Selasa, 26 Januari 2010

Bulan November

1 November
Panama Lepas dari Spanyol

Tanggal 1 November 1821, Panama lepas dari penjajahan Spanyol dan bergabung dengan Kolombia. Panama dijajah oleh Spanyol sejak tahun 1501. Pada tahun 1513, Spanyol membangun Terusan Panama yang menghubungkan Samudera Pasifik dengan Atlantik. Seiring dengan mundurnya Spanyol dari Panama, terusan itu menjadi sepi. Pada tahun 1848, setelah ditemukannya tambang emas di California, Terusan Panama kembali ramai dilalui para pedagang. Karena terusan ini pula, Panama bersengketa dengan Kolombia. Akibatnya, pada tahun 1903, Panama memisahkan diri dan mendirikan negara independen.

Austria dan Hongaria Memisahkan Diri
Tanggal 1 November 1918, akibat kekalahan yang dialami dalam Perang Dunia Pertama, imperium Austria-Hongaria memisahkan diri dan menjadi dua negara dengan pemerintahan republik. Pada abad ke-19 dan awal abad ke-20, imperium ini merupakan salah satu kekuatan besar di Eropa.

Permulaan Perang Kemerdekaan Aljazair
Tanggal 1 November 1954, dengan didirikannya Gerakan Pembebasan Aljazair oleh Ahmed Ben Bella, perang kemerdekaan negara ini pun dimulai. Aljazair pada awal abad ke-20 secara penuh dijajah oleh Perancis dan selama itu perjuangan bangsa Aljazair bersifat sporadis. Akhirnya, setelah 132 tahun dijajah oleh Perancis, Aljazair berhasil meraih kemerdekannya pada tahun 1962 dan Ben Bella menjadi presiden. Namun, pemerintahan Ben Bella tidak berlangsung lama karena pada tahun 1965, ia digulingkan oleh Menteri Pertahanannya sendiri, Kolonel Boumedienne.

Ali Qadi Thabathabai Gugur
Tanggal 1 November 1979, Ayatullah Sayyid Muhammad Ali Qadhi Thabathabai, seorang ruhaniwan Iran terkemuka, gugur syahid akibat teror kelompok Furqan. Beliau dilahirkan pada tahun 1904 di kota Tabriz di barat laut Iran. Beliau memulai pendidikan dasar agamanya di bawah bimbingan ayahnya sendiri dan kemudian melanjutkan menuntut ilmu di hauzah-hauzah ilmiah terkemuka dan menjadi murid ulama-ulama besar saat itu, di antaranya Imam Khomeini. Akibat aktivitas perjuangannya melawan rezim despotik Shah Pahlevi, Ayatullah Thabathabai berkali-kali dipenjara dan diasingkan. Setelah kemenangan Revolusi Islam Iran, Ayatullah Thabathabai ditunjuk Imam Khomeini sebagai imam Jumat di kota Tabriz.

Jawad Tondgoyan Disandera Tentara Irak
Tanggal 1 November 1980, Muhammad Jawad Tondguyan, Menteri Perminyakan Iran waktu itu, disandera oleh tentara Irak. Tondguyan bersama beberapa pejabat lainnya sebulan setelah invasi Irak ke Iran, dikirim ke Iran selatan untuk memeriksa fasilitas perminyakan di sana. Selama beberapa waktu, penyanderaan Tondguyan ini dirahasiakan oleh Rezim Baghdad. Tondguyan akhirnya gugur syahid dalam penyanderaan itu akibat siksaan keji yang dilakukan antek-antek Saddam Husein.

Salman Herati Meninggal Dunia
Tanggal 1 November 1986, Salman Herati, seorang penyair kontemporer Iran, meninggal dunia pada usianya ke 27 tahun. Dia dilahirkan di sebuah desa di Iran utara dan setelah menyelesaikan pendidikannya, ia berprofesi sebagai guru. Salman Herati menciptakan syair dalam berbagai bentuk, seperti ghazal, matsnawi, syair dua bait, dan syair empat bait atau ruba'iy. Karya-karya syairnya tersebut dibukukan dalam tiga jilid berjudul "Dari Langit Hijau", "Pintu Rumah Matahari", dan "Dari Bintang ke Bintang".

2 November
Abrecht Durer Lahir

Tanggal 2 November 1471, Albrecht Durer, seorang seniman dan pelukis besar Jerman, terlahir ke dunia di kota Nurnberg. Periode aktivitas dan kehidupan seni dan sastra pelukis ini bersamaan dengan dimulainya kebangkitan renaissance di Jerman. Oleh karena itu, dia dianggap sebagai salah satu pelopor kebangkitan ini. Durer meninggal dunia tahun 1527.

Sharif Husein menjadi Penguasa Arab
Tanggal 2 November 1916, Sharif Husain, penguasa kota Mekah dan Madinah mengangkat dirinya sebagai Raja Arab. Sejak 5 Juni tahun itu, atas provokasi Inggris, dia memulai perlawanan terhadap pemerintahan Imperium Ottoman. Saat itu, Ottoman juga tengah berperang melawan pasukan Sekutu dalam Perang Dunia Pertama. Inggris menjanjikan kepada Sharif Husain bahwa setelah perang, dia akan diangkat sebagai raja Arab. Namun, kemudian Inggris melanggar janjinya kepada Sharif Husain dan mendukung dinasti Saud untuk menguasai tanah Arab. Untuk menutupi muka karena telah mengingkari janji, Inggris mengangkat anak-anak Sharif Husain menjadi raja di Irak dan Yordania yang saat itu merupakan koloni Inggris.

Penerbitan Deklarasi Balfour
Tanggal 2 November 1917, diterbitkanlah Deklarasi Balfour oleh Lord Arthur James Balfour, menlu Inggris saat itu. Melalui deklarasi ini, dimulailah upaya untuk menciptakan negara Israel di atas tanah bangsa Palestina. Saat itu, Kawasan Palestina berada di bawah penjajahan Inggris. Deklarasi ini membuktikan bahwa Inggris menyetujui berdirinya sebuah pemerintahan Yahudi di Palestina dan memberi bantuan dari berbagai segi dalam pembentukan negara illegal ini. Akhirnya 31 tahun kemudian, yaitu tahun 1948, diumumkanlah berdirinya negara Israel. Setiap tahun, pada hari deklarasi Balfour ini, rakyat muslim sedunia menunjukkan kemarahan dan kecaman mereka kepada Israel dan negara-negara pendukungnya.

