun kemudian dinobatkan sebagai Putra Mahkota. Dengan meninggalnya Raja Khalid bin Abdul Aziz tahun 1982, Fahd naik takhta sebagai raja kelima dari dinasti keluarga Saud. Masa kepemimpinan Raja Fahd diwarnai dengan hubungan yang kian mesra antara Arab Saudi dan Amerika Serikat.

Ketika perang Irak terhadap Iran meletus dekade 1980-an, Fahd menjadi salah satu pendukung utama dan donatur bagi Saddam. Hubungan Irak dan Arab Saudi merenggang setelah Saddam mengerahkan pasukannya untuk menginvasi Kuwait tahun 1990. Sejak tahun 1995, setelah mengalami serangan jantung, secara praktis Raja Fahd menyerahkan kendali pemerintahan kepada saudaranya, Emir Abdullah yang saat itu duduk sebagai Putra Mahkota. Dengan kematian Fahd, kekuasaan di negara itu jatuh ke tangan Abdullah.

2 Agustus
Denis Popon Meninggal Dunia

Tanggal 2 Agustus tahun 1714, Denis Popon, seorang inventor Perancis, meninggal dunia. Dia menggunakan tenaga uap untuk menggerakkan motor mesin. Mesin bertenaga uap ciptaan Popon ini merupakan alat bertenaga uap pertama dan berdasarkan konsep mesin uap ini, kemudian diciptakanlah mobil dan kapal uap.

Ayatullah Syaikh Fadhlullah Nuri Gugur
Tanggal 2 Agustus tahun 1909, Ayatullah Syaikh Fadhlullah Nuri", seorang ulama dan pejuang besar Iran, gugur syahid kerana digantung oleh antek-antek kolonialis. Beliau adalah ahli fiqih garis depan di Teheran dan sangat berjuang keras dalam menyebarkan pemikiran Islam dan paham keadilan. Ayatullah Nuri merupakan salah satu pemimpin utama perjuangan kaum ruhaniwan dan rakyat Iran dalam melawan dinasti Qajar dan dalam Revolusi Konstitusional. Namun, setelah dibentuknya Majelis Permusyawaratan Rakyat sebagai hasil dari Revolusi Konstitusional tersebut, Ayatullah Nuri mendapati bahwa sebagian undang-undang yang disepakati oleh majelis tidak sesuai dengan pandangan Islam.
Oleh karena itulah beliau dan sejumlah pejuang lainnya mengadakan aksi protes di makam Syekh Abdul Adzhim di kota Rey, selatan Teheran. Akhirnya, Majelis Permusyawaratan Rakyat bersedia mengubah undang-undang dasar yang tidak sesuai dengan pandangan Islam tersebut dan Ayatullah Nuri kembali ke Teheran. Setelah direbutnya kota Tehran dan berakhirnya despotisme..., antek-antek kolonialis memanfaatkan situasi untuk melindungi despotisme dengan membunuh Ayatullah Nuri.

Irak Dipastikan Gunakan Senjata Kimia Terhadap Iran
Tanggal 2 Agustus tahun 1988, komisi penelitian PBB yang dikirim ke Iran dan Irak, dengan mengeluarkan dua laporannya, menyatakan bahwa Irak selama peperangan melawan Iran telah berkali-kali menggunakan senjata kimia. Ini adalah pengakuan terang-terangan pertama dari PBB mngenai penggunaan senjata kimia tentara Irak terhadap Iran. Namun, Dewan Keamanan PBB sama sekali tidak mengeluarkan resolusi apapun dalam menanggapi penggunaan senjata kimia ini. Senjata kimia yang digunakan secara luas dan menyerang tidak saja tentara Iran, melainkan juga rakyat sipil Iran, sama sekali tidak ditanggapi oleh PBB. Alasannya adalah demi melindungi kepentingan Barat yang bekerja sama dengan Irak dalam memproduksi senjata kimia tersebut.
Oleh karena itulah, beberapa jam setelah laporan tersebut disiarkan, kota Ashnawieh di bagian barat Iran dibombardir dengan bom kimia dan melukai 2400 penduduk kota itu. Komisi penelitian PBB juga mengakui adanya penyerangan bom kimia di Ashnawieh yang dilakukan setelah diadakannya perjanjian gencatan senjata antara Irak dan Iran ini.

Invasi Irak ke Kuwait
Tanggal 2 Agustus tahun 1990, tentara Irak menginvasi negara tetangganya, Kuwait. Invasi ini merupakan invasi Irak kedua setelah sebelumnya di tahun 1980 menyerang Iran. Sebelumnya, Rezim Saddam selalu menyatakan bahwa kawasan Kuwait adalah provinsi Irak yang ke-19. Invasi ke Kuwait ini bertujuan untuk mengambil alih kekayaan minyak Kuwait dan dengan demikian, Rezim Saddam berharap bisa menjadi pemimpin dunia Arab. Namun, invasi Irak ke Kuwait ini mendapat reaksi negatif yang sangat besar dari dunia internasional.
Dunia internasional dan PBB menngecam invasi Irak ini dan memerintahkan agar Irak keluar dari Kuwait. Kemudian, sejumlah negara dengan dipimpin oleh AS mengirimkan pasukannya ke Teluk Persia dengan tujuan untuk mengusir Irak. Meskipun telah dilakukan berbagai macam lobi politik selama tujuh bulan, tentara Irak tetap bertahan di Kuwait. Akhirnya, pasukan aliansi pimpinan AS melakukan penyerbuan ke Irak hingga menimbulkan kerugian dan kerusakan yang sangat besar bagi tentera dan rakyat Irak. karena serangan pasukan aliansi itu, pada tanggal 28 Februari 1991, Irak mengakhiri aneksasinya di Kuwait.

3 Augustus
Dimulainya Petualangan Terbesar Colombus

Tanggal 3 Agustus tahun 1492, dimulailah perjalanan terbesar Christopher Columbus, seorang pelaut Italia. Christopher Columbus menandatangani perjanjian dengan Raja dan Ratu Spanyol yang berisi penugasan untuk menemukan jalan baru menuju India. Columbus bersama 120 pelaut lainnya, dengan menggunakan 3 kapal, berlayar dari pelabuhan Paulus Spanyol dan 33 hari kemudian mereka bertemu dengan daratan yang mereka sangka adalah India. Ternyata, daratan yang dilabuhi oleh Columbus dan rombongannya adalah kepulauan Salvador yang terletak di benua Amerika. Dengan demikian, tanpa disadari oleh Columbus, dia menemukan benua baru yaitu benua Amerika.

Sisilia Berintegrasi Dengan Italia
Tanggal 3 Agustus tahun 1860, kepulauan Sisilia menjadi bagian dari Italia atas usaha Garibaldi, pemimpin gerakan nasionalisme Italia. Warga kepulauan ini mendukung Garibaldi karena mereka menderita akibat kesewenang-wenangan Raja Perancis Kedua yang bertahun-tahun menjajah kepulauan Sisilia. Setelah peperangan 80 hari, kepulauan Sisilia menjadi bagian dari Italia dan dengan demikian, proses penyatuan Italia secara keseluruhan memakan waktu 10 tahun.

Pembukaan Terusan Panama
Tanggal 3 Agustus tahun 1914, dengan melintasnya kapal pertama, Terusan Panama dibuka. Pembangunan terusan ini dimulai oleh para insinyur Perancis dan dilanjutkan oleh orang Amerika sampai selesai. Terusan sepanjang 68 kilometer ini mempertemukan Lautan Teduh dan Samudera Pasifik.

Nigeria Merdeka
Tanggal 3 Agustus tahun 1960, Nigeria meraih kemerdekaannya dan menjadi anggota PBB. Negara Afrika ini sejak abad ke-18 menjadi jajahan Perancis. Pada tahun 1922, Perancis mendirikan pangkalan militer di Nigeria dan secara resmi negara ini menjadi daerah koloni Perancis. Namun, secara bertahap rakyat Nigeria bangkit menentang Perancis dan akhirnya pada tahun 1960 berhasil meraih kemerdekaannya. Nigeria memiliki luas wilayah 1.267.000 kilometer persegi dan terletak di bagian barat benua Afrika serta berbatasan dengan Libya, Chad, Mali, dan Benin.

Israel Bunuh Izuddin Qalq
Tanggal 3 Agustus 1978, rezim Zionis melakukan aksi terorismenya dengan membunuh Izuddin Qalq, wakil Organisasi Pembebasan Palestina di Paris. Sekretaris Izuddin Qalq juga ikut terbunuh dalam serangan ini. Pada dekade 1970-an dan 1980-an, organisasi intelijen Zionis, Mossad, meneror banyak pejabat PLO sehingga mereka menjadi lemah dan akhirnya bersedia menandatangani perjanjian damai dengan Rezim Zionis. Namun demikian, rakyat Palestina tidak mengakui perjanjian damai ini dan tetap berjuang melawan rezim penjajah tersebut.


Alexander Solzhenitsyn meninggal dunia
Tanggal 3 Agustus tahun 2008, Alexander Solzhenitsyn penulis dan sejarawan Rusia meninggal dunia. Dia dilahirkan pada tahun 1918 di kawasan Kaukasus di selatan Rusia. Solzhenitsyn meraih gelar sarjana di bidang matematika dan fisika. Menyusul serangan Nazi Jerman ke Uni Soviet, ia terlibat dalam perang membela negaranya. Berkat itu Solzhenitsyn memperoleh medali ksatria. Setelah perang berakhir, Solzhenitsyn meski beraliran Komunis divonis kerja paksa di pengasingannya di Siberia akibat kritik tajamnya terhadap rezim Stalin yang otoriter. Ia bebas dari tahanan pada tahun 1956. Periode kehidupan setelah penjara adalah periode aktivitas Solzhenitsyn dalam menulis buku. Tahun 1970, Solzhenitsyn meraih hadiah nobel sastera. Tahun 1974, ia kembali ditangkap dan diasingkan akibat kritik dan kecamannya terhadap rezim Uni Soviet.

Menyusul bubarnya Uni Soviet dan terwujudnya iklim yang relatif bebas dan terbuka, Solzhenitsyn kembali ke negaranya dan disambut dengan meriah. Meski demikian, Solzhenitsyn tetap melayangkan kritik tajamnya. Kritik pertamanya ia tujukan kepada rezim Rusia karena cenderung mengekor kepada Liberalisme Barat, sementara kritik kedua ia arahkan kepada warga di negaranya yang menurutnya telah jauh dari Tuhan dan spiritual. Diantara karyanya adalah; Bangsal Kanker, Arkhipelag GULAG, dan Satu Hari dari Kehidupan Ivana Denisovicha.

4 Augustus
Nicholas-Jacque Conte Lahir

Tanggal 4 Agustus 1755, Nicolas-Jacque Conte, pencipta pensil modern, terlahir ke dunia. Sejarah pembuatan pensil berawal pada tahun 1560-an, dengan ditemukannya grafit, bahan pembuat pensil, di Inggris. Dengan cepat, grafit digunakan sebagai alat untuk menulis, meskipun masih dalam bentuk yang primitif. Akhirnya pada tahun 1565, dibuatlah pensil pertama dengan cara memasukkan grafit ke dalam sepotong kayu. Perkembangan dalam pembuatan pensil diteruskan oleh para pengrajin Eropa sampai akhirnya Nicolas-Jacque Conte berhasil menciptakan pensil dalam bentuk modern seperti yang sekarang ini digunakan oleh masyarkat dunia.


Bsysshe Percy Shelley lahir ke dunia
Tanggal 4 Agustus 1792 Masehi, Bysshe Percy Shelley, penyair Inggris terlahir ke dunia. Sejak kecil, Shelley sudah menunjukkan bakat yang luar biasa dan ketertarikan yang besar kepada sastera. Dia dikenal sebagai penyair yang memiliki kecenderungan kepada tema-tema cinta, persahabatan dan kebebasan. Karena itulah ia lantas tertarik kepada revolusi Prancis yang belum lama terjadi di zaman itu. Shelley pernah mengalami pengasingan. Tahun 1822, saat berusia 30 tahun, ia tenggelam saat berperahu di laut Meditterania dan meninggal dunia. Bysshe Percy Shelley meninggalkan sejumlah karya diantaranya, Revolution & Romanticism.

AS Umumkan Netralitas dalam Perang Dunia I
Tanggal 4 Agustus tahun 1914, ketika PD I meletus di Eropa, Woodrow Wilson, Presiden AS saat itu, mengumumkan kenetralan AS dalam perang ini. Pada bulan Februari 1915, Jerman melarang semua kapal dari negara manapun untuk memasuki wilayah perang di sekitar Inggris. Namun, kapal-kapal dagang AS tidak menghiraukan ultimatum ini dan sebulan kemudian, sebuah kapal dagang AS ditenggelamkan oleh kapal tempur Jerman. Selanjutnya dua kapal AS lainnya juga diserang oleh Jerman sehingga opini publik AS menjadi semakin anti Jerman. AS akhirnya memutuskan hubungan diplomatik dengan Jerman dan Kongres mengesahkan anggaran militer sebesar 250 juta dolar untuk persiapan perang.
Tanggal 6 April 1915, parlemen AS secara resmi menetapkan bahwa AS akan bergabung dalam pasukan Sekutu. Pada tanggal 26 Juni, 14.000 tentara AS mendarat di Perancis. Ketika perang berakhir tahun 1918, lebih dari 2 juta tentara AS terjun dalam perang Dunia I dan 50.000 di antaranya tewas. Praktek seperti ini, yaitu ikut terjun dalam perang yang sesungguhnya di luar wewenangnya, masih diteruskan oleh para pemimpin AS hingga saat ini, seperti dalam Perang Vietnam dan Perang Irak yang telah mengorbankan banyak warga AS secara sia-sia.

David Lange Lahir
Tanggal 4 Agustus 1942, David Lange, perdana menteri termuda dalam sejarah New Zealand, terlahir ke dunia. David Lange menuntut ilmu di bidang hukum pada Universitas Auckland. Setelah lulus, David Lange berkarir di bidang hukum hingga tahun 1977 ketika ia berhasil terpilih sebagai anggota parlemen. Pada tahun 1979, David Lange terpilih sebagai wakil ketua Partai Buruh di parlemen dan empat tahun kemudian, ia diangkat sebagai ketua partai dan pemimpin faksi oposisi dalam parlemen. Pada bulan Juli 1984, David Lange diangkat sebagai Perdana Menteri New Zealand dan ia memimpin pemerintahan yang secara radikal melakukan restrukturisasi dalam perekonomian negara. David Lange juga berperan besar dalam pengesahan UU bebas nuklir di New Zealand dan reformasi di bidang pendidikan. Pada tahun 1987, ia kembali terpilih dengan suara masyoritas untuk kedua kalinya menjabat sebagai PM. Akhirnya, pada tahun 1989, David Lange mengundurkan diri dari jabatannya.

Amerika kalah di Teluk Tongkin
Tanggal 4 Agustus 1964, AS menderita kekalahan dalam perang terbatas di Teluk Tongkin di wilayah Laut Cina Selatan. Pertempuran itu meletus antara kapal-kapal perang AS melawan Vietnam Utara. Saat itu AS mendukung penuh rezim Vietnam Selatan melawan utara, namun sebelum peristiwa 4 Agustus 1964, AS tidak pernah secara langsung terlibat pertempuran. Menyusul peristiwa Teluk Tonkin, AS secara signifikan menambah jumlah personil militernya di Vietnam Selatan. Mesin-mesin perang dan pesawat tempur AS pun secara masif menggempur wilayah Vietnam utara. Namun perlawanan sengit rakyat setempat telah mempermalukan AS yang terpaksa mengakui kekalahannya di Vietnam dan pada tahun 1975 AS menarik mundur seluruh tentaranya dari sana. Beberapa tahun setelahnya, Vietnam menyatu kembali.

5 Augustus
Guy de Maupassant Lahir

Tanggal 5 Agustus tahun 1850, Guy de Maupassant, salah seorang penulis cerpen terbaik Perancis, terlahir ke dunia. Maupassant menuntut ilmu di bidang hukum, namun kemudian studinya terhenti karena ia bergabung dengan tentara dalam Perang Perancis-Prussia. Seusai perang, Maupassant tinggal di Paris dan di sanalah ia mulai menggeluti dunia tulis-menulis. Dalam jangka waktu 10 tahun, Maupassant memproduksi 300 cerita pendek, enam novel, dan beberapa buku non-fiksi.
Dalam karya-karyanya, Maupassant banyak menuangkan pengalamannya saat perang, kisah-kisah dalam militer dan birokrasi, serta ketidakadilan sosial. Tulisan-tulisan Guy de Maupassant umumnya bergaya naturalis. Karya-karyanya yang terkenal berjudul A Life dan The Rondoli Sisters. Pada usia 40-an, Maupassant terserang penyakit jiwa dan akhirnya meninggal dunia tahun 1893.


Syah Iran Tandatangani Konsitusi
Tanggal 5 Agustus 1906, Syah Iran saat itu, yaitu Syah Muzafarruddin Qajari akhirnya bersedia menandatangani surat perintah diberlakukannya sistem konstitusional di Iran. Keputusan ini diambil setelah rakyat Iran yang dipimpin para ulama dengan gencar melancarkan demonstrasi menentang sistem kerajaan yang absolut dan penuh ketidakadilan serta memebri kesempatan kepada pihak-pihak asing untuk campur tangan dalam urusan dalam negeri Iran.
Awalnya, demonstrasi-demonstrasi itu dihadapi pemerintah dengan senjata sehingga banyak warga dan ulama yang gugur. Akhirnya, beberapa ulama besar Iran, antara lain Ayatullah Sayyid Abdullah Behbahani dan Ayatullah Sayyid Muhammad Thabathabai mengadakan aksi mogok di kota Rey dan Qom. Pengaruh para ulama sedemikian besarnya di tengah rakyat Iran, sehingga Syah Muzafaruddin akhirnya menyetujui diterapkannya sistem kontistusi di Iran. Setelah itu, dibentuklah parlemen yang kemudian menetapkan UUD Iran. Namun, tak lama kemudian, proses revolusi konstitusional ini mengalami penyelewengan dan akhirnya Iran kembali ke era despotisme kerajaan sampai akhirnya revolusi Islam di bawah pimpinan Imam Khomeini meraih kemenangannya.


Allamah Sayyid Arif Husain Husaini Gugur Syahid
Tanggal 5 Agustus 1988, Allamah Sayyid Arif Husain Husaini, salah seorang ulama terkemuka dan pejuang Pakistan, gugur syahid akibat serangan teroris. Arif Husaini dilahirkan dalam sebuah keluarga yang relijius dan beliau kemudian menuntut ilmu ke Irak. Di Irak, Arif Husaini sempat bertemu dengan Imam Khomeini yang tengah menjalani masa pengasingan dan ia banyak mengenal pemikiran-pemikiran revolusi Imam Khomeini. Ketika Revolusi Islam di Iran mencapai puncaknya, Arif Husaini juga hadir di Iran dan bergabung bersama rakyat Iran untuk berjuang menggulingkan rezim Syah Pahlevi yang despotik. Akibatnya, Rezim Syah mengusir Arif Husaini kembali ke Pakistan. Di tanah airnya, Arif Husaini aktif dalam penyebaran ajaran Islam, teruatama dalam upaya menciptakan persatuan di antara berbagai mazhab di Pakistan. Namun, perjuangannya terhenti karena dibunuh oleh teroris yang menginginkan terjadinya perselisihan terus-menerus di tengah kaum muslimin Pakistan.

Burkinafaso mencapai kemerdekaannya
Tanggal 5 Agustus 1960 Burkinafaso mengumumkan kemerdekaannya. Di penghujung abad 19 Masehi, Burkinafaso jatuh ke tangan Prancis. Negara ini dulu bernama Volta Hulu. Secara geografis, Burkina Faso berada di Afrika Barat yang terkurung daratan. Negara ini berbatasan dengan Mali di sebelah utara; Togo dan Ghana di selatan; Niger di timur, Benin di tenggara; dan Pantai Gading di barat daya. Tanggal 11 Desember 1958, negeri ini menjadi republik dan bergabung dengan Masyarakat Prancis-Afrika dan mendapatkan kemerdekaan pada tanggal 5 Agustus 1960. Dengan kemerdekaan itu, Burkina Faso bergabung dengan Perserikatan Bangsa-bangsa. Pada 4 Agustus 1984 Presiden Thomas Sankara mengganti nama negara ini dari Volta Hulu menjadi 'Burkina Faso' yang dalam bahasa Dioula dan More berarti "Negara Orang Jujur". Ibu kota Burkina Faso adalah Ouagadougou (lafaz: Wagadugu), dan warga setempat menyebutnya dengan nama "Waga".

6 Augustus
Fahrenheit Meninggal

Tanggal 6 Agustus tahun 1736, Gabriel Daniel Fahrenheit, fisikawan Jerman penemu derajat suhu, meninggal dunia. Fahrenheit lahir pada tahun 1686. Pada tahun 1720, setelah melakukan berbagai penelitian, Fahrenheit menemukan bahwa penggunaan air raksa dalam pembuatan alat pengukuran suhu akan menjamin keakuratan. Derajat suhu yang digunakan dalam termometer tersebut kemudian diberi nama Fahrenheit, sesuai nama penemunya.

Bolivia mencapai kemerdekaan
Tanggal 6 Augustus tahun 1825, Bolivia mencapai kemerdekaan dari tangan Spanyol dan hari ini disebut sebagai hari nasional. Penjajahan Spanyol atas Bolivia bermula sejak abad ke 16 dengan merompak kekayaan pertambangan negara ini. Pada era penjajahan Spanyol terhadap Bolivia, banyak sekali kebangkitan dan gerakan rakyat menentang penjajah, paling penting di antaranya ialah revolusi yang dipimpin oleh Simon Bolivar seorang aktivis terkenal Amerika Selatan. Revolusi ini bermula pada tahun 1809 dan berkembang secara gradual ke seluruh negara dan berakhir dengan kemerdekaan. Untuk mengenang jasa perjuangan dan pengorbanan Simon Bolivar dalam mencapai kemerdekaan maka negara ini diberi nama Bolivia. Bolivia mempunyai luas wilayah 1,1 juta km persegi yang terletak di barat Amerika Selatan dan bertetangga dengan Peru, Chile, Argentina dan Brazil.


Alexander Fleming Lahir
Tanggal 6 Agustus 1881, Alexander Fleming yang terkenal atas jasanya dalam menemukan penicillin, terlahir ke dunia di Skotlandia. Seusai menunut ilmu di bidang kedokteran di London university, Fleming memulia penlitiannya di bidang vaksin. Sejak awal menggeluti dunia medis, Fleeming telah tertarik pada masalah antiseptik dan aktivitas bakteri di dalam darah. Pada tahun 1928, ketiak ia sednag mempelajari virus influennza, ia menemukan bahwa sejenis jamur yang bisa menghambat pertumbuhan bakteri. Fleming menamakan jamur itu sebagai penicilin yang kini diproudksi sebagai obat anti bakteri.

Hiroshima Dibom
Tanggal 6 Agustus 1945, pada pukul 8 lebih 16 menit pagi waktu Jepang, pesawat pengebom AS menjatuhkan sebuah bom atom pertama di dunia di atas kota Hiroshima. Bom yang berkekuatan 20.000 TNT itu dalam sekejap mengancurkan bangunan-bangunan kota Hiroshima, menewaskan 90.000 oranng seketika dan melukai 75.000 orang lainnya. Tiga hari kemudian, tentara AS kembali menjatuhkan bom atom di atas kota Nagasaki dan menimbulkan korban tewas 70.000 orang. Korban akibat bom atom itu masih terus berjatuhan hingga kini karena dampak radioaktif yang ganas secara perlahan membunuh para korban. Perintah pengeboman kedua kota di Jepang itu diberikan oleh Presiden AS saat itu, Harry Truman, dengan tujuan agar Jepang menyerah dalam Perang Dunia II.


Jamaica mencapai kemerdekaannya

Tanggal 6 Augustus 1962, Jamaica yang terletak di Amerika mencapai kemerdekaannya dari Inggris. Negara ini ditemukan Christopher Columbus pada tahun 1494. Sejak abad 16 hingga 18, negara ini berada di bawah kekuasaan Spanyol. Setelah Spanyol Jamaica kemudian dikuasai Inggris. Penjajah Eropa memusnahkan warga pribumi Jamaica dan menggantinya dengan puluhan ribu budak kulit hitam yang dibawa masuk ke negara ini untuk bekerja di ladang-ladang tebu. Jamaica memiliki luas wilayah sebesar 10991 km persegi dan terletak di Amerika Tengah serta berada di kawasan laut Karibia.


Clinton Tandatangani UU Peningkatan Embargo Atas Iran

Tanggal 6 Agustus 1996, Presiden AS Bill Clinton, menandatangani UU peningkatan embargo terhadap Iran. UU yang diberi nama sesuai penggagasnya, yaitu Senator D'Amato ini menyebutkan bahwa setiap perusahaan yang menanamkan modal di industri perminyakan dan gas Iran di atas 40 juta dolar, akan dikenai sanksi ekonomi oleh AS. Dengan disahkannya UU ini, Washington berusha menekan pemerintah Iran yang selama ini selalu menentang campur tangan AS di negaranya. Namun demikian, UU D'Amato ini justru menimbulkan kemarahan negara-negara Eropa karena kepentingan investasi mereka di Iran menjadi terganggu. Pada tahun 1997, perusahaan Perancis TOTAl, dengan mengabaikan UU buatan AS itu, telah menanamkan modal sebesar 600 juta dolar untuk eksplorasi gas di Iran. Tindakan ini pun kemudian disusul oleh berbagai perusahaan gas dan minyak lainnya.

7 Augustus
Constantin Staniklavski meninggal dunia

Tanggal 7 Augustus 1938, penulis dan sutradara teater Constantin Staniklavski asal Rusia meninggal dunia. Dia lahir pada tahun 1863. Seniman Russia ini mendirikan lembaga seni kesusasteraan pada tahun 1888 bersama dua orang seniman lain dari negaranya. Stanislavski menulis puluhan naskah berlandaskan kepada roman-roman penulis terkenal dunia dengan metode baru yang menyebabkan dia terkenal sebagai penemu cara baru di bidang aktor dan sutradara teater.


Rabindranath Tagore Meninggal
Tanggal 7 Agustus tahun 1941, Rabindranath Tagore, penulis, penyair, dan filsuf India, meninggal dunia. Ia dilahirkan pada tahun 1861 dan pada usia 17 tahun, ia dikirim ke Inggris untuk menuntut ilmu, namun tidak diselesaikannya. Tagore kemudian aktif dalam perjuangan kemerdekaan India dan melalui syair-syairnya, ia membangkitkan semangat kemerdekaan bangsa India. Tagore adalah teman seperjuangan Mahatma Gandhi. Pada tahun 1915, Tagore diberi gelar kebangsawanan oleh pemerintahan Inggris namun beberapa tahun kemudian Tagore mengembalikan penghargaan itu sebagai protesnya terhadap kebijakan Inggris di India. Karya-karya Tagore banyak diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris, sehingga ia pun menjadi terkenal di dunia sastra Barat. Syair-syair Tagore dianggap menyuarakan warisan spiritual India. Karya-karya Rabindranath Tagore antara lain berjudul Manasi, Sonar Tari dan Gitanjali.

Pantai Gading mencapai kemerdekaan
Tanggal 7 Augustus 1960, negara Afrika Pantai Gading (Ivory Coast) mencapai kemerdekaannya dari Perancis. Pada abad ke 16, Portugal menduduki Pantai Gading. Pada tahun 1891 Perancis berhasil menguasai negara ini meski rakyat melakukan perlawanan sengit. Akhirnya pada tahun 1960, Pantai Gading bersama beberapa negara yang berada dalam penguasaan Perancis mencapai kemerdekaannya dan menjadi sebuah republik. Pantai Gading mempunyai keluasan sebesar 332,463 km persegi dan terletak di tepi pantai Samudera Atlantik serta bertetangga dengan Liberia, Guinea, Mali, Ghana dan Burkina Faso.


AS, Libanon, PLO Tandatangani perjanjian
Tanggal 7 Agustus 1982, AS, Libanon, dan organisasi pembebesan Palestina atau PLO menandatangani perjanjian yang berisi penarikan mundur pasukan PLO dari Beirut, ibu kota Libanon. Perjanjian ini dilakukan menyusul serangan meluas yang dilancarkan rezim Zionis ke Libanon sejak bulan Juli tahun 1982 dengan tujuan mengusir tentara PLO keluar dari Libanon. Meskipun tentara Zionis memiliki perlengkapan militer yang sangat canggih, tetapi tentara PLO berhasil melakukan perlawanan selama 80 hari. Namun akhirnya, ketua PLO, Yaser Arafat, bersedia menarik 12.000 pasukannya keluar dari Libanon dan kemudian berpangkalan di delapan negara Arab lainnya. Meskipun demikian, kehadiran tentara Zionis di Libanon terus mendapatkan pelawanan dari pejuang muslim Libanon, sampai akhirnya tentara Zionis terpaksa angkat kaki dari wilayah itu pada tahun 2000.


Georgia menyerang Ossetia Selatan
Tanggal 7 Augustus 2008, pasukan tentera Georgia dengan dukungan dari Amerika menyerang ke kawasan Ossetia Selatan yang terletak di utara negara ini. Dalam serangan ini ratusan warga sipil tewas atau luka-luka. Sehari kemudian, tentara Russia yang memberi dukungan kepada milisi pendukung kemerdekaan Ossetia Selatan berhasil memukul mundur tentera Georgia. Menyusul kemudian Russia bersama para milisi berhasil menguasai pelabuhan penting Batumi dan mendekati Tiblisi, ibu kota negara ini. Akhirnya Presiden Perancis, Nicolas Sarkozy turun tangan sebagai mediator dan akhirnya Rusia pada 12 Agustus bersedia menarik tentaranya dari Georgia. Dalam hal ini Moskow mengakui secara resmi kemerdekaan dua kawasan Ossetia Selatan dan Abkhazia di Georgia. Rusia sendiri akhirnya mengakui secara resmi kemerdekaan Abhkazia dan Ossetia Selatan. Langkah Rusia terhadap Georgia dinilai sebagai peringatan Moskow kepada pemerintah-pemerintah barat khususnya Amerika terkait perluasan NATO ke Eropa Timur dan negara-negara bekas Uni Soviet.

8 Augustus
Kaisar Nero Meninggal

Tanggal 8 Agustus tahun 68, Kaisar Nero dari Romawi yang dikenal kejam, meninggal dunia pada usianya ke 31 tahun karena bunuh diri. Sebelumnya, Nero telah meracuni ayah angkatnya Claudius Pertama dan dia kemudian menggantikan kedudukan ayah angkatnya itu sebagai Kaisar Romawi. Selama masa pemerintahannya yang kuat, Nero telah membunuh banyak orang terdekatnya, seperti ibunya, istrinya, dan saudaranya sendiri, dan bangsawan-bangsawannya. Kaisar berhati kejam ini juga melakukan pembunuhan massal orang-orang Kristen dan membakar kota Roma. Kekejamannya ini menimbulkan berbagai gerakan pemberontakan sampai akhirnya, menjelang kemenangan para pembrontak, Nero mengakhiri sendiri kehidupannya.


Stalin Mengumumkan Perang dengan Jepang
Tanggal 8 Agustus tahun 1945, Stalin, pemimpin Uni Soviet mengumumkan perang terhadap Jepang. Pasukan Soviet kemudian menyerang Manchuria, yang terletak di timur Cina. Soviet dan Jepang sebelumnya telah menandatangani perjanjian non-agresi. Namun, setelah Amerika mengebom Hiroshim dan Jepang sedang bersiap untuk menyerah, Soviet menggunakan kesempatan ini untuk merebut beberapa wilayah kekuasaan Jepang. Tentara Soviet dalam akhir serangannya itu berhasil merebut Korea Utara dan kepulauan Coral. Hingga kini, kepulauan Coral masih dikuasai Rusia dan perundingan antara Rusia dan Jepang mengenai nasib kepulauan ini hingga kini masih belum mencapai hasilnya.


Richard Nixon Mengundurkan Diri
Tanggal 8 Agustus 1973, Richard Nixon, Presiden Amerika pada waktu itu, terpaksa mengundurkan diri. Nixon yang berasal dari Partai Republik ini terpaksa mundur karena kecurangan dalam pemilu yang disebut sebagai skandal Watergate. Dalam masa kampanye pemilu tahun 1972, orang-orang Partai Republik menyusup ke markas Partai Demokrat yang menjadi saingan mereka di Watergate, Wasington. Mereka kemudian mencuri dokumen-dokumen Partai Demokrat dan memasang alat penyadap untuk mendengarkan pembicaraan internal partai ini. Nixon akhirnya menang dalam pemilu tersebut, namun secara bertahap skandal ini akhirnya terbongkar dan Nixon pun mengundurkan diri. Gerald Ford, wapres saat itu kemudian menggantikan posisi Nixon sampai masa 4 tahun periode kepresidenan berakhir.


Ayatullah Musawi Khui Meninggal Dunia
Tanggal 8 Agusutus tahun 1992, Ayatullah Al-Udzma Sayyid Abul Qasim Musawi Khui, seorang ahli fiqih besar dan marji' taklid kaum muslimin dunia, meninggal dunia pada usianya ke 96 tahun. Sayyid Khui dilahirkan di kota Khui di barat laut Iran. Pada usia muda, dia dikirim belajar ke Najaf Irak dan di sana beliau mempelajari ilmu-ilmu agama dan filsafat. Pada usia yang masih muda, beliau sudah mencapai derajat mujtahid. Beliau meninggalkan banyak karya tulis yang menjadi rujukan para ulama dan sekolah-sekolah Islam, di antaranya "Al Bayan fi Tafsiiril Quran", "Jawaahirul Ushul", "Mishbahul Faqahah", dan "Muntakhabul Rasail".
Ayatullah Khui selama periode marjaiyyatnya, memiliki peran khusus dalam berbagai masalah penting dunia. Misalnya, dalam masalah Palestina, beliau mengeluarkan fatwa untuk membela Palestina dan membebaskan kota Quds.