Penandatanganan Perundingan KMB
Tanggal 2 November 1949, Indonesia dan Belanda menandatangani hasil perundingan Konferensi Meja Bundar atau KMB. KMB diadakan di Den Haag Belanda, setahun setelah Belanda melakukan agresi militernya yang kedua pada bulan Desember 1948 terhadap Indonesia. Agresi ini mendapat kecaman internasional dan atas desakan PBB, kedua pihak mengadakan konferensi tersebut. Hasil KMB antara lain penyerahan kedaulatan kepada Indonesia. Indonesia kemudian mendirikan Republik Indonesia Serikat dengan Ir. Sukarno sebagai presiden pertama.

3 November
Dimulainya Kongres Wina

Tanggal 3 November 1814, dimulailah Kongres Wina di kota Wina, Austria dengan dihadiri oleh para kepala negara Eropa. Kongres yang diadakan setelah kekalahan Napoleon Bonaparte, Kaisar Perancis ini, diadakan dengan tujuan untuk memperbaharui peta Eropa. Arsitek di balik kongres ini adalah Matternich, Kanselir Austria waktu itu. Dia bersama raja-raja despotik Eropa lainnya berkeinginan untuk sekali lagi memaksakan penerapan sistem monarkhi despotis di benua Eropa serta mengembalikan raja-raja yang sudah terguling ke posisinya semula. Keputusan kongres Wina yang berlangsung selama setahun itu, selama beberapa dekade berlaku di Eropa, namun kemudian secara bertahap terjadilah reformasi politik dan sosial di benua ini.

Perang Heroin di Cina Meletus
Tanggal 3 November 1839, Perang Heroin meletus dengan adanya serangan angkatan laut Inggris terhadap kapal-kapal sipil Cina. Perang ini semakin memanas sejak bulan Juli 1840. Perang ini pecah karena tindakan Inggris yang ingin memperluas perdagangan heroin yang menggunakan wilayah Cina sebagai jalur perdagangan. Akibatnya, banyak rakyat Cina yang menjadi pecandu heroin. Pemerintah Cina kemudian membuang 20 ribu peti heroin milik pedagang Inggris ke laut dan akibatnya, meletuslah perang antara kedua pihak. Dalam perang ini, Cina mengalami kekalahan dan terpaksa membayar ganti rugi perang yang sangat banyak kepada Inggris. Namun, Inggris masih belum puas dengan kemenangan ini karena ingin memperluas perdagangan heroinnya. Pada tahun 1856, Inggris dan Perancis kembali berniat memerangi China. Pada tahun 1860, China menyerah dan Inggris semakin leluasa melakukan perdagangan heroinnya.

Edward Branley Lahir
Tanggal 3 November 1844, Edward Branley, seorang ahli fisika terkenal Perancis, terlahir ke dunia. Sejak masa mudanya, ia sudah melakukan berbagai penelitian fisika. Karya besar Branley adalah penemuan telegraf tanpa kabel. Branley meninggal dunia tahun 1940.

Panama Memisahkan Diri
Tanggal 3 November 1903, Panama berhasil memisahkan diri dari Kolombia dan hari ini dijadikan Hari Nasional Panama. Sejak tahun 1501, Panama dijajah oleh Spanyol. Pada saat yang sama, Spanyol juga menjajah Kolombia dan negara-negara Amerika Latin lainnya. Bersamaan dengan serbuan Napoleon ke Spanyol pada awal abad ke-19, perjuangan kemerdekaan pun meletus di seluruh Amerika Latin. Pada tahun 1812, Kolombia menguasai Panama. Pada tahun 1819, Simon Bolivar, pemimpin Kolombia memproklamirkan berdirinya republik Kolombia Raya, yang meliputi Panama. Pada tahun 1903, warga Panama berontak ketika Senat Kolombia menolak memberi izin kepada AS untuk membangun kembali Terusan Panama. Atas dukungan AS, akhirnya Panama memisahkan diri dari Kolombia dan menjadi negara merdeka. Namun akibatnya, AS selalu campur tangan dalam urusan dalam negeri republik ini.

Tentara Israel Menyerang Khan Yunes
Tanggal 3 November 1956, dalam era perang Mesir-Israel, tentara Israel menyerang kota Khan Yunes di Jalur Gaza dan membunuh massal warga kota itu. Setelah menduduki kota ini, tentara Israel kemudian membunuh 25 tentara Mesir. Kekejaman mereka masih belum berhenti sampai di sana, karena kemudian mereka menyerang rumah sakit kota Khan Yunes. Seluruh pasien, perawat dan para dokter di rumah sakit itu gugur syahid dalam serangan itu. Selanjutnya, tentara Israel meledakkan sebuah tempat perlindungan yang berisi puluhan wanita dan anak-anak. Secara keseluruhan, korban yang tewas dalam serangan keji Zionis ini mencapai 275 orang.

4 November
Imperium Austria-Hongaria Menyerah

Tanggal 4 November 1918, seminggu sebelum berakhirnya Perang Dunia Pertama, Imperium Austria-Hongaria menyerah kepada pasukan Sekutu. Imperium yang merupakan pemulai perang ini adalah sekutu Jerman yang terpenting. Namun, karena kekalahan beruntun yang dialaminya, Imperium Austria-Hongaria akhirnya bersedia untuk menyerah dan menandatangani perjanjian Padova. Setelah perang berakhir, wilayah kekuasaan imperium ini dibagi-bagi menjadi beberapa negara dan dengan demikian berakhirlah kekuasaan kaisar dari dinasti Hansburg.