Taliban Menduduki Mazare Sharif

Tanggal 8 Agustus tahun 1998, dalam perang saudara di Afganistan, kelompok Taliban berhasil menduduki kota Mazar Syarif yang terletak di utara negara ini. Setelah menduduki Mazar Syarif , Taliban menyerang konsulat Iran di kota ini dan membunuh 8 diplomat dan seorang wartawan Iran. Kejahatan Taliban terhadap warga negara Iran dan Afganistan, menimbulkan kemarahan dunia internasional. Dewan Keamanan PBB juga mengecam tindakan kelompok ini.
Kelompok Taliban dibentuk pada tahun 1994 dengan dukungan AS dan Pakistan dan kemudian berhasil menduduki sebagian besar wilayah Afganistan. Kelompok ini lalu melakukan berbagai aksi pelanggaran HAM di Afganistan. Namun, akhirnya, pada bulan Oktober 2001, Taliban digulingkan oleh Amerika yang bekerja sama dengan aliansi utara Afganistan. Alasan yang dikemukakan AS dalam serangannya terhadap Taliban adalah karena kerjasama kelompok ini dengan jaringan terorisme Al-Qaida.

9 Augustus
Perjanjian Iran dan Inggris

Tanggal 9 Agustus tahun 1919, ditandatangani perjanjian antara Inggris dan Iran yang diwakili oleh Watsaqud-Daulah, Perdana Menteri Iran pada waktu itu dan Lord Carson, Menteri Luar Negeri Inggris. Berdasarkan perjanjian yang dikenal dengan nama "Perjanjian 1919" ini, urusan ekonomi, militer, dan politik Iran berada di bawah pengawasan pejabat Inggris. Inggris memaksakan perjanjian ini terhadap Iran setelah terjadi revolusi di Rusia yang menyebabkan negeri itu mundur dari kancah persaingan kolonialisme. Namun, rakyat Iran dan masyarakat internasional menentang perjanjian ini sehingga akhirnya perjanjian ini dibatalkan. Satu setengah tahun kemudian, Inggris mendalangi kudeta yang menghantarkan Reza Khan menjadi Syah Iran. Melalui Reza Khan, Inggris meneruskan penguasaannya atas Iran.

Pemboman Nagasaki
Tanggal 9 Agustus tahun 1945, tiga hari selepas ledakan bom atom di Hiroshima, AS kembali menjatuhkan bom atomnya di Nagasaki atas perintah Presiden AS waktu itu, Harry Truman. Dalam sekejap, kota pelabuhan itu luluh lantak dan 80.000 orang tewas seketika. Dampak bahan radioaktif bom tersebut juga menambah jumlah korban. Tujuan AS dalam serangan bom ini adalah untuk mengalahkan Jepang secara total dan menunjukkan kekuatan AS di dunia. Meskipun akhirnya Jepang bertekuk lutut kepada Sekutu, namun bahaya bom atom ini masih ada karena negara-negara pemilik bom ini, terutama AS, tidak akan ragu-ragu mengulangi kejahatannya itu bila kepentingannya berada dalam bahaya.

Herman Hesse Meninggal
Tanggal 9 Agustus 1962, Herman Hesse penulis dan penyair Jerman, meninggal dunia. Dia dilahirkan pada tahun 1877 di sebuah keluarga religius dan sejak muda, ia sudah menciptakan syair. Pada usia 20 tahun, dia sudah menerbitkan kumpulan syairnya. Pada tahun 1912, dia mengubah kewarganegaraannya menjadi warga Swiss dan berdomisili di sana. Pada akhir tahun-tahun terakhir usianya, Hesse melakukan perjalanan ke negara-negara Timur dan dia menjadi amat terpengaruh oleh kebudayaan dan adat istiadat Timur. Pada tahun 1946, Hesse meraih hadiah nobel. Di antara karya-karya Hesse adalah "Serigala Padang Pasir" dan "Kegembiraan Lukisan."

Singapura Pisahkan Diri
Tanggal 9 Agustus tahun 1965, kepulauan Singapura memisahkan diri dari Malaysia dan hari ini dijadikan sebagai hari kemerdekaan negara itu. Pada tahun 1819, oleh penguasa Johor, Malaysia, Singapura diserahkan kepada perusahaan Hindia Timur milik Inggris dan lima tahun kemudian, Singapura resmi menjadi jajahan Inggris. Pada Perang Dunia Kedua, Singapura diduduki oleh Jepang. Namun, pada tahun 1945, dengan masuknya Sekutu, penjajahan Jepang atas Singapura berakhir dan negeri ini kembali menjadi jajahan Inggris. Pada tahun 1963, dengan terbentuknya Federasi Malaysia, Singapura dijadikan bagian dari federasi ini. Namun, pada tahun 1965, Singapura memisahkan diri dan mencapai kemerdekaannya. Kepulauan Singapura memiliki luas wilayah 622 kilometer persegi dan terletak di asia Tenggara, berdekatan dengan Indonesia dan Malaysia.

Ayatullah Tsaqafi Wafat
Tanggal 9 Agustus tahun 1985, Ayatullah Mirza Muhammad Tsaqafi, ulama dan ahli fiqih kontemporer Ian, meninggal dunia pada usianya ke-90. Beliau dilahirkan di Teheran dan menempuh pendidikan di hauzah ilmiah Qom sampai akhirnya mencapai derajat mujtahid. Beliau membaktikan hidupnya demi menyebarkan syariat suci Islam dan banyak meninggalkan karya tulis di bidang tafsir Quran, ushul Fiqih, dan Hadis, diantaranya "Tafsir Rawan Jawid" yang terdiri dari lima jilid.

10 Augustus
Perjanjian Sevres

Tanggal 10 Agustus tahun 1920, ditandatangani perjanjian Sevres antara imperium Utsmani dan negara-negara Sekutu. Perjanjian ini ditandatangani setelah imperium Ustmani mengalami kekalahan dalam Perang Dunia Kedua dan berdasarkan perjanjian tersebut, 80 persen wilayah kekuasaan imperium Ustmani terpaksa diserahkan kepada Sekutu. Akibatnya, wilayah imperium ini yang semula 3 juta km persegi berkurang hingga 600 ribu km persegi. Perjanjian Sevres ini meresmikan kesepakatan antara Perancis dan Inggris mengenai pembagian wilayah Imperium Ustmani. Inggris kemudian meguasai Irak, Yordan, dan Palestina sedangkan Perancis menguasai Syria dan Libanon.
Di samping itu, berdasarkan perjanjian ini, sebagian wilayah Turki saat ini diserahkan kepada Yunani, Italia dan Armenistan. Hal ini menimbulkan kemarahan rakyat Turki dan tentara Turki kemudian memerangi para penjajah tersebut. Akhirnya, pada tahun 1923, sekutu kembali menandatangani perjanjian baru dengan Turki yang berisi pengembalian wilayah-wilayah yang semula direbut Sekutu ke tangan Turki.

Perang Jepang Vs Cina
Tanggal 10 Agustus tahun 1937, terjadi perang dua tahun antara Jepang dan Cina dalam memperebutkan Kanton dan Shanghai, dua kawasan penting di Cina. Kanton adalah pelabuhan penting dan strategis di selatan Cina. Rakyat Cina berjuang keras mempertahankan wilayahnya tersebut, namun setelah jatuh korban yang amat banyak, pada tanggal 25 April 1939, pasukan Cina menyerah dan Kanton direbut oleh Jepang. Dengan dimulainya Perang Dunia Kedua, Jepang menduduki kawasan luas di Cina. Namun, rakyat Cina melakukan perlawanan gigih sehingga akhirnya Jepang menarik mundur pasukannya.

Pendudukan Korea
Tanggal 10 Agustus 1945, menyusul kekalahan Jepang dalam Perang Dunia Kedua, wilayah utara semenanjung Korea hingga lintang utara 38 derajat menjadi wilayah kekuasaan Tentara Merah Soviet. Beberapa hari kemudian, bagian selatan semenanjung Korea dikuasai oleh AS. Pendudukan di utara dan selatan semenanjung ini merupakan permulaan dari terbentuknya dua negara Korea Selatan dan korea Utara. Pada tahun 1991 ditandatangani "Perjanjian Persahabatan, Non Agresi, Pertukaran, dan Kerjasama" di antara kedua negara ini.

11 Augustus
Integrasi Eritrea Dengan Ethiopia

Tanggal 11 Agustus tahun 1952, Haile Selassie, kaisar Ethiopia menandatangani resolusi PBB mengenai penggabungan wilayah Eritrea ke Ethiopia. Wilayah muslim Eritrea sebelumnya dijajah oleh Italia dan pada Perang Dunia Kedua, menjadi jajahan Inggris. Pada bulan Desember tahun 1950, PBB mengesahkan penggabungan Eritrea dengan status pemerintahan federal kepada Ethiopia. Rakyat Eritrea menolak kesepakatan tersebut karena tindakan pemerintah Ethiopia yang sewenang-wenang terhadap mereka. Pada tahu 1960, kelompok Pembebasan Eritrea memulai perjuangan bersenjata mereka demi merebut kemerdekaan. Pada tahun 1993, perjuangan rakyat Eritrea mencapai hasilnya dengan diadakannya referendum yang membuktikan bahwa mayoritas rakyat Eritrea menyetujui pemisahan dari Ethiopia. Eritrea adalah negara yang terletak di timur laut Afrika di tepi laut merah dan memiliki posisi geografi yang penting.

Chad Merdeka
Tanggal 11 Agustus tahun 1960, rakyat Chad berhasil meraih kemerdekaannya dari Perancis dan hari ini dijadikan sebagai Hari Kemerdekaan Bangsa Chad. Pada akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20, Perancis menyerang Chad dan dalam tiga tahun, mereka berhasil menguasai Chad dan kawasan ini menjadi jajahan Perancis. Pada tahun 1958, Perancis memberi status otonomi kepada Chad dan dua tahun kemudian, Chad secara penuh merdeka dan memiliki pemerintahan berbentuk republik. Chad memiliki luas wialayah 1.284.000 kilometer persegi, terletak di bagian tengah Afrika, dan berbatasan dengan Lybia, Kamerun. Sudan, Afrika Tengah, Nigeria, dan Niger.

Ahmad Raidh Meninggal Dunia

Tanggal 11 Augustus 1994, Ahmad Raidh, seorang miniaturis dan penyepuh terkenal Iran meninggal dunia. Dia dilahirkan di Isfahan dan disana dia belajar berbagai aliran seni miniatur dari guru-guru seni dan berkenalan dengan seni penyepuhan. Dia kemudian menciptakan berbagai karya keramik dan kaligrafi. Karya Ahmad Raidh dalam pameran internasional Brussel meraih hadiah kedua. Selama 50 tahun berkarya di bidang miniatur dan penyepuhan, Ahmad Raidh memiliki banyak murid dan meninggalkan lebih dari 145 buah karya. Karyanya dalam bidang penyepuhan perak dan kaligrafi tersimpan disejumlah museum seni nasional Iran.

12 Augustus
George Stephenson meninggal dunia

Tanggal 12 Augustus 1848, George Stephenson warga Inggeris dan pembuat lokomotif meninggal dunia. Dia lahir pada tahun 1781. Dia amat berminat dengan urusan teknik dan menumpukan perhatian dengan mempelajari ilmu di bidang mekanik dan matematika. Akhirnya Stephenson berhasil membuat salah satu alat transportasi terpenting yaitu lokomotif. Lokomotif buatannya bisa bergerak dengan kelajuan 20 kilometer per jam dan kapasitas 90 orang, tetapi dengan secara gradual kelajuan dan kapasitasnya semakin meningkat.

Frantes Liszt Lahir
Tanggal 12 Agustus tahun 1886, Frantes Liszt, seorang pencipta lagu dari Hongaria, meninggal dunia. Dia dilahirkan pada tahun 1811. Liszt memiliki kemampuan dan bakat istimewa dalam penciptaan lagu. Di antara karya Liszt yang paling terkenal adalah "Simphony Faust" dan "Hongarian Rapshody". Di samping mencipta lagu, dia juga menciptakan lirik simfoni.

Mirza Reza Kermani Dihukum mati
Tanggal 12 Agustus tahun 1896, Mirza Reza Kermani, salah seorang pejuang revolusi pada periode Dinasti Qajar di Iran, dihukum mati karena telah membunuh Syah Nasiruddin, salah seorang raja dari dinasti Qajar. Dalam aksi gerakan pemboikotan tembakau untuk melawan penjajahan Inggris, Mirza Reza dituduh mendalangi gerakan rakyat dan karena itu, dia dipenjarakan selama empat tahun. Setelah bebas dari penjara, dia pergi ke Istambul. Di sana, ia bertemu dengan Jamaluddin Asad Abadi dan menjadi pengikutnya.
Pada tahun 1876, Mirza Reza kembali ke Teheran dan memutuskan untuk menyingkirkan Shah Nasiruddin karena raja yang zalim, kejam, dan despotik ini telah menimbulkan penderitaan rakyat. Pada tanggal 3 Mei tahun itu pula, dia membunuh Syah Nasiruddin di kompleks makam Syekh Abdul Azhim di kota Rey, selatan Teheran. Mirza Reza lalu ditangkap polisi dan dijatuhi hukuman mati.

Konvensi Perlakuan Terhadap Korban dan Tawanan Perang" disahkan
Tanggal 12 Agustus 1949, "Konvensi Perlakuan Terhadap Korban dan Tawanan Perang" disahkan oleh PBB di markasnya di Jenewa. Konvensi ini disusun akibat perlakuan yang tidak manusiawi terhadap korban dan tawanan Perang Dunia Kedua. Di dalam konvensi tersebut ditetapkan bahwa semua negara tidak berhak membunuh atau menyiksa korban dan tawanan perang. Korban luka pun harus mendapatkan pengobatan. Selain itu, tawanan perang berhak mendapatkan fasilitas kesejahteraan minimal dan berkomunikasi dengan keluarganya.
Negara-negara yang memiliki tawanan perang juga diwajibkan untuk sesegera mungkin mengirimkan nama-nama tawanan mereka kepada Palang Merah Dunia dan memberikan kesempatan kepada para wakil Palang Merah untuk menjenguk tawanan tersebut. Namun, sebagian besar negara sama sekali tidak mematuhi konvensi ini.


Pasukan Maronit Kuasai Kamp pengungsi Tel Za'ter

Tanggal 12 Agustus tahun 1976, kamp pengungsian Palestina "Tel Za'ter" yang terletak di dekat Beirut, ibu kota Libanon, jatuh ke tangan pasukan para-militer Maronit dan para penghuninya dibunuh massal. Ribuan pengungsi Palestina tinggal di kamp pengungsian ini. Pada awal tahun 1976, kamp ini dikepung oleh pasukan semi militer Maronit yang dipersenjatai oleh rezim Zionis dan akhirnya pada bulan Agustus, 3000 warga sipil Palestina dibunuh secara massal dan dikubur menjadi satu di kamp pengungsian tersebut. Peristiwa mengerikan ini menimbulkan protes keras dari masyarakat dunia terhadap rezim Zionis dan para pendukungnya di Libanon.

13 Augustus
Raja Henry Keempat Membebaskan Sekte Protestan

Tanggal 13 Agustus tahun 1598, Raja Henry Keempat mengeluarkan sebuah perintah yang membebaskan mazhab Protestan secara penuh. Perintah yang dinamakan perintah "Nantes" ini merupakan sebuah perintah penting dan bersejarah di Perancis. Namun, perintah "Nantes" ini kemudian dibatalkan oleh Raja Louis Ke-14 pada tahun 1685.

Alfred Hitchcock Lahir
Tanggal 13 Agustus tahun 1899, Alfred Hitchcock, seorang sineas Inggris yang amat terkenal, lahir ke dunia. Awalnya, pada tahun 1920, dia memulai karirnya di bidang perencanaan, namun kemudian dia menjadi seorang sutradara film. Karena secara kebetulan, sebagian besar karyanya berupa film detektif dan horor, para pengamat film menjulukinya Hitchcock sebagai master film horor. Dia meninggal pada tahun 1980. Di antara karya-karya Hitchcock yang terkenal adalah "Utara dari Arah Barat Laut", "Tirai Robek", dan "Roh".

Muhammad Reza Memecat Doktor Moshadeq
Tanggal 13 Agustus 1953, Muhammad Reza, raja terakhir dari Dinasti Pahlevi di Iran, secara ilegal memecat Doktor Moshadeq dari jabatan perdana menteri dan menggantikannya dengan Mayor Jenderal Zahedi. Keputusan Syah Reza ini diambil atas desakan AS dan Inggris karena pemerintahan Moshadeq, dengan dukungan rakyat, telah menasionalisasi minyak Iran. Untuk menghindarkan diri dari dampak keputusannya itu, Syah Reza pergi ke utara Iran. Setelah usaha penyingkiran Moshadie tersebut gagal, Syah kemudian melarikan diri ke Irak, lalu ke Italia. Namun, enam hari kemudian, AS dan Inggris mendalangi kudeta terhadap pemerintahan Moshadeq. Setelah Moshadeq tersingkir, Syah Reza kembali ke Iran untuk meneruskan pemerintahan despotiknya dengan dukungan AS dan Inggris yang berkeinginan menguras habis sumber-sumber minyak Iran.


Afrika Tengah Merdeka
Tanggal 13 Agustus tahun 1960, Afrika Tengah meraih kemerdekaannya dari Perancis. Negara yang semula bernama "Ubangi Shari" ini pada abad ke-19 menjadi jajahan Perancis. Pada tahun 1958, Afrika Tengah diberi status otonomi khusus oleh Perancis dan baru dua tahun kemudian meraih kemerdekaan penuh dan memiliki pemerintahan berbentuk republik. Afrika Tengah memiliki luas wilayah 623.000 kilometer persegi, terletak di bagian tengah benua Afrika, dan berbatasan dengan Sudan, Chad, Kamerun, dan Republik Demokratik Kongo.

Demo Akbar Anti Syah di Isfahan
Tanggal 13 Agustus tahun 1978, menyusul gerakan demontrasi besar-besaran di seluruh penjuru Iran, warga kota Isfahan juga mengadakan demonstrasi menentang rezim Syah Pahlevi. Gerakan perjuangan rakyat Isfahan untuk menggulingkan Syah sedemikian luasnya sehingga rezim Pahlevi merasa takut dan memberlakukan pemerintahan militer di sana.

14 Augustus
Leonardo Da Vinci Lahir

Tanggal 14 Agustus tahun 1452, Leonardo Da Vinci, pelukis dan pematung Italia, terlahir ke dunia. Sejak masa kecilnya, Da Vinci sudah memperlihatkan kemampuan yang besar di bidang melukis dan dengan cepat ia mencapai kemahiran yang sempurna di bidang ini. Pada tahun 1506, dia ditunjuk sebagai pelukis Raja Louis ke-12 dan kemudian menjadi pelukis Raja Francis Pertama.
Selain melukis dan membuat patung, Da Vinci juga mendalami bidang fisika dan matematika. Bangunan gereja Milan merupakan karya arsitektur paling termasyhur dari Da Vinci. Karya lukisnya yang paling terkenal adalah "Senyum Monalisa" dan "Makan Malam Terakhir." Da Vinci meninggal pada tahun 1519.

Michael Farada Ciptakan Bensin
Tanggal 14 Agustus tahun 1825, Michael Faraday, ahli fisika dan kimia Inggris, setelah melakukan penelitian yang panjang, berhasil menemukan bensin. Bensin merupakan bahan turunan dari minyak. Hingga kini, bensin digunakan sebagai bahan bakar di bidang transportasi dan industri.

Jepang Menyerah Kepada Pasukan Sekutu
Tanggal 14 Agustus tahun 1945, Jepang menyerah kepada pasukan Sekutu dalam Perang Dunia Kedua. Dengan demikian, perang yang dimulai pada tahun 1939 dengan serangan tentara Nazi Jerman terhadap Polandia, berakhir di Jepang. Jepang dan Amerika sejak bulan Desember 1941 saling berperang dengan dahsyat. Akhirnya, perang ini berakhir setelah AS menjatuhkan bom atom ke Hiroshima dan Nagasaki yang membunuh hampir 200.000 warga Jepang.

Pakistan Memisahkan Diri dari India
Tanggal 14 Agustus tahun 1947, Pakistan memisahkan diri dari India dan mengumumkan kemerdekaannya. Pada abad ke-8 agama Islam masuk ke anak benua India dan sebagian dari wilayah Pakistan sekarang, selama masa penjajahan Ingrris pada akhir abad ke-18, dulu dikuasai oleh kaum muslimin. Bersamaan dengan bangkitnya perjuangan rakyat India melawan penjajahan Inggris, pada tahun 1906 terbentuk partai "Liga Muslim" yang diketuai Muhammad Ali Jinah dan bertujuan untuk membentuk sebuah pmerintahan Islami.
Partai ini kemudian secara bertahap mampu menarik kekuatan kaum muslimin dan akhirnya terbentuklah negara Pakistan. Awalnya, Pakistan terdiri dari dua wilayah yang terpisah, yaitu di timur dan barat India. Namun, karena ketidakpuasan rakyat Pakistan Selatan atas pemerintahan pusat, akhirnya di Pakistan Selatan memisahkan diri dan membentuk negara Bangladesh pada tahun 1971. Pakistan sampai tahun 1970 berbentuk pemerintahan militer dan kemudian berubah bentuk menjadi Republik Islam Pakistan. Pakistan memiliki luas wilayah lebih dari 803 ribu kilometer persegi dan berbatasan dengan Iran, India, Afganistan, dan China.


Bertolt Brecht Meninggal Dunia
Tanggal 14 Augustus 1956, Bertolt Brecht, penyair dan penulis berkebangsaan Jerman meninggal dunia. Ia dilahirkan pada tahun 1898 di Augsburg, Jerman dan menamatkan pendidikannya di bidang ilmu alam. Pada era kekuasaan Nazi di Jerman, Brecht bangkit melawan ideologi Nazisme. Namun ia terpaksa melarikan diri ke Amerika karena dikejar Gestapo. Ketika perang berakhir, Brecht kembali ke tanah airnya dan menetap di sana hingga akhir hayatnya. Di antara karya-karyanya yang terkenal adalah "Life of Galileo" dan "Drums in The Night". Selain itu, Brecht juga banyak meninggalkan skripsi yang mayoritas mengambarkan era pemerintahan Nazi dan kediktatoran mereka.

Hujjatul Islam Sayyid Ali Andarzgu Gugur
Tanggal 14 Agustus tahun 1978, Hujjatul Islam Sayyid Ali Andarzgu, seorang pejuang melawan rezim tirani Iran, gugur syahid akibat dibunuh oleh kaki-tangan rezim Syah. Sayyid Andarzgu memulai perjuangannya melawan kekejaman rezim Syah pada usia ke-19 tahun dan kemudian menjadi anggota kelompok aliansi Islami dan menjadi salah seorang perencana dan pelaksana hukuman mati terhadap Hasan Ali Mansur, Perdana Menteri Iran waktu itu.
Hasan Ali adalah penandatangan perjanjian kapitulasi yang berisi hak kekebalan hukum warga Amerika di Iran. Dengan alasan terbunuhnya Perdana Menteri hasan Ali itulah, rezim Syah kemudian mengadili Sayyid Andarzgu melakukan perjuangan bawah tanah selama 13 tahun. Akhirnya, pada tahun 1978, di Teheran, kaki-tangan Syah mengenali identitasnya dan dalam sebuah bentrokan bersenjata Sayyid Andarzgu gugur syahid.

Perang antara hizbullah dan rezim berakhir
Tanggal 14 Agustus tahun 2006, menyusul keluarnya resolusi 1701 DK PBB, yang diterima oleh Hizbullah Lebanon dan rezim zionis, maka perang diantara keduanya pun berakhir. Perang yang dimulai dengan agresi pasukan militer rezim zionis ke Lebanon, yang tak lain dilancarkan untuk membasmi dan menumpas Gerakan Perlawanan Islam Lebanon, dimulai pada tanggal 12 Juli 2006. Serangan militer besar-besaran ini diharapkan akan segera berakhir dengan kehancuran Hizbullah Lebanon. Akan tetapi ternyata, rakyat Lebanon, terutama bagian selatan negara ini, menunjukkan perlawanan yang gagah berani dan mengagumkan menghadapi serangan bengis dan membabi buta rezim zionis. Hizbullah Lebanon pun mampu menunjukkan serangan balas yang sangat mengejutkan semua pihak, terutama sang agresor zionis. Para pejuang Hizbullah mampu menghancurkan dua kapalperang moderen, enam buah helikopter militer dan puluhan tank pasukan militer rezim zionis, selain menewaskan sejumlah tentara rezim teroris ini. tambahan lagi, pasukan Hizbullah Lebanon berhasil menembakkan puluhan roket ke berbagai kawasan permukiman rezim zionis yang mengakibatkan ketakutan dan keluarnya sejumlah besar penduduk kawasan-kawasan tersebut. Akhir perang ini menunjukkan keberhasilan dan kemenangan para pejuang Hizbullah dan warga Lebanon Selatan, sekaligus kekalahan memalukan rezim zionis yang selama ini dianggap sebagai kekuatan yang memiliki pasukan militer tak terkalahkan.

15 Augustus
Tentara India Mulai Melawan Koloni Inggris

Tanggal 15 Agustus tahun 1857, dimulailah sebuah perlawanan melawan penjajahan Inggris yang dimulai oleh tentara India. Para tentara India yang berada di bawah komandan Inggris ini dengan segera berhasil menguasai Delhi, ibu kota India, dan mengalahkan tentara Inggris. Rakyat kemudian bergabung dengan tentara India dan beberapa kota yang berada di bawah pendudukan Inggris berhasil dibebaskan.
Namun, kemudian terjadi pertentangan pendapat mengenai kepemimpinan dan hal-hal lainnya di antara para pejuang India tersebut. Hal ini membuka jalan bagi Inggris untuk melakukan serangan balasan dan membunuh massal rakyat sipil. Satu tahun setelah perlawanan besar rakyat India ini, Inggris secara resmi menjadikan India sebagai koloni sehingga dengan mudah bisa melakukan represi terhadap rakyat dan menguras kekayaan India.

India Merdeka
Tanggal 15 Agustus tahun 1947, rakyat India setelah bertahun-tahun berjuang melawan penjajahan Inggris, berhasil meraih kemerdekaannya. Tanah air India memiliki sejarah yang panjang dan peradaban yang maju, serta berbagai dinasti dari dalam dan luar India pernah menjadi penguasa di negeri itu. Pada abad ke-8, Islam menyebar di sebagian kawasan India dan sebagian wilayah India berada di tangan kaum muslimin. Sejak abad ke-16, dimulailah penjajahan Inggris terhadap negeri ini.
Rakyat India berkali-kali melakukan perlawanan melawan Inggris, namun selalu gagal. Sejak tahun 1895, dengan didirikannya partai Kongres Nasional India, perjuangan rakyat India menajdi lebih terorganisasi dan semakin kuat. Apalagi, setelah Mahatma Gandi bergabung dengan partai ini dan memimpin kebangkitan "perlawanan negatif", perlawanan rakyat India semakin besar sampai akhirnya di tahun 1948 Inggris terpaksa melepaskan wilayah jajahannya yang terluas dan terpenting itu. Setahun kemudian, Gandhi dibunuh. Pada tahun 1950, pemerintahan republik terbentuk di India.
India memiliki luas wilayah sekitar 3 juta 287 ribu kilometer persegi dan berbatasan dengan Pakistan, Cina, Nepal, Bangladesh, Butan, dan Myanmar.

Korea Selatan Terbentuk
Tanggal 15 Agustus tahun 1948, negara Korea Selatan terbentuk. Semenanjung Korea pada pertengahan awal abad ke-20 diduduki oleh negara-negara kuat dunia. Pada tahun 1905, semenanjung Korea diduduki oleh Jepang. Namun, dengan kalahnya Jepang dalam Perang Dunia Pertama, Soviet menduduki bagian utara semenanjung Korea dan Amerika menduduki bagian selatannya. Pengaruh Soviet akhirnya menyebabkan terbentuknya pemerintahan komunis di Korut dan pengaruh AS menyebabkan berdirinya Republik Korsel yang berorientasi Barat.
Korsel terletak di tepi Samudera Teduh, berbatasan dengan Korea Utara, dan memiliki luas wilayah 98 ribu kilometer persegi.

Kongo Merdeka
Tanggal 15 Agustus tahun 1960, negara Kongo, yang terkenal dengan nama Kongo Brazzaville, berhasil meraih kemerdekaannya dari Perancis. Di masa lalu, Kongo dan Angola termasuk bagian dari wilayah Republik Demokratik Kongo yang sebelumnya bernama Zaire. Wilayah ini ditemukan oleh Portugis pada abad ke-15 namun kemudian dijajah dalam waktu yang sangat lama oleh Perancis.
Kongo memiliki luas wilayah 342 ribu kilometer persegi, terletak di sebelah barat benua Afrika dan di tepi Laut Atlantik, serta berbatasan dengan Afrika Tengah, Kamerun, Gabon, Republik Demokratik Kongo, dan Angola.

Saddam Terima Lagi Perjanjian Perbatasan Irak- Iran
Tanggal 15 Agustus tahun 1990, Presiden Irak saat itu, mengirimkan surat kepada Presiden Iran, Hashemi Rafsanjani, yang berisi kesediannya untuk menerima isi perjanjian perbatasan tahun 1975 yang ditandatangani di Aljazair. Sebelumnya, pada tahun 1960, di depan kamera televisi, suart perjanjian perbatasan ini dirobek-robek Saddaam Husain dan beberapa hari kemudian, tentara Irak melakukan invasi ke Iran.
Saddam Husain dan para pendukungnya memperkirakan bahwa dalam waktu singkat Iran berhasil mereka kuasai, namun, perlawanan rakyat Irak sangat kuat sehingga terjadi perang selama delapan tahun. Setelah mengalami kekalahan yang berkepanjangan, Irak terusir dari wilayah Iran. Dua tahun setelah berakhirnya perang yang dipaksakan itu, sementara Irak menduduki Kuwait, Saddam Husain menyatakan menerima isi perjanjian perbatasan 1975 tersebut.


Rezim Zionis terpaksa berundur
Tanggal 5 Augustus tahun 2005, Rezim Zionis Israel terpaksa mundur dari Jalur Gaza di wilahay barat Palestina pendudukan. Kawasan ini diduduki Isarael saat pecahnya perang Arab pada tahun 1967. Israel tetap menolak meninggalkan Jalur Gaza meski telah menandatangani perjanjian damai dengan Organisasi Pembebasan Palestina (PLO) pada tahun 1993 yang menuntut penyerahan wilayah tersebut kepada pemerintah Otorita Palestina. Akhirnya kebangkitan rakyat Palestina dan Intifadah Masjid Al-Aqsa yang dipusatkan di Gaza telah memaksa tentera Israel dan warga permukiman Zionis keluar dari Jalur Gaza. Meski demikian, Israel masih terus melanjutkan agresi brutal dan pembantain sadis terhadap warga Palestina di Jalur Gaza.

16 Augustus
Louis Agasis Lahir

Tanggal 16 Agustus tahun 1807, Louis Agasis, seorang arkeolog Swiss, terlahir ke dunia. Dia banyak melakukan pnelitian dan penelahaan mengenai fosil-fosil dan pengaruh pembekuan di dalam planet bumi. Penelitiannya memberikan peran yang sangat banyak dalam penemuan para arkeolog penerusnya. Agasis meninggal tahun 1873.

Cyprus Merdeka
Tanggal 16 Agustus tahun 1960, kepulauan Cyprus setelah bertahun-tahun dilanda kerusuhan, akhirnya mencapai kemerdekaannya. Sampai tahun 1878, Cyprus dikuasai oleh imperium Utsmani dan pada tahun itu pula, dalam kongres Berlin, imperium Utsmani menyerahkan Cyprus kepada Inggris. Pada tahun 1925, Cyprus resmi menjadi koloni Inggris. Sejak saat itu, orang-orang Yunani di Cyprus yang merupakan 75 persen dari populasi kepulauan ini, menuntut agar Cyprus bergabung dengan Yunani. Akibatnya, situasi politik di Cyprus menjadi kacau dan akhirnya terbentuklah dewan legislatif di sana.
Di pihak lain, pernyataan Turki yang akan melindungi hak-hak orang Turki di kepulauan itu, semakin memanaskan situasi. Akhirnya, masalah Cyprus oleh uskup Makarius dibawa ke PBB dan negara ini kemudian meraih kemerdekaannya pada tahun 1960. Pemerintahan Cyprus berbentuk republik dan uskup Makarius menjadi presiden pertama negara ini.
Namun, kemerdekaan ini ternyata tidak membawa ketenangan di negeri ini. Pada tahun 1974, Turki menyerang Cyprus dan menduduki wilayah utara negara ini. Kini, secara praktis, Cyprus terbagi dua bagian, yaitu daerah pendudukan Turki di utara dan daerah pendudukan Yunani di Selatan.
Cyprus terletak di tepi Laut Mediterania, di sebelah selatan Turki dan memiliki luas wilayah 9251 kilometer persegi.