Unesco Terbentuk
Tanggal 4 November 1946, UNESCO dibentuk oleh 43 negara dunia. Lembaga ini bergerak di bidang ilmu, budaya, dan pendidikan. Tujuan pendirian organisasi ini adalah untuk membangun hubungan ilmu dan kebudayaan di antara berbagai negara serta menyebarkan buku-buku dalam berbagai bahasa. Dengan cara ini, diharapkan ikatan kebudayaan dunia semakin meningkat. Di antara poin penting yang tercantum dalam piagam pendirian UNESCO adalah penghormatan terhadap keadilan, pemerintahan hukum, perlindungan HAM, dan kebebasan asasi. Badan utama dalam UNESCO adalah Sekjen, Badan Pelaksana, dan Sidang Umum. Markas UNESCO terletak di Paris.

Imam khomeini Ditangkap
Tanggal 4 November 1954, Imam Khomeini ditangkap di rumah beliau di kota Qom oleh antek-antek rezim Shah Pahlevi. Beliau kemudian diasingkan ke Turki. Tujuan rezim Shah dari pengasingan Imam Khomeini adalah untuk menghentikan perjuangan beliau dan rakyat Iran dalam menentang rezim Shah. Namun, harapan rezim despotik tersebut tidak tercapai karena rakyat Iran malah melakukan demonstrasi besar-besaran menuntut agar Imam dikembalikan ke Iran. Dari tempat pengasingannya pun, Imam tak berhenti berjuang dengan terus menyebarluaskan pidato dan seruan perjuangan kepada rakyat Iran. Revolusi Islam di Iran mencapai kemenangannya pada tahun 1979 dengan tergulingnya pemerintahan Shah dan berdirinya Republik Islam Iran.

Demonstrasi Berdarah di Teheran
Tanggal 4 November 1978, terjadi demonstrasi berdarah yang dilakukan oleh para mahasiswa dan pelajar Iran, di kota Teheran. Dalam demonstrasi yang mengenang hari diasingkannya Imam Khomeini ke Turki ini, para pelajar dan mahsasiwa yang berkumpul di depan Universitas Teheran untuk mengecam rezim Shah. Para tentara rezim Shah menghadapi para demonstran dengan peluru, sehingga menimbulkan banyak korban jiwa di kalangan pelajar dan mahasiswa Iran. Oleh karena itulah, tanggal 4 Nopember di Iran diperingati sebagai Hari Pelajar.

Pendudukan Kedubes AS oleh Mahasiswa Iran
Tanggal 4 November 1979, dalam peringatan atas hari diasingkannya Imam Khomeini ke Turki dan peringatan atas terbunuhnya para mahasiswa dan pelajar Iran di tahun sebelumnya, para pelajar dan mahasiswa Iran melangsungkan demonstrasi besar-besaran di Teheran. Dalam kesempatan ini, sekelompok mahasiswa muslim yang menamakan diri sebagai "Mahasiswa Pengikut Imam" menduduki Kedubes AS dan menyandera para pegawainya. Sebelum kejadian ini, kementrian luar negeri Republik Islam Iran berkali-kali menyampaikan protes resmi kepada Washington atas campur tangan mereka terhadap urusan dalam negeri Iran.
Dalam penyanderaan Kedubes AS itu, ditemukan berbagai dokumen resmi yang membuktikan bahwa Kedubes AS untuk Iran telah berubah fungsi sebagai kantor agen mata-mata AS, CIA. Hari penyanderaan kedubes AS ini hingga kini diperingati di Iran sebagai "Hari Perlawanan Terhadap Kaum Arogan Dunia". Dalam mengomentari aksi para mahasiswa Iran ini, Imam Khomeini berkata, "Pembongkaran sarang mata-mata AS merupakan revolusi yang lebih besar daripada revolusi pertama."

Yitzhak Rabin Terbunuh
Tanggal 4 November 1995, Perdana Menteri Israel, Yitzak Rabin, tewas akibat dibunuh seorang Yahudi ekstrim. Rabin yang berasal dari Partai Buruh ini, menjadi Perdana Menteri Israel sejak tahun 1974 hingga 1977, namun karena skandal keuangan, dia terpaksa mundur. Pada tahun 1992, dia kembali terpilih sebagai Perdana Menteri dan aktif melakukan perundingan dengan pihak Palestina. Aktivitasnya inilah yang membuat kalangan Zionis fanatik membunuhnya. Rabin adalah seorang komandan kelompok teror Israel dan bertanggung jawab atas berbagai aksi teroris terhadap rakyat Palestina.

5 November
Pierre Laplace Meninggal Dunia

Tanggal 5 November 1827, Pierre Laplace, seorang ahli matematika Perancis terkenal, meninggal dunia. Dia dilahirkan pada tahun 1749, dan menghabiskan umurnya dengan penelitian dan penelaahan di bidang matematika dan astronomi. Laplace mengemukakan teori bahwa bumi jutaan tahun yang lalu terpisah dari matahari dan secara bertahap kulit luarnya mengering dan mengeras. Pada tahun 1773, di depan Akademi Perancis, dia membuktikan bahwa gerakan planet-planet adalah stabil. Penemuan Laplace lainnya adalah di bidang integral kalkulus, differensial terbatas, persamaan differensial, dan astronomi.

Wabah Influenza di Islandia
Tanggal 5 November 1918, wabah influenza mulai menyebar di Islandia yang dicurigai dibawa oleh para penumpang kapal Botnia dari Denmark. Banyak orang jatuh sakit pada beberapa hari pertama dan secara cepat penyakit ini menyebar di Islandia. Dalam dua minggu saja, di kota Reykjavik, ibu kota Islandia, 10.000 orang tewas akibat penyakit ini.
Tahun 1918-1819 adalah tahun ketika wabah influenza menyebar luas di Eropa. Pada musim semi tahun 1918, penyakit tersebut menyebar di Perancis dan dikenal dengan nama Flu Spanyol. Pada musim panas tahun itu, di Amerika, ribuan tentara tewas akibat flu Spanyol ini. Pada akhir musim panas, influenza menyebar ke Jerman dan lebih dari 400.000 warga Jerman tewas. Di Inggris, influenza mulai muncul pada bulan Mei 1918 dan menyebar dengan cepat hingga menewaskan 228.000 orang. Diperkirakan, di seluruh dunia lebih dari 70 juta orang tewas akibat wabah ini.