Raja Maroko Di serang oleh AU Maroko
Tanggal 16 Augustus 1972, Raja Hasan ll dari Maroko diserang secara tidak sengaja oleh pesawat tempur Maroko, namun berhasil selamat. Para tentera angkatan udara yang melakukans serangan itu kemudian diadili oleh mahkamah militer. Raja Hassan ll diangkat sebagai raja pada tahun 1961 menggantikan ayahnya Raja Muhammad V. Pada tahun 1965, terjadi kerusuhan politik yang membuat Raja Hassan mendeklarasikan situasi dardurat dan dia mengambil alih penuh kekuasaan eksekutif dan legislatif. Pada akhir tahun 1960an, Parlemen Maroko kembali dibentuk, namun akhirnya pada tahun 1970, Raja Hasan ll kembali menyatakan situasi darurat dan mengambil alih kekuasaan parlemen. Dalam politik luar negerinya, Raja Hassan ll mengambil sikap netral, dengan menerima bantuan dari barat dan sekaligus dari negara-negara komunis, serta menjalin kerjasama dengan Israel. Raja Hassan ll berkuasa di Maroko selama 38 tahun, sampai ia meninggal dunia pada tahun 1999.

Al Gore Dinominasikan Sebagai Capres
Tanggal 16 Augustus 2000, Konvensi Nasional Partai Demokrat yang dilangsungkan di Los Angeles secara resmi menominasikan Al Gore sebagai calon presiden. Namun, dalam pemilu yang dilangsungkan pada tanggal November tahun 2000, Al Gore dikalahkan secara kontroversial oleh calon presiden dari Partai Republik, George W.Bush. Kasus kecurangan dalam penghitungan suara yang terjadi di Negara Bagian California yang gubernurnya adalah Jed Bush, adik George W. Bush, kemudian diserahkan kepada pengadilan AS. Namun pengadilan memutuskan untuk menyerahkan kemenagnan kepada Bush.

Al Gore yang bernama Albert Arnold Gore Junior, lahir pada tanggal 31 Maret 1948 di Washington, D.C. Gore menunut ilmu di Harvard University, dan lulus tahun 1969. Pada tahun 1976, dia memulai karir politiknya dengan berkampanye untuk meraih kursi di Kongres. Dia pun menjadi anggota Senat hingga tahun 1992, ketika Bill Clinton yang menjadi kandidat dari Partai Demokrat memilihnya sebagai pasangannya. Pada tahun 1992 itu pula Clinton dan Gore terpilih sebagai presiden dan wapres AS dan terpilih kembali empat tahun berikutnya. Selama masa karirnya, Gore dikenal aktif dalam bidang lingkungan hidup dan termasuk pendukung pelarangan senjata nuklir. Namun, pada akhir tahun 1990an, dia terkena skandal dalam pengumpulan dana kampanye dengan menggunakan fasilitas negara.

17 Augustus
Indonesia Merdeka

Tanggal 17 Agustus tahun 1945, rakyat Indonesia memproklamirkan kemerdekaannya dari penjajahan Belanda. Namun, karena Belanda tidak mengaku proklamasi ini, terjadilah perang kemerdekaan selama empat tahun. Pada tahun 1947, Belanda melakukan agresi militer pertama dan berhasil kembali menduduki sebagian wilayah Indonesia. Pada bulan Januari tahun 1948, ditandatangani perjanjian gencatan senjata bernama "penjanjian Renville". Namun, bulan Desember tahun itu pula, kembali Belanda melakukan agresi kedua. Kemudian, atas tekanan PBB, di tahun 1949 Belanda bersedia menghentikan agresinya dan menyerahkan kedaulatan kepada bangsa Indonesia.

Gabon Merdeka
Tanggal 17 Agustus tahun 1960, Gabon, sebuah negara di bagian barat Afrika, meraih kemerdekaannya. Awalnya, Gabon dijajah oleh Portugis pada akhir abad ke-15. Pada pertengahan abad ke-19, Perancis memasuki wilayah ini. Pada kongres Berlin, Gabon resmi berada di bawah kekuasaan Perancis sampai akhirnya Gabon meraih kemerdekaannya.Gabon memiliki luas wilayah 267 ribu kilometer persegi dan berbatasan dengan Afrika Tengah, Kongo, Kamerun, dan Ghana.

Pemulangan Terbang Pertama Lintasi Atlantik
Tanggal 17 Augusts 1978, balon terbang dengan nama The Double Eagle Two menyelesaikan perjalanannya melintasi samudera Atlantik, dari Pulau Praque di Maine, AS, dan mendarat di Paris. Balon terbang yang diisi dengan gas helium itu dipiloti oleh Ben Abruzzo, Maxie Anderson, dan Larry Newman serta terbang selama 137 jam dan melintasi jarak 3233 mil.
Penerbangan manusia pertama dengan menggunakan balon terjadi pada tahun 1780an dengan menggunakan balon yang diisi udara panas, serta diawaki oleh dua orang Perancis, Jacques Ytienne dan Joseph Michel Montgolfier. Kemudian dibuatlah balon dengan diisi gas-gas yang lebih ringan dari udara seperti helium atau hidrogen. Sejak tahun 1859 hingga penerbangan balon Double Eagle Two berhasil dan bahkan mengakibatkan tewasnya 7 penerbang. Pada tahun 1977, Ben Abruzzo dan maxie Anderson melakukan penerbangan dengan balon Double Eagle One namun gagal, dan akhirnya pada tahun 1978 mereka berhasil mencapai ambisi mereka untuk melintasi atlantik.

Rudolph Hess,Bunuh Diri
Tanggal 17 Agustus tahun 1987, Rudolph Hess, mantan sekretaris Hitler, bunuh diri di dalam sel penjaranya di Inggris. Hess lahir pada tahun 1894. Pada tahun 1920, dia menjadi anggota partai Nazi dan kenal dekat dengan Hitler, bahkan kemudian diangkat menjadi sekretaris pribadinya. Setelah Partai Nazi meraih kekuasaannya pada tahun 1933, Hess diangkat sebagai deputi pemimpin partai. Dia pun kemudian mengontrol hampir semua bidang di Jerman, termasuk legislatif, yudikatif, dan administrasi negara. Setelah kekalahan Jerman dalam Perang Dunia Kedua, Hess diadili di Pengadilan Penjahat Perang dan dijatuhi hukuman penjara seumur hidup.

Pemulangan Pertama Tawanan Iran
Tanggal 17 Agustus tahun 1990, sekelompok pasukan Iran yang selama ini ditawan oleh Rezim Saddam, untuk pertama kalinya menginjakkan kaki kembali di tanah air mereka. Pertukaran tawanan antara Iran dan Irak ini merupakan realisasi dari resolusi Dewan keamanan PBB nomor 598 mengenai perdamaian kedua negara. Saddam Husain yang saat itu berada dalam tekanan internasional karena agresinya ke Kuwait, setelah menerima perjanjian perbatasan Aljazair tahun 1975, juga bersedia membebaskan tawanan dan mundur total ke wilayah internasional.
Selama perang Iran-Irak dan setelahnya, para tawanan Iran berada dalam penjara yang kondisinya amat mengenaskan. Sebaliknya, para tawanan Irak di Iran diperlakukan sesuai nilai-nilai Islami. Akibatnya, 7000 tawanan Irak di bawah pengawasan Palang Merah Internasional, tidak mau kembali ke Irak dan meminta suaka dari pemerintah Iran. Hari pertama dibebaskannya tawanan Iran ini diperingati setiap tahun dengan nama Hari Pembebasan.

18 Augustus



Perang Ajnadin
Tanggal 18 Agustus tahun 653, terjadilah perang Ajnadin antara kaum muslimin dan orang-orang Romawi. Perang yang berlangsung di kawasan Ajnadin Palestina ini, dimenangkan oleh kaum muslimin, meskipun jumlah pasukan Romawi beberapa kali lipat dari pasukan muslim. Pasukan Romawi setelah mengalami kekalahan besar, mundur sampai ke Damaskus, sehingga kawasan jajahannya yang sangat luas terpaksa dilepaskan.

Kamalul Mulk Wafat
Tanggal 18 Agustus tahun 1940, Muhammad Ghafari yang terkenal dengan nama Kamalul Mulk, pelukis terkemuka Iran, meninggal dunia di kota Naishapur di timur laut Iran. Dia belajar di sekolah seni "Darul-Funun" di Teheran dan mencapai kesuksesan besar di bidang seni lukis. Kamalul Mulk selama beberapa waktu bekerja pada Syah Nasirudin Qajar dan menghasilkan sekitar 170 karya lukis yang sangat indah dan bernilai tinggi.
Kemudian, untuk menambah penegetahuannya di bidang seni lukis, Kamalul Mulk melakukan perjalanan ke Eropa. Sepulang dari Eropa, dia mengajar seni lukis kepada para seniman Iran. Setelah Reza Khan mencapai kekuasaannya, Kamalul Mulk diasingkan ke Naishapur karena menolak melukis Syah Reza dan anaknya. Kamalul Mulk tinggal di Naishapur hingga meninggal dunia. Dia dikuburkan di pekuburan Athar Naishapuri. Karya-karyanya yang terkenal, antara lain, "Padang Karbala", "Pemburu", dan "Taman dan Kolam Surga".

Gencatan Sejata Iran-Irak
Tanggal 18 Agustus tahun 1988, diumumkan gencatan sejata antara Iran dan Irak oleh PBB setelah delapan tahun berlangsung perang yang dipaksakan. Gencatan senjata ini merupakan salah satu poin dari resolusi Dewan Keamanan PBB nomor 598.
Setelah revolusi Islam menang di Iran, kekuatan-kekuatan besar dunia merasa bahwa kepentingannya di Iran terancam. Mereka juga mengkhawatirkan terjadinya kebangkitan rakyat di kawasan Timur Tengah. Oleh karena itu, mereka melakukan berbagai upaya untuk menggulingkan pemerintahan Islam Iran. Akhirnya, Saddam Husain didorong maju oleh Barat, terutama AS, untuk menyerang Iran.
Pada tahun 1980, Irak memulai serangannya terhdap Iran. PBB kemudian mengeluarkan resolusi agar kedua pihak melakukan gencatan senjata. Namun, dalam resolusi itu tidak disebutkan sama sekali kecaman atas agresi Irak dan tuntutan agar pasukan Irak mundur sesegera mungkin dari wilayah Iran. Setelah akhirnya pasukan Iran dengan penuh keimanan dan kekuatan memukul mundur Irak, PBB terpaksa mengeluarkan resolusi nomor 598 tersebut dan gencatan senjata kedua negara resmi diumumkan.


19 Agustus
Taiwan Jatuh ke Jepang
Tanggal 19 Agustus tahun 1895, Cina setelah kalah dalam perang melawan Jepang, terpaksa menyerahkan kepulauan Taiwan kepada Jepang berdasarkan perjanjian Simonoseki. Namun, ketika akhirnya Jepang kalah dalam Perang Dunia Kedua, Taiwan dikembalikan kepada Cina. Kemudian, di dalam negeri Cina terjadi perang internal antara kaum komunis dibawah pimpinan Mao Tse- Tung dengan pasukan pemerintah di bawah pimpinan Chiang Kai Sek. Perang ini berakhir dengan kemenangan kaum komunis dan Chiang Kai Sek serta pasukannya dengan perlindungan AS mendirikan pemerintahan di Taiwan. Meskipun hingga kini, AS selalu melindungi Taiwan, namun Cina terus berusaha untuk mengembalikan Taiwan ke dalam wilayah kekuasaannya.

Afghanistan mencapai kemerdekaan
Tanggal 19 Augustus 1919, Afganistan mencapai kemerdekaannya. Pada masa lalu, Afganistan berada dalam kekuasaan berbagai suku dan pemerintahan. Pada tahun 1747, Ahmad Shah Durrani untuk pertama kalinya mendeklarasikan kemerdekaan negara Afganistan. Namun hampir seratus tahun kemudian, Inggris mengintervensi urusan Afganistan demi melestarikan imperialismenya di India. Intervensi ini berujung pada pecahnya perang pertama antara Afganistan dan Inggris. Dalam perang ini, Inggris menderita kerugian besar dan terpaksa mundur dari negara itu. Meski demikian, Inggris tetap saja menebarkan pengaruhnya ke Afganistan hingga pecahnya perang kedua. Perang ini berakhir dengan penandatanganan pakta imperialis pada 1905.
Pada tahun 1919, Amanullah Khan menjadi pemimpin Afganistan dan membatalkan semua perjanjian dengan Inggris serta mendeklarasikan kemerdekaan negaranya. Namun langkahnya itu memicu kemarahan Inggris dan terjadilah perang ketiga antara Afganistan dan Inggris yang berakhir dengan kemenangan Afganistan. Tetapi konspirasi Inggris berhasil menyingkirkan Amanullah Khan dari kedudukannya. Afganistan berbatasan dengan Iran di sebelah barat, Pakistan di selatan dan timur, Tajikistan, Turkmenistan, Uzbekistan di utara, dan Republik Rakyat Cina di ujung timur. Afganistan juga berbatasan dengan Kashmir, wilayah yang dipersengketakan oleh India dan Pakistan.

Fedriko Garcia Lorca Terbunuh
Tanggal 19 Agustus tahun 1936, Fedriko Garcia Lorca, penyair dan dramawan Spanyol, mati terbunuh. Dia dilahirkan pada tahun 1899 dan karya pertamanya berjudul "Emosi dan Pemandangan". Buku syairnya yang terkenal berjudul "Buku Syair", "Pengantin Darah" dan "Syair New York". Lorca yang merupakan pendukung partai republik dalam perang internal Spanyol dibunuh oleh pasukan pemberontak yang dipimpin oleh Jenderal Franco.

Kudeta Atas Pemerintahan Mushadeq di Iran
Tanggal 19 Agustus tahun 1953, terjadi sebuah kudeta terhadap pemerintahan Dr. Mushadeq di Iran. Dengan digulingkannya Mushadiq, Syah Muhammd Reza Pahlevi yang tiga hari sebelum kudeta melarikan diri ke Italia, kembali menduduki kekuasaannya di Iran. Kudeta ini didalangi oleh CIA dan bekerja sama dengan Inggris dan memanfaatkan perpecahan yang terjadi di antara para poltikus dan rakyat.
Sebelum terjadinya kudeta ini, rakyat muslim Iran berhasil menghentikan penguasaan Inggris atas industri minyak Iran dan menasionalisasi industri minyak tersebut. Namun, kebangkitan rakyat ini menjadi lemah karena terjadinya pertentangan antara para pemimpin politik dan ruhaniwan.
Dalam situasi seperti itu, komandan militer Tehran mengumumkan pelarangan segala bentuk demostrasi. Namun, sekelompok preman yang sebelumnya sudah diorganisasi bersama dengan pasukan Syah turun ke jalan dan menyerang pusat-pusat pemerintahan. Kemudian, Zahedi, seorang perwira pro-AS mengumumkan jatuhnya pemerintahan Mushadeq dan mengangkat dirinya sebagai perdana menteri melalui radio.
Setelah kudeta, Syah Reza kembali berkuasa dan menerapkan politik yang amat menekan rakyat dan memberlakukan sensor yang sangat ketat. Hasil lain dari kudeta ini adalah meningkatnya pengaruh AS di Iran dan mengurangi pengaruh Inggris.

Kudeta Terhadap Presiden Gorbachev
Tanggal 19 Agustus tahun 1991, sekelompok militer Uni Soviet di bawah pimpinan Genadi Yanayev, melakukan kudeta terhadap Presiden Gorbachev. Para pelaku kudeta ini berkeinginan untuk mengakhiri reformasi Gorbachev dan menghalangi terpecah-pecahnya Uni Soviet. Pada saat terjadinya kudeta, Gorbachev sedang berada di kepulauan Krim di tepi laut Hitam. Boris Yeltsin yang saat itu menjadi presiden negara bagian Rusia dengan dukungan Barat dan rakyat membungkam kudeta tersebut. Digagalkannya kudeta ini membuat kekuasaan Yeltsin semakin besar dan keruntuhan Uni Soviet semakin cepat.





20 Agustus
Brussel Dikuasai Jerman
Tanggal 20 Agustus tahun 1914, Brussel, ibu kota Belgia dikuasai oleh tentara Jerman. Brussel merupakan ibu kota pertama yang berhasil dikuasai Jerman dalam Perang Dunia Pertama. Meskipun Belgia telah mengumumkan netralitas negara ini dalam perang, namun Jerman sejak tanggal 4 Agustus 1914 menyerang pertahanan militer Leez yang merupakan penghalang terbesar masuknya tentara Jerman ke Belgia. Enam belas hari kemudian, Brussel sepenuhnya diduduki oleh Jerman.

Roman Roland Meninggal Dunia
Tanggal 20 Agustus tahun 1944, Roman Roland, penulis dan sastrawan Perancis meninggal dunia. Roland dilahirkan pada tahun 1866 di Fiurne. Di antara karya-karya yang ditinggalkan Roland adalah novel-novel berjudul "Jean Kristof" dan "John Shifte". Selain menulis novel dan naskah drama, Roland juga menulis biografi para pembesar dan orang-orang terkenal dunia, di antaranya Bethoven.