Alexis Carrel Meninggal Dunia

Tanggal 5 November 1944, Alexis Carrel, seorang dokter, ahli lingkungan hidup dan filsuf perancis, meninggal dunia. Dia adalah seorang ahli bedah inovatif yang eksperimennya dalam mentransplantasi organ hewan telah membawa kemajuan dalam bidang bedah.
Carrel juga orang pertama yang menemukan teknik penjahitan pembuluh darah. Atas penemuannya tersebut, Carrel dianugerahi Nobel pada tahun 1912.
Selain menggeluti bidang kedokteran, Carrel juga melakukan perjalanan ke berbagai negara dunia dan mengamati berbagai kebudayaan dan agama dari dekat. Hasil dari perenungannya dituangkan dalam buku filsafat berjudul "Manusia, Wujud Yang Tak Dikenali".

PM Sharif Emami Mengundurkan Diri

Tanggal 5 November 1978, Perdana Menteri Sharif Emami, terpaksa mengundurkan diri akibat meluasnya gerakan perlawanan rakyat terhadap rezim Shah Iran. Shah Iran kemudian mengangkat Azhari sebagai perdana menteri, yang kemudian mendirikan pemerintahan militer. Namun, tindakan ini juga tidak bisa membendung revolusi Islam di Iran.

6 November
Abraham Lincoln Menjadi Presiden AS

Tanggal 6 November 1860, Abraham Lincoln terpilih sebagai presiden AS dan menjadi presiden pertama dari Partai Republik AS. Lincoln mendapat penentangan dari sebagian warga AS karena perjuangannya dalam menghapuskan perbudakan di AS. Pada tanggal 4 Maret 1861, saat Lincoln dilantik sebagai presiden, delapan negara bagian memisahkan diri dan membentuk pemerintahan Konfederasi. Sebulan kemudian meletuslah perang sipil di antara pasukan Konfederasi melawan pasukan pemerintah Lincoln atau pasukan Union. Pada tahun 1863, seiring dengan kekalahan Konfederasi, Lincoln menghapuskan perbudakan. Pada tahun 1864, diadakan pemilu ulang dan Lincoln berhasil menang. Pada bulan April 1865, Lincoln dibunuh oleh seorang pendukung Konfederasi. Pembunuhan ini terjadi hanya lima hari setelah Perang Sipil AS resmi berakhir dengan menyerahnya komandan pasukan Konfederasi.

Pemberontakan Bolshevik di Rusia
Tanggal 6 November 1917, terjadilah pemberontakan Bolshevik di Rusia. Partai Bolshevik di bawah pimpinan Lenin menggulingkan pemerintah Rusia saat itu dan dalam dua hari, terbentuklah pemerintahan baru dengan Lenin sebagai pemimpinnya. Pemerintahan Bolshevik Rusia kemudian berganti nama dengan Republik Sosialis Uni Soviet dan merupakan negara Marxis pertama di dunia.Lenin dilahirkan pada tahun 1870 dan sejak muda telah aktif dalam gerakan Marxis yang bertujuan menggulingkan kekaisaran Rusia. Akibatnya, dia pernah dipenjara dan dibuang ke Siberia. Setelah menjalani masa pembuangannya, Lenin pergi ke London dan di sana ia mendirikan Partai Buruh Sosial Demokratik Rusia. Sejak awal, ada dua kubu yang berseteru dalam partai ini. Pertama, kubu Bolshevik yang cenderung pada militerisme di bawah pimpinan Lenin dan kedua, kubu Menshevik yang cenderung demokratis. Pada tahun 1912, Lenin mendirikan Partai Bolshevik. Setelah kemenangan revolusi Rusia 1905, Lenin kembali ke Rusia, namun pada tahun 1907 ia dibuang oleh Kaisar Nicholas II yang berkuasa saat itu. Pada tahun 1914, meletuslah Perang Dunia Pertama yang mengakibatkan tergulingnya Kaisar Nicholas II dan berakhirnya era kekaisaran di Rusia. Pada tahun 1917, Lenin kembali ke Rusia dan mendirikan Uni Soviet.

Resolusi Anti Apharteid PBB

Tanggal 6 November 1962, Majelis Umum PBB mengeluarkan resolusi anti apartheid di Afrika Selatan dan mengajak seluruh anggotanya untuk menghentikan hubungan ekonomi dan militer dengan Afsel. Pada tahun 1960, terjadi pembunuhan massal terhadap para demonstran kulit hitam di Johannesburg. Sejak itu, gerakan internasional menenetang apartheid mendapat dukungan luas. Meskipun ada beberapa kekuatan Barat yang tidak mendukung embargo terhadap Afsel, namun gerakan anti apartheid terus meluas dan pada tahun 1973, PBB mengeluarkan resolusi yang menyatakan bahwa sistem apartheid telah melakukan kejahatan melawan kemanusiaan. Namun, baru pada tahun 1993, sistem apartheid resmi dihapuskan di Afrika Selatan.

Karyawan Radio Televisi Iran Mogok Massal
Tanggal 6 November 1978 para karyawan radio dan televisi Iran melakukan mogok massal untuk memprotes rezim Shah Pahlevi. Pemogokan ini bertujuan untuk menekan Shah dan mempercepat tergulingnya rezim despotik ini. Pada hari ini pula, para tentara Shah menyerang berbagai kantor penerbitan suratkabar dan menahan sejumlah karyawan mereka. Akibatnya, berbagai suratkabar ber-oplah banyak di Iran terpaksa berhenti terbit.

Demonstrasi Menentang Pemerintahan Militer Azhari

Tanggal 6 November 1978, rakyat Iran di berbagai penjuru negara ini, mengadakan demonstrasi menentang pemerintahan militer Azhari, yang baru saja berdiri atas dukungan Rezim Shah Pahlevi dan Amerika. Rakyat Iran saat itu mengeluarkan resolusi bahwa perubahan pemerintahan yang hanya bersifat kamuflase tidak akan bisa menghentikan Revolusi Islam. Tiga hari sebelumnya, para pelajar dan mahasiswa Iran juga mengadakan demonstrasi besar-besaran, yang dihadapi Rezim Shah dengan senjata. Akibatnya, sejumlah pelajar dan mahasiswa gugur syahid dalam demonstrasi tersebut.