Pasukan Pakta Warsawa Masuki Praha
Tanggal 20 Agustus tahun 1968, tentara Pakta Pertahanan Warsawa yang dipimpin Uni Soviet memasuki Praha, ibu kota Chekoslovakia, dan untuk ke sekian kalinya, penguasa komunis kembali bercokol di negeri itu. Sebelumnya, akibat adanya ketidaksukaan rakyat terhadap pemerintahan komunis, Aleksander Dubchek, seorang tokoh moderat dari Chekoslovakia yang menjadi perdana menteri negara ini, memberikan kebebasan terbatas kepada rakyatnya. Tindakan Perdana Menteri ini menimbulkan kekhawatiran para pemimpin Uni Soviet. Oleh karena itulah dilakukan tindakan militer oleh negara-negara anggota Pakta Warsawa. Tentara Uni Soviet kemudian menduduki negeri itu sambil melakukan represi terhadap rakyat. Aleksander Dubchek disingkirkan dan gerakan kebebasan rakyat Chekoslovakia yang dikenal dengan nama "Musim Semi Praha" secara total dilumpuhkan. Setelah keruntuhan Uni Soviet, Chekoslovakia memecah diri menjadi dua negara, yaitu Cheko dan Slovakia.

Demo Akbar Anti Syah di Abadan
Tanggal 20 Agustus tahun 1978, rakyat kota Abadan di selatan Iran mengadakan demonstrasi besar-besaran menentang rezim Syah. Demonstrasi ini dipicu oleh tindakan tidak manusiawi rezim Syah yang membakar bioskop Rex di kota itu dan menewaskan 277 laki-laki, perempuan, dan anak-anak.

AS Serang Afganistan dan Sudan
Tanggal 20 Agustus tahun 1998, Amerika menghujani Afganistan dan Sudan dengan rudal jarak jauh. Serangan ini didasarkan kepada klaim Washington bahwa pelaku pengeboman Kedubes AS di Kenya dan Tanzania dua minggu sebelumnya, terkait dengan Afganistan dan Sudan. Selain itu, Washington memberi alasan bahwa penyerangan terhadap sebuah pabrik obat-obatan di Sudan dilakukan karena pabrik itu produsen senjata kimia. Tuduhan AS ini sama sekali tidak pernah terbukti. Sebagian pengamat politik menyatakan bahwa serangan ini dilakukan untuk memalingkan perhatian masyarakat dari skandal asusila Bill Clinton, presiden AS waktu itu. Oleh karena itulah, serangan ini menimbulkan kemarahan dunia internasional terhadap politik agresi AS.






21 Agustus
Perang Iran Vs Ottoman
Tanggal 21 Agustus tahun 1514, terjadi perang Chaldoran yang merupakan perang terbesar dalam sejarah Iran dan Imperium Utsmani. Perang ini terjadi di sebuah padang pasir bernama Chaldoran yang terletak di antara kota Tabriz dan Khui di barat laut Iran. Perang ini terjadi antara tentara Syah Ismail Safawi dan kekuatan Sultan Salim Utsmani. Pasukan Utsmani yang memiliki persenjataan lebih kuat, berhasil menang dalam pertempuran itu.

Reynold Nicholson Meninggal Dunia
Tanggal 21 Agustus tahun 1945, Reynold Nicholson, ilmuwan dan orientalis Inggris, meninggal dunia. Dia lahir pada tahun 1868. Nicholson bekerja sebagai dosen bahasa di Universitas Cambridge London. Dia melakukan penelaahan yang mendalam mengenai sastra Iran dan menganggap dirinya sebagai murid Jalaluddin Rumi, penyair sufi terkenal Iran. Nicholson melakukan penelitian selama 25 tahun mengenai Rumi dan merupakan penerjemah pertama karya Rumi ke dalam bahasa Inggris. Penyuntingan atas buku "Tadzkiratul Awliya", karya Attar Naishaburi dan penulisan buku "Sejarah Sastra Arab", adalah di antara karya-karyanya yang terkenal.

Traktat Pertahanan Santo Didirikan
Tanggal 21 Agustus tahun 1959, sebuah traktat pertahanan yang dinamakan Santo beranggotakan Iran, Turki, Pakistan, dan Inggris didirikan di Ankara, untuk menggantikan Pakta Baghdad. Meskipun Amerika secara resmi bukan anggota organisasi itu, dan hanya berstatus sebagai peninjau dalam sidang-sidang Santo, namun secara prakteknya, Washington melakukan campur tangan dalam keseluruhan keputusan-keputusan organisasi ini. Kenyataannya, Santo di timur dan Nato di barat, saling berkaitan satu sama lain dalam rangka menandingi Uni Sovyet. Setelah kemenangan revolusi Islam Iran, negara ini keluar dari pakta Santo, pada tahun 1979, dan organsiasi ini secara praktis bubar.

Masjid Al-Aqsha Dibakar Kaum Zionis
Tanggal 21 Agustus tahun 1969, Masjid Al-Aqsha yang merupakan kiblat pertama kaum muslimin, dibakar oleh rezim Zionis. Akibat kebakaran ini, Masjid Al-Aqsha mengalami kerusakan berat. Rezim Zionis menyatakan bahwa pelaku pembakaran itu seorang turis asal Autralia yang kemudian ditangkap dan diadili. Namun, pengadilan sandiwara yang dilaksanakan di Tel Aviv memutuskan bahwa turis tersebut mengalami gangguan jiwa dan karena itu dia dibebaskan. Menanggapi kejadian pembakaran ini, rakyat muslim di berbagai penjuru dunia melakukan demonstrasi. Selain itu, pembakaran masjid Al-Aqsha ini mendorong pemerintah negara-negara muslim mendirikan Organisasii Konferensi Islam dengan tujuan untuk mengadapi bahaya yang mengancam dunia dan kesucian Islam.

Estonia Merdeka
Tanggal 21 Agustus tahun 1991, Estonia yang merupakan salah satu negara bagian Uni Soviet, mengumumkan kemerdekaannya. Setelah revolusi komunis Soviet dan usainya Perang Dunia Pertama, Estonia untuk pertama kalinya berdiri tahun 1918. Namun, berdasarkan perjanjian rahasia yang ditandatangani Hiler dan Stalin pada tahun 1939, Estonia menjadi bagian dari Uni Soviet. Setahun kemudian, setelah dilakukan pemilu semu dan terbentuknya pemerimtahan boneka, negara ini resmi bergabung dengan Uni Soviet.
Saat berlangsungnya era keruntuhan Sovyet pada dekade 1980, rakyat Estonia juga memperjuangan kemerdekaannya. Akhirnya, melalui sebuah referendum bulan Maret tahun 1991, diketahui bahwa 80% rakyat kawasan itu menginginkan kemerdekaan.





22 Agustus
Perang La Rochelle Pecah di Perancis
Tanggal 22 Agustus tahun 1628, terjadi Perang "La Rochelle" di Perancis, yang merupakan perang terakhir antara kaum Katolik dan Protestan. Perang ini dimulai oleh kaum Protestan Inggris. Kaum Katolik yang dilindungi oleh tentara Perancis di bawah pimpinan Kanselir Perancis saat itu, Richelieu, berjuang melawan kaum Protestan dan mempertahankan kota La Rochelle. Perang berakhir satu tahun kemudian dengan kemenangan kaum Katolik dan pembebasan kota La Rochelle dari penguasaan Protestan.

Perjanjian Segi Tiga Rusia, Polandia, dan Denmark
Tanggal 22 Agustus tahun 1698, ditandatangani Perjanjian Segitiga antara tiga negara yaitu Rusia, Polandia, dan Denmark. Para raja di ketiga negara tersebut bermaksud mengalahkan Raja Swedia yang masih muda, Charol Ketiga, dan menjajah Swedia. Oleh karena itu, dua tahun kemudian, pada bulan April tahun 1700, negara-negara anggota Perjanjian Segitiga itu menyerang Swedia. Raja Charol Ketiga berjuang mempertahankan negerinya dan berhasil mengalahkan tiga negara tersebut. Setelah mengadakan perdamaian dengan Denmark, pada tahun 1704, Raja Charol Ketiga menyerang Polandia dan menjajah negeri itu. Selanjutnya, Raja Swedia itu menyerang Rusia, namun gagal meraih kemenangan.

Claude Debussy Lahir
Tanggal 22 Agustus tahun 1862, Claude Debussy, pencipta lagu dari Perancis terlahir ke dunia di sebuah daerah di dekat Paris. Dia dibesarkan di tengah keluarga yang menyukai seni dan dengan segera memperlihatkan kemampuannya di bidang musik. Debussy menciptakan perubahan dan inovasi dalam bahasa musik. Di antara karya-karya Debussy yang terkenal adalah "Laut" dan "Kesaksian Sebastian Suci". Debussy meninggal tahun 1918.

Eropa, Asia, dan Amerika Teken Perjanjian Jenewa
Tanggal 22 Agutus tahun 1864, ditandatangani Perjanjian Bersejarah "Genewa" oleh wakil-wakil sejumlah negara Eropa, Asia, dan Amerika. Tujuan ditandatanganinya perjanjian ini adalah untuk mengirimkan tim penolong kepada para pasukan yang terluka di medan perang. Berdasarkan perjanjian ini, anggota tim kedokteran, para penolong, dan fasilitas yang terkait dengan mereka, harus dianggap netral dalam medan pertempuran apapun. Oleh karena itu, tim kedokteran tersebut harus dilindungi keselamatannya. Pelopor perjanjian ini adalah seorang berkebangsaan Swiss, bernama Henry Dunant.

23 Agustus

Andre Chenier Lahir
Tanggal 23 Agustus tahun 1762, Andre Chenier, penyair dan sastrwawan abad ke-18 Perancis, terlahir ke dunia. Dia memiliki bakat alami dan sejak masa mudanya dia telah memperlihatkan kemampuan seninya. Karya-karyanya dengan sangat cepat termasyhur di Perancis. Pada masa Revolusi Perancis, Chenier ditangkap oleh Pemimpin Revolusi Perancis, Robespierre, dengan tuduhan menentang politik represif Robespierre. Chenier dijatuhi hukuman mati pada tahun 1794.

Pakta Praha Diteken
Tanggal 23 Agustus tahun 1866, ditandatangani Pakta Praha oleh dua negara yaitu Prusia dan Austria. Pakta bersejarah yang ditandatangani di kota Praha ini dilakukan atas permintaan Austria yang kalah dari Prusia dalam Perang Autria-Prusia. Dengan adanya pakta ini, persekutuan Jerman yang diketuai Austria dibubarkan. Berdasarkan Pakta Praha, sebagian wilayah Austria diserahkan kepada Jerman.

Jerman dan Uni Soviet Teken Perjanjian Tidak Saling Serang
Tanggal 23 Agustus tahun 1939, Menteri Luar Negeri Jerman dan Menlu Soviet menandatangani perjanjian untuk tidak saling menyerang di antara kedua negara selama sepuluh tahun. Saat itu, pemimpin Jerman adalah Hitler dan pemimpin Rusia adalah Stalin. Pada bulan Juni tahun 1941, pasukan Nazi Jerman melanggar perjanjian ini dan menyerang Uni Soviet.

Perang Stalingrad Pecah
Tanggal 23 Agutus tahun 1942, terjadi perang Stalingrad antara pasukan Uni Soviet dan Nazi Jerman. Hanya dalam sehari, empat puluh ribu tentara Jerman dan Uni Soviet tewas terbunuh. Penyebab terjadinya korban yang sedemikian banyak adalah karena adanya perintah Hitler yang menyuruh pasukannya agar dalam kondisi apapun, kota Stalingrad harus dikalahkan. Akibatnya pasukan Jerman bertempur mati-matian untuk merebut kota tersebut. Namun, rakyat kota Stalingrad juga melakukan perlawanan yang sangat kuat sehingga pasukan Nazi gagal mencapai tujuannya. Para sejarawan menilai, kekalahan Jerman di Stalingrad merupakan awal dari kejatuhan Hitler.

Stanford Moore Meninggal
Tanggal 23 Agustus 1982, Stanford Moore, ahli kimia AS meninggal dunia. Moore dilahirkan pada tahun 1913 di Chicago dan tumbuh besar di Tennesse. Dia menuntut ilmu di kota tersebut pada Vanerbilt University dan lulus di bidang kimia pada tahun 1935 dengan nilai summa cum laude. Ia melanjutkan pendidikannya di University of Wisconsin sampai meraih gelar doktor di bidang kimia organis pada tahun 1938. Thesis Moore membahas karakteristik karbohidrat sebagai derivasi dari benzimidazole. Dia kemudian bergabung dalam berbagai pusat penelitian kimia, diantaranya Bergman Laboratory di tahun 1939, yang aktif mempelajari kimia protein dan enzim. Pada tahun 1972, Stanford Moore berhasil meraih hadiah Nobel di bidang kimia

24 Agustus
Meksiko Merdeka
Tanggal 24 Agustus tahun 1821, Meksiko meraih kemerdekaannya dari Spanyol. Meksiko memiliki sejarah yang sangat tua sejak 5000 tahun sebelum Masehi. Negeri ini memiliki berbagai peradaban penting dan kekaisaran terakhir di sana adalah kekaisaran Aztec. Pada tahun 1518, Spanyol masuk ke Meksiko dan dengan memanfaatkan krisis internal serta ketidakpahaman rakyat Meksiko terhadap maksud kedatangan Spanyol, akhirnya Spanyol berhasil menjajah negeri ini. Sejak saat itu, jutaan orang Spanyol datang ke Spanyol dan membunuh sebagian besar kaum kulit merah negeri ini.
Meksiko juga menjadi pintu gerbang bagi masuknya Spanyol ke benua Amerika. Setelah hampir tiga abad menjajah Meksiko, kekuatan Spanyol mulai berkurang dan sejak awal abad ke-19, rakyat Meksiko memulai perlawanan untuk merebut kemerdekaannya. Kebangkitan rakyat Meksiko ini dua kali digagalkan oleh Spanyol dengan melakukan represi yang keras. Akhirnya pada tahun 1821, rakyat Meksiko berhasil mengalahkan Spanyol dan meraih kemerdekaan mereka.
Meksiko memilki luas wilayah dua juta kilometer persegi, terletak di tepi Lautan Teduh dan Teluk Meksiko, serta berbatasan dengan Amerika di utara dan dengan Guatemala di selatan.

Pierre Currie Lahir
Tanggal 24 Agustus tahun 1859, Pierre Currie, ilmuwan fisika Perancis terlahir ke dunia di kota Paris. Kemampuan Currie di bidang matematika dan fisika sudah terlihat sejak masa mudanya dan dia melakukan penelitian yang luas di bidang ini. Pada tahun 1898, dengan bantuan istrinya Marie, Pierre Currie berhasil menemukan radium. Pada tahun 1906, Pierre Currie meninggal dunia.

Perjuangan Tembok Ratapan Dimulai
Tanggal 24 Agustus tahun 1929, dimulai perjuangan "Tembok Ratapan" di Baitul Muqaddas, Palestina. Tembok Ratapan terletak di bagian barat Masjid Al-Aqsha, tempat mi'raj-nya Nabi Muhammad SAWW. Oleh karena itu, masjid ini memiliki posisi penting dalam agama dan sejarah umat Islam. Seminggu sebelum dimulainya perjuangan Tembok Ratapan ini, rezim Zionis dengan dukungan Inggris memulai gerakan melawan kaum muslim dalam upaya untuk menduduki wilayah Palestina. Tindakan rezim Zionis inilah yang memacu timbulnya perjuangan Tembok Ratapan di Baitul Muqaddas dan secara cepat meluas ke kota-kota lainnya. Inggris kemudian memberlakukan pemerintahan militer di Palestina. Pasukan Zionis dan Inggris selama satu minggu berusaha memadamkan perlawanan rakyat Palestina. Akhirnya, setelah jatuh ratusan korban yang tewas dan luka-luka, perjuangan rakyat Palestina untuk sementara terhenti. Penguasa Inggris di Palestina kemudian mengadili lebih dari delapan ratus orang Palestina dan menghukum mereka.

Ukraina Merdeka
Tanggal 24 Agustus tahun 1991, Ukraina mengumumkan kemerdekaannya dari Uni Soviet. Rusia sejak pertengahan abad ke-17 mulai menduduki Ukraina yang sebelumnya dijajah oleh Polandia. Pada akhir abad ke-18, sebagian besar wilayah Ukraina berhasil diduduki Rusia. Setelah terjadi revolusi komunis Soviet, Ukraina meraih kemerdekaannya. Namun pada tahun 1922, Ukraina dimasukkan sebagai salah satu negara yang tergabung dalam Uni Soviet.
Setelah keruntuhan Uni Soviet di tahun 1989, timbul gerakan-gerakan kemerdekaan negara-negara yang tergabung dalam Uni Soviet. Ukraina pun tak ketinggalan memperjuangkan kemerdekaannya yang akhirnya berhasil dicapai pada tahun 1991.
Ukraina terletak di tepi Laut Hitam, memiliki luas wilayah lebih dari 600 ribu kilometer persegi, dan berbatasan dengan Belarusia, Polandia, Slovakia, Hongaria, Romania, dan Moldova.