Mehdi Bazargan Mengundurkan Diri

Tanggal 6 November 1979, pemerintahan sementara Mahdi Bazargan di Iran mengundurkan diri dan menyerahkan kekuasaan kepada Imam Khomeini. Pemerintahan sementara ini mulai bertugas sejak akhir tahun 1978, namun karena ketidakmampuan mereka dalam mengikuti gerakan revolusi Islam, pemerintahan ini terpaksa mengundurkan diri. Urusan pemerintahan Iran kemudian dijalankan sementara oleh Dewan Revolusi sampai diadakan pemilu.

7 November
Deklarasi Doktrin Monroe

Tanggal 7 November 1823, dideklarasikan Doktrin Monroe oleh Presiden AS kelima, James Monroe. Dalam doktrin ini dinyatakan bahwa benua Amerika adalah milik bangsa-bangsa Amerika dan tidak ada pemerintahan selain bangsa Amerika yang boleh berkuasa di benua ini, terutama di Amerika Serikat. Sebaliknya, Amerika juga berjanji tidak akan mencampuri urusan Eropa. Deklarasi ini dijalankan dengan tegas oleh AS, sehingga negara-negara Eropa terpaksa menerimanya. Di dalam deklarasi ini juga sangat ditekankan mengenai pembentukan koloni baru bagi AS. Sesungguhnya, dengan dikeluarkannya deklarasi ini AS telah memonopoli penjajahan di Amerika Selatan dan Tengah untuk dirinya sendiri.

Marie Curie Lahir
Tanggal 7 November 1867, Maria Sklodowska yang terkenal dengan nama Marie Curie, dilahirkan di Warsawa, Polandia. Ayahnya adalah seorang guru sekolah menengah dan Marie Curie mendapat pendidikan menengah dari ayahnya sendiri. Pada tahun 1891, Marie Curie melanjutkan pendidikan ke Universitas Sorbonne, Perancis. Tiga tahun kemudian, ia bertemu dan menikah dengan Pierre Currie, seorang profesor fisika Perancis. Kedua suami istri itu kemudian bersama-sama melakukan berbagai penelitian di bidang fisika dan kimia dalam kondisi laboraturium yang sangat menyedihkan dan keuangan yang sulit. Penemuan radioaktif oleh Henry Becquerel pada tahun 1896, telah memberi inspirasi kepada mereka berdua untuk menganalisis pemisahan plonium dan radium. Sepeninggal Pierre Curie, Marie Curie diangkat sebagai profesor di Fakultas Ilmu Sorbonne, dan menjadi wanita pertama yang meraih posisi ini. Marie Curie dianugerahi Nobel dua kali, yaitu di bidang fisika dan kimia. Dia meninggal dunia tahun 1934.

Albert Camus Lahir
Tanggal 7 November 1913, Albert Camus, seorang penulis terkenal Perancis, terlahir ke dunia di Aljazair. Ketika Camus berusia setahun, ayahnya meninggal dan mereka hidup dalam kemiskinan di Aljazair. Kemampuannya yang besar memberinya kesempatan menuntut ilmu hingga ke Universitas Aljeria. Setelah meraih gelar di bidang filsafat, ia pindah ke Perancis. Di sana ia aktif di bidang jurnalistik dan politik. Setelah pecah Perang Dunia II, ia mengkonsentrasikan diri di bidang penulisan dan berhasil melahirkan karya tulis yang membuatnya terkenal, di antaranya berjudul "The Stranger", "The Plague", dan "The Rebel". Pada tahun 1957, Albert Camus menerima hadiah Nobel di bidang sastra. Tiga tahun kemudian, yaitu tahun 1960, dia tewas akibat kecelakaan mobil.

Perang Terusen Suez Berakhir
Tanggal 7 November 1956, perang Terusan Suez di Mesir berakhir atas campur tangan PBB. Perang ini dimulai dengan agresi Israel ke semenanjung Sinai dan serangan pasukan penerjun payung Inggris dan Perancis ke daerah sekitar Terusan Suez. Alasan agresi ketiga negara itu terhadap Mesir adalah karena tindakan Presiden Mesir saat itu, Gamal Abdul Naser, yang menasionalisasi Terusan Suez.

8 November
John Milton Meninggal Dunia

Tanggal 8 November 1674, John Milton, salah satu penyair Inggris terbesar, meninggal dunia. Dia dilahirkan pada tahun 1906 di kota London. Pada tahun 1951, matanya menjadi buta, namun sepertinya, kebutaannya itu malah meningkatkan kekayaan bahasa yang dimilikinya. Karya Milton yang paling terkenal berjudul "Paradise Lost" yang diciptakannya pada tahun 1667. Kekuatan bahasa dan kefasihannya memberi pengaruh mendalam gaya syair abad ke-18. Selain menulis puisi, Milton juga menerbitkan pamflet-pamflet yang memperjuangkan hak sipil dan hak beragama.
Conrad Rontgen Menemukan Sinar X
Tanggal 8 November 1895, sinar X ditemukan oleh Conrad Rontgen, seorang ahli fisika terkenal Jerman. Pada tahun 1901, atas penemuannya itu, Rontgen dianugerahi hadiah Nobel. Rontgen menamai sinar yang ditemukannya dengan nama "X" karena ia tidak mengenali sinar tersebut. Sinar ini mampu menembus jaringan badan manusia sehingga menjadi alat terbaik untuk memfoto dan melihat bagian dalam tubuh yang rusak atau patah.

Margaret Mitchell Lahir
Tanggal 8 November 1900, Margaret Mitchell, seorang penulis Amerika terkenal, terlahir ke dunia di kota Atlanta, Georgia. Selama beberapa waktu, Mitchell menuntut ilmu di fakultas kedokteran, namun setelah kematian ibunya, ia sangat terpukul dan berhenti kuliah. Sejak usia 22 tahun, Mitchell memulai karir di bidang penulisan dan selama beberapa waktu bekerja sebagai wartawan. Nama Margaret Mitchell menjadi terkenal ke seluruh dunia atas novel legendarisnya yang berjudul "Gone With The Wind". Novel ini, hingga kini terus dicetak ulang dan telah diterjemahkan dalam hampir seluruh bahasa di dunia.