25 Agustus
Perang Salib Dimulai
Tanggal 25 Agustus tahun 1095, dimulailah rangkaian Perang Salib antara kaum Muslimin dan kaum Kristiani. Tujuan jangka pendek orang-orang Kristen adalah menguasai Baitul maqdis, namun tujuan mereka sesungguhnya adalah bergerak ke arah Timur untuk menguasai wilayah Islam yang luas dan menjajah kaum muslimin. Para pengikut gereja dalam perang ini menggunakan tanda salib di pundak dan baju mereka. Oleh karena itulah perang ini dikenal dengan nama Perang Salib.
Tentara Salib setelah beberapa kali berperang dengan kaum muslimin sepanjang perjalanan menuju Baitul Maqdis, akhirnya berhasil mencapai kota ini dan menjajahnya pada tahun 1099. Rakyat kota ini dibunuh massal dan harta benda mereka dijarah. Pada akhir abad ke-12, pasukan muslim di bawah pimpinan Salahuddin Al-Ayubi berhasil mengalahkan Tentara Salib dan pada tahun 1187, kota Baitul Maqdis berhasil direbut kembali oleh kaum muslimin. Perang antara kedua pihak masih terus berlangsung hingga tahun 1270, tetapi Tentara Salib tetap tidak mampu merebut kembali kota Baitul Maqdis. Namun demikian, perang ini telah memperkenalkan peradaban Islam kepada Barat dan memberikan pengaruh kebudayaan, ilmu, dan sosial yang besar terhadap Eropa abad pertengahan.

Uruguay Merdeka
Tanggal 25 Agustus tahun 1825, Uruguay berhasil meraih kemerdekaaannya dari Brazil dan hari ini dijadikan sebagai Hari Kemerdekaan bangsa Uruguay. Uruguay sejak tahun 1516 dijajah oleh Portugis dan Spanyol. Antara tahun 1810 hingga 1814, setelah terjadi pertempuran berdarah, negara ini meraih kemerdekaannya. Namun, pada tahun 1820, Brazil menjajah negeri ini dan menjadikannya sebagai salah satu provinsi bagian dari Brazil. Lima tahun kemudian, pada kebangkitan gerakan kemerdekaan Amerika Latin, Uruguay juga berhasil meraih kemerdekaannya kembali. Uruguay memiliki luas wilayah 176.215 kilometer persegi, terletak di bagian timur Amerika Selatan dan di tepi Samudera Atlantik, serta berbatasan dengan Brazil dan Argentina.

Pasukan Sekutu Menduduki Iran
Tanggal 25 Agustus tahun 1941, dalam Perang Dunia Kedua, pasukan Sekutu menduduki Iran. Pada tahun itu, kemajuan tentara Nazi yang cepat ke arah Soviet menyebabkan kekhawatiran yang besar dari AS, Perancis, dan Inggris. Karena, jika Nazi berhasil menguasai Soviet, kepentingan Barat di Timur Tengah dan Timur Jauh berada dalam bahaya dan peluang kemenangan Jerman akan semakin besar. Oleh karena itu, Sekutu memutuskan untuk mengirimkan senjata dan biaya kepada Soviet melalui Iran. Pada pagi hari tanggal 25 Agustus 1941, Iran diserang lewat darat, laut, dan udara oleh tentara Soviet dan Inggris. Rezim despotik Syah Reza Khan yang berkuasa saat itu tidak berhasil melakukan perlawanan berarti, sehingga dua puluh hari kemudian, Teheran berhasil dikuasai oleh Inggris dan Soviet. Berdasarkan kesepakatan London dan Moskow, Syah Reza Khan digulingkan dari kekuasaannya dan dibuang ke luar negeri. Anak Reza Khan kemudian diangkat sebagai penggantinya.

Belaruss Keluar Dari Uni Soviet
Tanggal 25 Agustus tahun 1991, Belaruss melepaskan diri dari Uni Soviet dan menjadi negara independen. Belaruss sejak abad ke-14 berada di bawah kontrol Lituania dan sejak tahun 1569 dikuasai oleh Polandia. Pada akhir abad ke-18, Belaruss dijajah oleh Rusia. Setelah Perang Dunia Pertama, wilayah Belaruss dibagi antara Rusia dan Polandia. Namun, setelah Rusia menang perang, keseluruhan wilayah Belaruss diduduki Rusia. Menyusul keruntuhan Uni Soviet dan gerakan kemerdekan bangsa-bangsa yang tergabung di dalamnya, Belaruss pun tak ketinggalan memperjuangkan kemerdekaannya. Belaruss memiliki luas wilayah 208 ribu kilometer persegi dan berbatsan dengan Rusia, Ukraina, Polandia, dan Lithuania.





26 Augustus
Artileri Mulai Digunakan Dalam Perang
Tanggal 26 Augustus tahun 1346, untuk pertama kalinya dalam sejarah, artileri digunakan dalam peperangan. Tentera Inggris menggunakan artileri untuk pertama kalinya dalam perang melawan Peranis. Raja Perancis saat itu, Philip Keenam, semula berada di ambang kemenangan karena memiliki jumlah tentara yang jauh lebih banyak daripada tentera Inggris. Namun, dengan digunakannya artileri oleh Inggris, Perancis terpaksa menelan kekalahannya.


Haji Mahdi Araqy dan Putranya Hisam Gugur
Tanggal 26 Agustus tahun 1358, Haji Mahdi Araqy dan putranya Hisam, gugur syahid karena dibunuh kelompok munafik Mujahidin Al Khalq di Iran. Haji Mahdi Araqy adalah pejuang garis depan revolusi Islam Iran. Selama bertahun-tahun sebelum revolusi mencapai kemenangannya, beliau sudah berjuang melawan Rezim Syah. Akibatnya, beliau bertahun-tahun dipenjara oleh rezim Syah dan mengalami berbagai penderitaan. Setelah kemenangan revolusi, Haji Mahdi terus berjuang disisi Imam Khomeini demi mempertahankan revolusi Islam. Beliau memiliki tempat khusus di sisi Imam Khomeini sampai-sampai Imam menyebutnya sebagai saudara dan anaknya sendiri. Setelah syahidnya Haji Mahdi Araqy, Imam Khomeini berkata, "Kesyahidan Haji Mahdi Araqy sangat berat bagi saya, namun kita harus berbahagia karena dia gugur syahid di jalan Allah . Dia memang harus gugur syahid karena baginya kematian di atas tempat tidur adalah kehinaan."


Piagam HAM mendapat pengesahan di Perancis
Tanggal 26 Augustus 1789, menyusul kemenangan revolusi Perancis, parlemen negara ini mengesahkan piagam Hak Asasi Manusia (HAM). Piagam ini dipengaruhi oleh ide pemikiran era renaisanse seperti Jean Jacques Rousseau yang menekankan kebebasan. Namun demikian, isi piagam ini tidak mendapat respon di dalam negeri Perancis sendiri dan negara-negara lain Eropa untuk beberapa waktu. Pemerintah Barat yang dengan ganas menginjak-injak hak bangsa negara yang sedang berkembang, malah mengklaim dirinya sebagai pembela HAM. Tak hanya itu, Barat juga memanfaatkan isu HAM untuk menghadapi negara-negara lain yang menentangnya.


Zhoel Roman Lahir
Tanggal 26 Augustus tahun 1885, Zhoel Roman, penulis Perancis, terlahir ke dunia. Setelah melalui pendidikan dasarnya, dia melanjutkan pendidikan ke Universitas di bidang filsafat. Pada tahun 1945, Roman menjadi anggota Akademi Perancis. Karya pertama Roman adalah sebauh buku berjudul Sahabat-Sahabat. Karya Roman yang penting lainnya adalah sebuah naskah drama berjudul Ben Johnson.


Pembantaian massal Dinasti Ottoman
Tanggal 26 Augustus tahun 1896, tentara Dinasti Ottoman Turki melakukan pembantaian massal terhadap etnis Armenia. Aksi brutal Dinasti Ottoman tersebut dilakukan karena etnis Armenia dituding bersekongkol dengan pemberontakan warga Yunani. Dalam pembunuhan massal selama lima hari ini, puluhan ribu wanita, anak-anak dan laki-laki Armenia tewas.






27 Agustus
Konstantinia Jadi Ibu Kota Wilayah Timur Imperium Romawi
Tanggal 27 Agustus tahun 326, kota Konstantinia yang baru dibangun dijadikan ibu kota wilayah timur Imperium Romawi. Kota ini dibangun atas perintah Kaisar Konstantin dan oleh karena itu, awalnya kota ini diberi nama Konstantinopel. Namun, kemudian nama kota ini berubah menjadi Konstantinia. Pada tahun 1453, kota ini dikuasai oleh Sultan Mahmud Utsmani dan diubah namanya menjadi Istambul. Dewasa ini, kota Istambul merupakan kota terpenting dan paling banyak penduduknya di Turki. Kota ini dibelah dua oleh sebuah selat bernama Bosporus.

Georg Wilhelm Friedrich Hegel lahir
Tanggal 27 Augustus 1770, Filsuf terkenal asal Jerman Georg Wilhelm Friedrich Hegel lahir. Mengajar di beberapa universitas dan menulis buku tidak membuatnya kaya raya tapi tetap tinggal dalam kemiskinan. Saat Jerman berada dalam cengkaman tentara Napoleon pada tahun 1806, Hegel amat tertarik dengan tokoh legendaris Perancis ini. Hegel memperkenalkan sejarah secara bertahap dan percaya bahwa Tuhan yang menentukan arak gerak sejarah dan demikian juga dengan tujuan sejarah. Filsuf Jerman ini sering menyebut pandangannya, segala sesuatu ada penentangan dalam dirinya dan penentangan itu melahirkan sebuah fenomena atau kondisi yang baru. Untuk menjelaskan lagi keyakinannya dia telah menulis buku yang di antaranya berjudul Phenomenology of Spirit, Science of Logic dan Encyclopedia of the Philosophical Science. Dia meninggal dunia pada tahun 1831.

Reynold Alleyne Nicholson meninggal dunia
Tanggal 27 Augustus 1945 Reynold Alleyne Nicholson ilmuan dan orientalis Inggeris meninggal dunia. Dia lahir pada tahun 1868 di Keighley, Yorkshire, England. Dia mengajar Bahasa Persia dan Arab di Universitas Cambridge. Dia melakukan penelitian yang bisa dibanggakan dalam kesusasteraan Iran. Dia menyebut dirinya sebagai murid Maulana Jalaluddin Rumi dan melakukan kajian dan penelitian selama 25 tahun berkaitan Masnawi Maulawi. Di antara hasil karyanya yang terkenal ialah Tashih Tadzkirah Al-Auliya' karya Attar Neishaburi dan Tarikh Adabiat Arab. Dia merupakan penerjemah pertama syair-syair Masnavi Maulawi ke dalam bahasa Inggris.

Ali Akbar Kaveh Wafat
Tanggal 27 Agustus tahun 1990, Ali Akbar Kaveh, guru besar di bidang seni kaligrafi Iran, meninggal dunia. Seniman ini lahir di kota Shiraz, Iran, pada tahun 1271. Sejak kecil, dia sudah mengenal karya-karya kaligrafi dan jenis huruf Nast'aliq. Secara bertahap, Ali Akbar Kaveh mendalami bidang ini dengan belajar kepada seniman-seniman terkenal saat itu, seperti Mirza Taher Katib Humayun Hamedani dan Saifi Qazuni. Ali Akbar Kaveh selama bertahun-tahun mengabdi di Persatuan Penulis Kaligrafi Iran dan mendidik banyak seniman.

Moldova Merdeka
Tanggal 27 Agustus tahun 1991, Moldova meraih kemerdekaannya. Negara yang terletak di Eropa Timur ini sepanjang sejarahnya berada di bawah penjajahan berbagai bangsa dan negara, seperti Ukraina, Utsmani, Rusia, dan Romania. Setelah terjadi Revolusi Buruh di Rusia tahun 1917, Moldova diserahkan kepada Romania. Pada akhir Perang Dunia Kedua dan mundurnya Jerman dan Romania dari negara-negara jajahannya, Moldova dikuasai oleh Soviet dan digabungkan ke dalam Uni Soviet.
Pada akhir dekade 1980-an, Uni Soviet bubar dan negara-negara yang tergabung di dalamnya satu persatu membebaskan diri. Sebagian rakyat Moldova berkeinginan untuk kembali bersatu dengan Rumania dan sebagian rakyat lainnya, terutama yang berasal dari etnik Rusia dan Ukrania, menolak hal tersebut. Akhirnya setelah diadakan referendum, didapatkan hasil bahwa sebagian besar rakyat Moldova menentang penyatuan negara ini dengan Romania dan menginginkan kemerdekaan penuh. Moldova memiliki luas wilayah 33700 kilometer persegi serta berbatasan dengan Romania dan Ukraina.






28 Agustus
Johan Wolfgang Goethe Lahir
Tanggal 28 Agustus 1749, Johan Wolfgang Goethe, penyair dan penulis terkemuka Jerman, terlahir ke dunia. Di kota kelahirannya, Frankfurt, dia mengenal musik, lukisan, dan berbagai bahasa. Di kota itu pula Goethe menyelesaikan pendidikannya di bidang hukum. Goethe merupakan salah satu penyebar sastra Jerman, namun dia tidak memiliki aliran sastra tertentu. Dia sangat menyukai sastra Iran terutama syair-syair Hafez, seorang penyair terkemuka Iran. Dia juga memiliki ketertarikan yang amat besar terhadap Al-Quran dan Islam.
Dalam hal ini Goethe menyatakan, "Pada awalnya, karena rasa ragu-ragu, kami menolak Al-Quran. Namun kemudian kitab ini menarik perhatian kami. Yang amat mengejutkan kami adalah bahwa kami tunduk pada prinsip dan hukum ilmiah di dalam kitab itu. Saya meyakini bahwa kitab dan ajarannya yang mendalam dan membebaskan manusia ini segera akan mendapat tempat di seluruh dunia dan akan menajdi poros dunia."
Di antara karya-karya Goethe yang terkenal adalah "Kumpulan Syair Timur", "Faust", dan "Melodi Rumi". Sastrawan Jerman ini meninggal pada tahun 1832.

Leon Tolstoy Lahir
Tanggal 28 Agustus 1828, Leon Tolstoy, penulis dan sastrawan Rusia terlahir ke dunia. Awalnya, Tolstoy bergabung dalam Angkatan Bersenjata Kaukasus dan buku pertamanya yang berjudul "Anak" ditulisnya dalam periode ini. Beberapa lama kemudian, Tolstoy keluar dari militer lalu menghabiskan waktunya untuk melakukan penelitian dan penulisan. Di antara karya-karya Tolstoy yang terpenting adalah "Perang dan Damai", "Orang-Orang Kazak", dan "haji Murad". Penulis Rusia ini meninggal pada tahun 1910.

Pidato Legendaris Martin Luther King Jr.
Tanggal 28 Augustus 1963, Martin Luther King Jr, pemimpin gerakan persamaan hak-hak sipil kaum kulit hitam AS, membacakan pidato legendarisnya yang berjudul "I Have A Dream". Pidato itu dibacakan nya di depan 200.000 warga AS yang berdemonstrasi di Washington, D.C. untuk menuntut penghentian diskriminasi rasial dalam masyarakat AS. Dalam orasi tujuh menitnya itu, King antara lain berkata, "Saya mempunyai impian bahwa suatu hari, bahkan di negara bagian Missisipi yang berupa padang pasir yang dipenuhi ketidakadilan dan opresi, akan berubah menjadi oase kebebasan dan keadilan."
Setahun setelah demonstrasi besar di Washington itu, gerakan hak-hak sipil mencapai dua kesuksesan besar, yang ratifikasi atas Amandement ke 24 UUD AS yang menghapuskan pajak pemilu yang selama ini menjadi penghalang warga kulit hitam miskin AS untuk ikut pemilu dan disahkannya UU Hak Sipil tahun 1964, yang melarang diskriminasi rasial. Pada bulan October 1964, Martin Luther King, Jr. dianugerahi hadiah Nobel bidang perdamaian. Namun empat tahun kemudian, ia tewas dibunuh.

Ayatullah Sayid Abdul Majid Irwani Wafat
Tanggal 28 Agustus 1972, Ayatullah Sayid Abdul Majid Irwani, seorang ulama pejuang Iran, meninggal dunia. Ayatullah Irwani dilahirkan pada tahun 1934 di kota Tabriz, Iran. Untuk menuntut ilmu agama, beliau pergi ke kota Qom dan belajar pada ulama-ulama terkemuka hauzah ilmiah Qom, di antaranya, Ayatullah Burujerdi dan Imam Khomeini. Dalam melawan despotisme Rezim Syah, beliau melakukan perjuangan yang aktif sehingga berkali-kali ditangkap dan dipenjarakan oleh aparat keamanan. Setelah kemenangan Revolusi Islam Iran, di samping mengajar fiqih, Ayatullah Irwani masih terus melanjutkan aktivitas sosial dan revolusionernya dan mengabdikan hidupnya demi masyarakat Islam.