9 November
Penandatanganan Perjanjian Seville

Tanggal 9 November 1729, ditandatangani perjanjian Seville di kota Seville, Spanyol. Berdasarkan perjanjian ini, dua negara Perancis dan Spanyol yang memiliki perselisihan di bidang politik dan batas wilayah, akan menyingkirkan segala perselisihan mereka dan menghentikan segala klaim atas batas wilayah dan daerah jajahan mereka. Berdasarkan perjanjian ini, Perancis berjanji bahwa sejak saat itu, dalam semua perang yang melibatkan Spanyol, Perancis akan berpihak kepada Spanyol.
Ivan Turgenev Lahir
Tanggal 9 November 1818, Ivan Turgenev, seorang penulis novel terkenal asal Rusia, terlahir ke dunia. Dia menuntut ilmu di bidang bahasa sambil melakukan aktivitasnya di bidang sastra. Karya pertama Turgenev berjudul "Old Pine". Di sebagian besar karya-karyanya, Turgenev menunjukkan pembelaan terhadap kebebasan dan hak-hak warga pedesaan. Oleh karena itulah, dia mendapat tekanan dari para Tzar Rusia. Turgenev kemudian hijrah ke Perancis. Karya lain dari Turgenev adalah "A Hunter Sketches" dan "Fathers and Sons".

Muhamad Iqbal Lahore Lahir
Tanggal 9 November 1873, Allamah Muhammad Iqbal Lahore, penulis, pemikir, dan penyair Pakistan, terlahir ke dunia. Sejak masa remajanya, Iqbal telah menciptakan syair dan karya syair pertamanya berjudul "Rintihan Anak Yatim". Setelah menyelesaikan pendidikannya di Pakistan, Iqbal pergi ke Jerman dan Inggris selama empat tahun untuk belajar filsafat. Setelah kembali ke negaranya, Iqbal berjuang menggugah bangsanya untuk bersatu dan berupaya keras untuk mempersatukan pemikiran kaum muslimin melalui syair-syairnya, khususnya dalam bahasa Persia. Iqbal adalah seorang pejuang reformasi agama di India dan aktif memperjuangkan kemerdekaan Pakistan dari India. Iqbal banyak meninggalkan karya-karya dalam bahasa Persia dan Urdu.

Kaisar Terakhir Jerman Mengundurkan Diri
Tanggal 9 November 1918, menyusul kekalahan beruntun yang dialami Jermand dan Sekutu pada Perang Dunia Pertama dan meningkatnya penentangan di dalam negeri yang berakhir dengan diproklamasikannya Republik Jerman, William Dua, Kaisar terakhir dalam Imperium Jerman, mengundurkan diri. Dua hari kemudian, dia mengungsi ke Belanda dan dengan demikian, berakhirlah periode kekaisaran di Jerman. Presiden pertama Republik Jerman bernama Friedrich Ebert.

Tembok Berlin Diruntuhkan
Tanggal 9 November 1989, Tembok Berlin, setelah 28 tahun membagi kota ini menjadi Berlin Barat dan Berlin Timur, diruntuhkan. Setelah Perang Dunia Kedua, bagian timur Jerman dikuasai oleh Soviet dan bagian baratnya dikuasai oleh Amerika, Inggris, dan Perancis. Pada tahun 1961, meningkatnya ketidaktentraman dan pelarian penduduk Jerman Timur ke Jerman Barat, membuat pemerintah Jerman Timur dan Jerman Barat khawatir. Mereka kemudian membangun Tembok Berlin dan secara bertahap, tembok ini menjadi simbol pemisahan Jerman. Namun, runtuhnya Uni Soviet yang juga mempengaruhi perkembangan di Jerman Timur, membuat rakyat kedua belah kota Berlin bersatu untuk menghancurkan tembok itu pada tahun 1989. Jerman kini menjadi sebuah negara yang bersatu.

10 November
Kudeta Bromer di Perancis

Tanggal 10 November 1799, kudeta Broumer yang terkenal terjadi di Prancis. Broumer adalah nama bulan dalam penanggalan revolusi Prancis atau sama dengan bulan Nopember pada penanggalan Masehi. Ketika Napoleon sedang berada di wilayah utara Afrika, ia secara diam-diam dipanggil oleh salah seorang anggota pemerintahan Direktorat ke Prancis. Dengan mengandalkan kekuatan militer yang dimilikinya, Napoleon mengumumkan pembubaran parlemen dan Konvensi Nasional. Kemudian dia mengangkat dirinya menjadi Konsul Pertama dalam pemerintahan Konsulat dan memegang kekuasaan penuh Prancis. Tahun 1802, Napoleon dinobatkan menjadi Konsul Pertama seumur hidup. Namun dua tahun kemudian Napoleon mengangkat dirinya sebagai Kaisar Prancis.
Maroko Dijajah Perancis dan Spanyol
Tanggal 10 November 1912, Maroko resmi dijajah oleh Prancis dan Spanyol. Sebelumnya Maroko menjadi jajahan Rusia, Ottoman dan Italia. Menyusul terjadinya pergolakan dan persaingan antar kekuatan imperialis di awal abad ke-20, negeri ini dinyatakan berada dibawah kekuasaan Prancis dan Spanyol melalui sebuah perjanjian. Sejak saat itulah, rakyat Maroko bangkit mengadakan perlawanan bersenjata. Setelah melalui perjuangan panjang dan berdarah, akhirnya rakyat Maroko berhasil memperoleh kemerdekaan negeri mereka tahun 1956.

Perlawanan Rakyat Surabaya Melawan Sekutu
Tanggal 10 November 1945 kota Surabaya, ibukota propinsi Jawa Timur Indonesia, dengan dalih: kematian Brigjen Mallaby, rakyat dan pemuda menghalangi perlucutan tentara Jepang oleh Sekutu, rakyat dan pemuda tidak mau menyerahkan tawanan Jepang dan senjatanya kepada Sekutu, pada tanggal 10 Nopember 1945 kota Surabaya dibombardir oleh kapal-kapal Sekutu dari laut dan pesawat-pesawat tempur mereka dari udara. Ribuan rumah di kota Surabaya hancur dan ribuan mayat bergelimpangan di mana-mana, berhari-hari Sekutu melakukan serangan tersebut dengan kejam tanpa pertimbangan perikemanusiaan sama sekali. Tujuan mereka supaya rakyat dan pemuda minta ampun dan menyerah kepada Sekutu. Tetapi rakyat dan pemuda Surabaya di bawah pimpinan Soemarsono (PRI) dan satuan-satuan bersenjata lainnya yang pantang menyerah dan pantang minta ampun, makin menguatkan tekad dan semangat untuk meneruskan perlawanan bersenjata terhadap siapa saja yang akan memaksakan kembalinya penjajahan di Indonesia. Atas dasar ideologi dan semangat rakyat dan pemuda Surabaya yang pantang menyerah itulah maka tanggal 10 Nopember dijadikan "Hari Pahlawan" di Indonesia.

Doktor Husein Fatimi Dihukum Mati
Tanggal 10 Nvember 1954, Doktor Sayyid Husein Fatimi, Menteri Luar Negeri Iran pada kabinet Doktor Mosaddeq dijatuhi hukuman mati oleh pengadilan militer rezim Syah. Doktor Fatimi setelah terjadinya kudeta yang dilakukan AS terhadap pemerintahan kebinet Mosaddeq tahun 1953, hidup secara sembunyi-sembunyi. Akhirnya ia ditangkap oleh agen-agen Syah dijatuhi hukuman mati.

11 November
Dimulainya Pelayaran Vasco Da Gama

Tanggal 11 November 1498, ekspedisi laut Vasco Da Gama, seorang pelaut besar Portugis dimulai. Tujuan ekspedisi ini adalah mengelilingi benua Afrika untuk menemukan jalan menuju India. Setelah melakukan pelayaran yang lama mengelilingi Afrika, akhirnya ekspedisi ini mencapai hasilnya dengan menemukan negeri India. Keberhasilan Vasco da Gama ini memainkan peran penting dalam dimulainya penjajahan bangsa-bangsa Eropa di Asia.
Nichepore Niepce Lahir
Tanggal 11 November 1765, Nicephore Niepce, seorang kimiawan Perancis penemu teknik fotografi, terlahir ke dunia. Dia adalah orang pertama yang menemukan bahwa citra yang dibentuk di bawah cahaya matahari dapat dipertahankan dengan cara melapisi sebuah plat logam dengan bitumen, sebelum menempatkannya di dalam kamera obscura untuk memperpanjang usianya. Pada tahun 1829, Niepce melakukan kerjasama dengan Daguerre dan berhasil mendesain kamera foto pertama.

Ali Isfandiar Lahir
Tanggal 11 November 1897, Ali Isfandiar, yang kerap dipanggil "Nima Yushij", seorang penyair kontemporer Iran, terlahir ke dunia di desa Yush, Mazandaran, di utara Iran. Setelah melalui masa kanak-kanaknya, ia pergi ke Teheran untuk menuntut ilmu di bidang bahasa Perancis dan bahasa Arab. Atas dorongan salah seorang gurunya, Nima Yushij mulai menulis syair. Syair-syairnya memiliki kekhasan tersendiri yang menggunakan persesuaian nada. Karya terpenting Nima Yushij berjudul "Afsaneh'. Penyair Iran ini meninggal dunia tahun 1959.

Berakhirnya Perang Dunia Pertama
Tanggal 11 November 1918, Perang Dunia Pertama diakhiri dengan penandatanganan perjanjian penghentian perang. Perang yang berlangsung sejak tahun 1914 hingga 1918 itu, terjadi antara negara-negara Sekutu yang terdiri dari Rusia, Inggris, Perancis, dan Italia melawan negara-negara Axis, yakni Jerman, Bulgaria, Ottoman, dan Imperium Austria-Hongaria. Selama perang ini, lebih dari 15 juta orang terbunuh dan 20 juta lainnya luka-luka. Selain itu, kerusakan yang dialami negara-negara yang terlibat perang, mencapai 150 milyar dolar. Setahun kemudian, negara-negara Sekutu menandatangani perjanjian Versailles yang memberikan hukuman politik, ekonomi, dan militer yang keras terhadap Jerman.

Virus Folio Ditemukan
Tanggal 11 November 1953, virus polio yang merupakan penyebab penyakit yang sangat berbahaya, yaitu penyakit polio, berhasil ditemukan. Virus yang lebih banyak menyerang anak-anak ini ditemukan oleh Dokter Salk. Beberapa lama kemudian, Dr. Salk berhasil menciptakan vaksin untuk melawan virus ini. Kini, di sebagian negara, penyakit polio sudah berhasil dilenyapkan dan di sebagian negara lainnya, menunjukkan penurunan.

Angola Merdeka
Tanggal 11 November 1975, Angola meraih kemerdekaannya dari Portugis dan hari ini dijadikan sebagai Hari Nasional Angola. Pada tahun 1483, Portugis menginjakkan kakinya ke Angola yang pada saat itu merupakan bagian dari Kerajaan Kongo. Selama abad ke-16, Portugis membangun pusat-pusat perdagangan budak di sepanjang pantai Angola dan memulai imperialismenya di kawasan ini. Pada tahun-tahun pasca Perang Dunia Kedua, negara-negara Afrika mulai berjuang melepaskan diri dari penjajahan, termasuk Angola. Setelah melalui berbagai peperangan, Angola berhasil meraih kemerdekaannya pada tahun 1975.
Angola memiliki luas wilayah 1.246.700 kilometer persegi dan terletak di bagian tenggara benua Afrika, serta berbatasan dengan Kongo, Zambia, dan Namibia.

Bom Mati Syahid di Markas Serdadu Israel
Tanggal 11 November 1982, markas komando pasukan Israel di kota Shur di selatan Libanon, hancur akibat aksi bom mati syahid yang dilakukan seorang pejuang muslim Libanon, Ahmad Qashir. Dalam aksi bom mati syahid ini, 89 tentara Zionis tewas dan 86 lainnya luka-luka. Sebelumnya, tentara Israel menyerang Libanon pada bulan Juni tahun itu dan bergerak maju hingga ke Beirut, ibukota Libanon. Aksi militer Israel itu menyebabkan ribuan warga sipil Libanon tewas atau luka-luka. Pada bulan September tahun ini pula, terjadi pembantaian massal terhadap warga Palestina di kamp pengungsian Shabra Shatila, Libanon.


Yasser Arafat Meninggal Dunia
Tanggal 11 November tahun 2004, Yasser Arafat, Pemimpin Otorita Palestina dan Ketua Organisasi Pembebasan Palestina (PLO) meninggal dunia. Yasser Arafat dilahirkan pada tahun 1929, sejak usia remaja ia mulai aktif melawan pendudukan Rezim Zionis Israel. Pada tahun 1946, ia hijrah ke Mesir untuk melanjutkan studinya di Cairo Unversity, dan dalam jangka waktu lima tahun, ia telah menamatkan kuliahnya di jurusan arsitektur. Pada tahun 1965, Arafat kembali ke Palestina, kemucian ia mendirikan gerakan Fatah untuk melawan Rezim Zionis Israel. Empat tahun kemudian, ia duduk sebagai ketua Organisasi Pembebasan Palestina (PLO) hingga akhir hayatnya. Organisasi ini merupakan afiliasi dari beberapa organisasi lain yang ada di Palestina.
Selama dekade 1970-an, Arafat aktif memimpin gerakan melawan Tel Aviv. Akan tetapi pada tahun 1982, setelah Rezim Zionis Israel menggempur Lebanon, Arafat mengeluarkan perintah kepada pasukannya untuk menarik diri ke wilayah Tunisia. Aksi ini praktis menandai berakhirnya perlawanan bersenjata PLO terhadap Rezim Zionis Israel. Pada tahun 1988, Arafat secara resmi mengakui keberadaan Rezim Zionis Israel, dan tiga tahun kemudian, ia memulai perundingan damai dengan Tel Aviv. Dan pada tahun 1993, Organisasi Pembebasan Palestina (PLO) dan Rezim Zionis Israel menandatangani kesepakatan damai Oslo. Karena Rezim ini tidak komitmen dengan kesepakatan-kesepakatan yang mereka buat, akhirnya pada tahun 2000, rakyat Palestina mendeklarasikan dimulainya intifadah masjid Al-Aqsa. Sejak tahun 2002, Rezim Zionis Israel memberlakukan tahanan kota kepada Arafat, dan ia dilarang keluar dari kota Ramallah Tepi Barat Sungai Jordan. Akan tetapi, karena menderita sakit parah, akhirnya ia dilarikan ke Paris untuk menjalani perawatan. Setelah dua pekan dirawat, pada tahun 2002, Arafat meninggal dunia di rumah sakit dalam usia 75 tahun.

12 November
Pematung August Rodin Lahir

Tanggal 12 November 1840, August Rodin, seorang pematung terkenal abad ke-19, terlahir ke dunia di Paris. August Rodin dianggap sebagai salah satu pematung terbesar dan paling produktif abad ke-19 dan 20. Karya-karyanya sangat inovatif dan non-konvensional, sehingga awalnya ditolak oleh para kritikus senirupa Perancis. Bertentangan dengan tradisi senirupa pada masa itu, Rodin meyakini bahwa patung haruslah merefleksikan subjek secara realistis, bukan dalam bentuk ideal. Namun akhirnya, kejeniusan Rodin dikenali oleh para kritikus dan pemerintah Perancis membeli patung "The Age of Bronze" sebagai karya pertama Rodin yang dimiliki oleh negara. Rodin meninggal dunia tahun 1917.
Bulgaria Merdeka
Tanggal 12 November 1908, Bulgaria meraih kemerdekaannya. Negara ini dijajah oleh imperium Ottoman sejak tahun 1393. Lima abad kemudian, pada tahun 1878, menyusul kekalahan Ottoman dari Rusia, Bulgaria Utara dinyatakan sebagai wilayah kerajaan yang dikuasai oleh bangsa Bulgaria, meskipun tetap di bawah pengawasan Ottoman. Sementara itu, Bulgaria Selatan tetap dikuasai oleh Ottoman. Pada tahun 1885, Pangeran Alexander merebut kembali wilayah Bulgaria selatan dan pada tahun 1908, Bulgaria menyatakan kemerdekaannya dari Ottoman. Pada Perang Dunia Pertama dan Kedua, Bulgaria selalu bergabung dalam negara-negara axis bersama Jerman. Akibat kekalahan dalam Perang Dunia Kedua, Bulgaria dikuasai oleh Soviet dan terbentuklah pemerintahan sosialis di negara itu. Seiring dengan keruntuhan Uni Soviet di akhir dekade 1980-an, pemerintahan komunis di Bulgaria pun dihapuskan.

Pembunuhan Massal Warga Rafah
Tanggal 12 November 1956, tentara Israel melakukan pembunuhan massal di kamp pengungsian besar Palestina di kota Rafah, Jalur Gaza, Mesir. Kejahatan Zionis ini dilakukan hanya beberapa hari setelah diumumkan gencatan senjata dalam perang antara rezim ini, Inggris, dan Perancis, melawan Mesir. Dalam pembunuhan massal terhadap penghuni kamp pengungsian tersebut, tercatat 110 laki-laki, perempuan, dan anak-anak tewas dan sekitar 1000 orang lainnya luka-luka.

Said Nafisi Meninggal Dunia
Tanggal 12 November 1965, Said Nafisi, sastrawan, penulis, dan peneliti besar Iran, meninggal dunia pada usia 71 tahun. Setelah menyelesaikan pendidikan menengahnya di Iran, dia pergi ke Perancis dan menyelesaikan pendidikan tinggi di bidang hukum dan ilmu politik. Sekembalinya ke Iran, Said Nafisi mengajar di beberapa universitas. Selain itu, dia menjadi anggota tetap organisasi kebudayaan Iran. Nafisi meninggalkan karya lebih dari 180 judul tulisan dan terjemahan, di antaranya koreksi atas teks "Sejarah Baihaqi" dan "Ghazaliyat Athar" dan terjemahan atas buku "Sejarah Politik Sosial Kontemporer Iran". Karyanya yang terpenting lainnya adalah "Kamus Besar Bahasa Perancis-Parsi."

13 November
Antoinne De Lavoisier Lahir

Tanggal 13 