29 Agustus
Uni Soviet Lakukan Ujicoba Bom Nuklir
Tanggal 29 Agustus 1949, Uni Soviet melakukan percobaan bom atomnya yang pertama secara rahasia. Dengan demikian, sejak saat itu bom atom tidak lagi hanya dikuasai oleh Amerika. Keseimbangan yang terjadi dalam persaingan senjata atom antara AS dan Rusia ini dinamakan sebagai "kesetaraan mengerikan". Dalam situasi seperti ini, kedua belah pihak mencegah diri untuk menggunakan bom atom ini karena khawatir pihak lawan akan menyerang. Sejak saat itu pula, AS dan Uni Soviet masuk ke dalam perang propaganda. Perang ini diistilahkan sebagai Perang Dingin. Perang yang terjadi antara blok Barat dan blok Timur ini berlangsung hingga bubarnya Uni Soviet tahun 1991. Meskipun dengan keruntuhan Uni Soviet ancaman terjadinya perang nuklir telah mereda, namun karena senjata nuklir masih berada di tangan AS dan Zionis, ancaman terhadap negara-negara independen dan penentang poltik perluasan kekuasaan mereka, masih terus berlanjut.

Ayatullah Sayyid Muhammad Taqi Khansari Wafat
Tanggal 29 Agustus 1952, Ayatullah Sayyid Muhammad Taqi Khansari, salah seorang ulama besar dan marji' taqlid asal Iran, meninggal dunia. Beliau dilahirkan pada tahun 1888 di kota Khansar, Iran tengah. Beliau mempelajari ilmu fiqih, ushul fiqih, dan filsafat dari ulama-ulama terkemuka hauzah ilmiah Najaf, Irak. Di Irak, bersama-sama dengan rakyat negeri itu, Ayatullah Khansari juga ikut berjuang dalam melawan imperialisme Inggris. Akibatnya, beliau ditangkap oleh tentara Inggris dan dibuang ke Singapura. Setelah empat tahun berada di pembuangan, beliau kembali ke Iran dan mengajar di hauzah ilmiah Qum. Beberapa lama kemudian, akhirnya beliau mencapai derajat marja'iyyah. Di Iranpun, Ayatulah Khansaari meneruskan perjaungannya melawan imperialisme Inggris di Iran dan mendukung gerakan rakyat Iran dalam menasionalisasi minyak Iran.

Ayatullah Sayyid Shihabuddin Mar'asyi Najafi Wafat
Tanggal 29 Agustus 1990, Ayatullah Sayyid Shihabuddin Mar'asyi Najafi, salah seorang marji' taklid kaum muslimin, meninggal dunia pada usia ke-96. Beliau dimakamkan di kompleks perpustakaannya yang besar di kota Qom Iran. Ulama besar ini menimba ilmu fiqih, ushul fiqih, hadis, tafsir, teologi, dan dasar-dasar akhlak di hauzah ilmiah kota Kadzimain dan Najaf, Irak. Setelah mencapai derajat mujtahid, atas permintaan Ayatullah Hairy Yazdi, beliau mengajar di hauzah ilmiah Qom dan melakukan penelitian. Beliau juga aktif dalam perjuangan melawan rezim Syah di sisi Imam Khomeini. Beliau banyak menulis buku di bidang fiqih, ushul fiqih, hadis, dan sufistik. Peninggalan beliau yang paling berharga adalah sebuah perpustakaan besar yang menampung lebih dari 300.000 buku.

Ayatollah Muhammad Baqir syahid
Tanggal 29 Augustus 2003, Ayatollah Muhammad Baqir Hakim seorang ulama dan pejuang yang terkenal gugur syahid selepas berlangsungnya solat Jumat di sekitar makam Imam Ali as di kota suci Najaf akibat ledakan sebuah bom. Bersamaan dengan itu 83 warga tak berdosa turut gugur syahid dan puluhan lainnya cidera.

Ayatollah Baqir Hakim lahir dalam sebuah keluarga pejuang dan ahli ilmu pada tahun 1939. Dia banyak memperoleh ilmu terutama dari ayah beliau Ayatollah Muhsin Hakim dan secara gradual turut serta dalam perjuangan melawan rezim despotik Saddam di Irak. Namun akibat kerasnya tekanan dan penumpasan yang dilakukan oleh Rezim ini, Ayatollah Muhammad Baqir Hakim memilih untuk berjuang dari luar negeri yaitu di Iran. Pada tahun 1981 bersama dengan kumpulan dan rekan-rekan seperjuangannya, ia mendirikan Dewan Tinggi Revolusi Islam Irak. Selama 19 tahun beliau memimpin dewan tersebut, kelompok ini telah memberikan pukulan keras kepada rezim Saddam.

Ketika Amerika dan Inggris menumbangkan rezim Saddam pada bulan April 2003, Ayatollah Hakim kembali ke Irak. Tetapi musuh-musuh Ayatollah Hakim yang menganggap beliau sebagai halangan konspirasi jahat mereka berusaha mencari peluang untuk menerornya. Selain dikenal sebagai pejuang, Syahid Muhammad Baqir Hakim telah meninggalkan 40 buku dan puluhan artikel.


Katrina melanda tiga negara bagian Amerika Selatan
Tanggal 29 Agustus 2005, badai topan Katrina melanda pesisir tiga negara bagian di Amerika Selatan yang terletak di Teluk Meksiko. Rakyat di tiga negara bagian ini menjadi korban badai topan yang merupakan topan terburuk dalam satu dekade lalu. Kota New Orleans ibu kota Lousiana tenggelam dalam air. Lebih dari seribu orang tewas dan ratusan lainnya menjadi pengungsi. Satu hal yang akan senantiasa dicatat oleh sejarah dalam bencana ini ialah sikap pemerintah Amerika yang lambat dalam memberi bantuan kepada korban. Reaksi terhadap foto-foto tragis dan memilukan para korban di kota New Orleans memberikan tamparan hebat terhadap pemerintah Gedung Putih. Pemerintah Presiden Bush pun dihadapkan dengan skandal besar dan untuk menekan kritikan publik, dia pun terpaksa menyingkirkan sejumlah pejabat tinggi AS.






30 Agustus
Nicolas Conte Ciptakan Pensil
Tanggal 30 Agustus 1790, pensil berhasil diciptakan oleh Nicolas Conte dari Jerman. Dia menggunakan sejenis batu bernama grafit dan untuk mencegah tangan menjadi kotor akibat terkena grafit, dia meletakkan batu itu di tengah sepotong kayu. Dewasa ini, salah satu jenis pensil yang digunakan untuk menggambar dinamakan sebagai pensil Conte.

Ernest Rutherford Lahir
138 tahun yang lalu, tanggal 30 Agustus 1871, Ernest Rutherford, ahli fisika Inggris terlahir ke dunia di New Zealand. Dia melakukan penelitian mengenai sinar radiasi dan berhasil menemukan sinar alpha, gamma, dan betha. Rutherford meninggal dunia pada tahun 1937.


Muhammad Jawad Bahonar Gugur
Tanggal 30 Agustus 1981, Muhammad Ali Rejai, Presiden Iran dan Muhammad Jawad Bahunar, Perdana Menteri Iran pada waktu itu, gugur syahid akibat ledakan bom di kantor Perdana Menteri di Teheran. Peledakan bom ini dilakukan oleh kelompok teroris Mujahidin Al-Khalq.
Syahid Rejai memulai aktivitas sosialnya dengan menjadi guru. Bersamaan dengan melakukan tugasnya sebagai guru, beliau juga aktif berjuang melawan rezim despotik Syah Pahlevi. Akibatnya, Rejai harus berkali-kali dipenjara dan mengalamai berbagai kesulitan besar. Setelah kemenangan revolusi Islam dan Republik Islam Iran berdiri, Rejai menjabat posisi menteri pendidikan dan pengajaran, anggota Majelis Perwakilan Islami, perdana menteri, dan terakhir menjadi presiden. Ketika Syahid Rejai menjabat sebagai presiden, posisi perdana menteri dipegang oleh Doktor Bahunar. Doktor Bahunar adalah seorang ruhaniwan Islam dan pejuang garis depan dalam melawan rezim Syah.
Setelah syahidnya kedua pemimpin besar Iran yang sangat dikenal keikhlasan dan kerendah-hatiannya ini, Imam Khomeini menyatakan, "Keutamaan kedua syahid ini adalah karena mereka pemimpin yang selalu bersama dengan rakyatnya."

Naji Ali Gugur
Tanggal 30 Agustus 1987, Naji Ali, seorang desainer dan karikaturis terkenal Palestina gugur syahid. 38 hari sebelumnya, yaitu tanggal 22 Juli 1987, Naji Ali diteror oleh agen mata-mata Israel, Mosad di kantornya di kota London. Setelah 38 hari koma, Naji Ali akhirnya gugur syahid. Naji Ali dilahirkan pada tahun 1937 di Palestina dan pada masa kecilnya, akibat represi rezim Zionis, dia dan keluarganya harus tinggal di daerah pengungsian "Ainul Halwa" di selatan Libanon. Dengan kemampuannya yang besar di bidang desain dan karikatur, Naji Ali berjuang untuk membuka mata dunia mengenai kekejaman rezim Zionis. Enam bulan kemudian, Organisasi Penerbit Internasional menganugerahkan hadiah "Pena Emas Perdamaian" kepada Naji Ali.

Republik Azerbaijan Merdeka
Tanggal 30 Agustus 1991, Republik Azerbaijan mengumumkan kemerdekaannya dari Uni Soviet. Sejak abad ke-3, Azerbaijan dikuasai oleh Dinasti Sasani Iran. Pada awal abad ke-19, bagian utara Azerbaijan dikuasai Rusia setelah terjadi perang antara Iran dengan Rusia yang berakhir dengan kekalahan Iran. Pada tahun 1920-an, negara ini dijadikan bagian dari Uni Soviet. Setelah keruntuhan Uni Soviet, Azerbaijan memisahkan diri dan menjadi negara independen.
Republik Azerbaijan terletak di tepi laut Kaspia, memiliki luas wilayah 86.600 kilometer persegi, dan bertetangga dengan Iran, Armenia, Georgia, dan Rusia.

Timor Timur Berpisah dari Indonesia
Tanggal 30 Agustus 1999, Timor Timur menjadi sebuah negara independen. Kepulauan Tim-tim dan sebagian kepulauan Indonesia lainnya pada tahun 1511 dijajah oleh Potugis. Kemudian, pada pertengahan abad ke-19, Belanda menjajah kepulauan Indonesia kecuali Timtim yang masih tetap dikuasai Portugis. Pada tahun 1945, Indonesia meraih kemerdekaannya sementara Tim-tim masih terus dijajah hingga tahun 1976. Pada tahun itu pula, tentara Indonesia masuk ke Timtim dan memasukkan Timtim ke dalam wilayah Indonesia. Setelah jatuhnya Suharto dari kursi kepresidenan tahun 1998, perjuangan rakyat Timtim semakin menguat dan mendapat dukungan PBB dan negara-negara barat sampai akhirnya berhasil merdeka setelah diadakan referendum.






31 Agustus
Inggris dan Rusia Tandatangani Perjanjian Tentang Wilayah Iran
Tanggal 31 Agustus 1907, pemerintah imperialis Inggris dan Rusia dengan menandatangani sebuah perjanjian, telah membagi wilayah Iran menjadi tiga bagian. Berdasarkan perjanjian ini, wilayah tengah Iran dinyatakan tidak berpihak. Wilayah utara dan sebagian wilayah Barat Iran dibawah kontrol Rusia dan wilayah selatan dikuasai oleh Inggris. Penandatanganan perjanjian pembagian wilayah ini tidak melibatkan pemerintah Iran saat itu, yaitu raja Dinasti Qajar, karena lemahnya kekuatan dinasti ini. Karena itu, perjanjian ini menimbulkan kemarahan rakyat dan Majelis Permusyawaratan Rakyat Iran. Inggris dan Rusia keluar dari wilayah Iran setelah terjadi revolusi di Rusia.

Malaysia Merdeka
Tanggal 31 Agustus 1957, Malaysia meraih kemerdekaannya dari Inggris. Masyarakat Malaysia sejak abad ke-13 secara bertahap mengenal Islam. Pengaruh Eropa masuk ke negara ini pada awal abad ke-16 dengan masuknya Alburquerque, pelaut Portugis. Pada abad ke 17, Belanda menguasai Malaysia. Kemudian pada tahun 1824 atas perjanjian antara Belanda dan Inggris, Malaysia diserahkan kepada Inggris dan Indonesia diserahkan kepada Belanda.
Pemerintahan Malaysia berbentuk federasi dan tiap negara bagian dipimpin oleh seorang Sultan. Wilayah Malaysia terdiri dari dua bagian terpisah di tepi Laut Cina Selatan. Luas wilayah negara ini adalah sekitar 330 ribu kilometer persegi dan berbatasan dengan Indonesia dan Thailand.

Trinidad dan Tobago Merdeka
Tanggal 31 Agustus 1962, Trinidad dan Tobago, sebuah negara di Amerika Selatan, meraih kemerdekaannya dari Inggris. Negara ini pada awalnya dijajah oleh Spanyol namun pada tahun 1802 Spanyol menyerahkannya kepada Inggris. Kemudian, Trinidad dan Tobago dijadikan pusat Federasi Hindia Barat. Pada tahun 1962, Federasi Hindia Barat bubar dan Trinidad Tobago meraih kemerdekaannya. Republik Trinidad dan Tobago hanya memiliki luas wilayah 5128 kilometer persegi, namun pendapatan perkapitanya amat tinggi yaitu di atas 6000 dolar karena kaya sumber minyak lepas pantai.

Imam Musa Shadr Hilang Secara Misterius
Tanggal 31 Agustus 1978, Imam Musa Shadr, seorang ulama kelahiran Iran, dalam perjalanannya dari Aljazair ke Libanon, hilang secara misterius. Beliau dilahirkan di kota Qom Iran, lalu melanjutkan pelajaran ke Libabnon. Pada saat itu umat muslim Libanon berada dalam kondisi politik dan ekonomi yang amat buruk. Imam Musa Shadr kemudian beraktivitas dalam memperbaiki kondisi ini, di antaranya dengan mendirikan Majelis Tinggi Syiah Libanon dan menjadi ketuanya. Beliau juga mendirikan Harakatul Mahrumin, sebuah organisasi perlindungan bagi perjuangan rakyat Palestina. Hingga kini, tidak banyak informasi yang berhasil didapat mengenai kehidupan beliau.

Uzbekistan Merdeka
Tanggal 31 Agustus 1991, Uzbekistan mengumumkan kemerdekaannya dari Uni Soviet. Sejak abad ke-6 sebelum Masehi, Uzbekistan menjadi bagian dari imperium Iran. Seterusnya, secara bergantian, penguasa Iran dan non-Iran berkuasa di sana. Setelah masuknya kaum muslimin ke Uzbekistan pada pertengahan abad ke-7 Masehi, ajaran Islam menyebar di kawasan ini. Pada akhir abad ke 9, dinasti Samani dari Iran menguasai negeri ini sehingga bahasa serta kebudayaan Persia tersebar luas di sana. Pengaruh Rusia masuk pada akhir abad ke-17 dan berkuasa di sana hingga abad ke dua puluh. Uzbekistan berhasil meraih kemerdekaan setelah bubarnya Uni Soviet.

Kyrgyzstan Merdeka
Tanggal 31 Augustus 1991, Kyrgyzstan yang terletak di Asia Tengah mencapai kemerdekaannya dari tangan bekas Uni Soviet. Bangsa Kyrgyz mulai masuk ke Kyrgyzstan pada zaman Dinasti Moghul pada kurun ke 13, tetapi Islam memasuki Kyrgystan pada awal abad ke 17 dan berkembang luas pada abad ke 19. Kyrgyzstan secara resminya berada dalam tangan Rusia pada tahun 1876. Berbagai kelompok etnis dari bangsa Russia masuk ke negara ini dan mengambil ladang-ladang pertanian mereka yang menyebabkan timbul rasa tidak puas hati dari penduduk Kyrgyzstan dan bermulalah kebangkitan menentang Russia yang berlanjut sehingga tahun 1922. Kyrgystan sama seperti negara-negara lain mengumumkan kemerdekaannya selepas tumbangnya Uni Soviet. Kyrgyzstan bertetangga dengan Cina, Kazakhstan, Uzbekistan dan Tajikistan.

Tragedi di Irak
Tanggal 31 Augustus tahun 2005, hampir seribu orang umat Islam Irak tewas saat menghadiri acara peringatan haul di kota Kazimain yang berdekatan dengan kota Baghdad. Pada hari itu, hampir lebih dari satu juta umat Islam Irak turut serta dalam acara peringatan hari kesyahidan Imam Musa Kazim as, Imam ketujuh mazhab syiah ini. Kejadian itu bermula saat sejumlah orang misterius memprovokasi orang yang berbarengan dengan suara beberapa ledakan menyebabkan kerumunan berusaha keluar dari tempat kejadian. Akibatnya ratusan orang tewas dan cidera terinjak dan kejatuhan reruntuhan jembatan yang roboh.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar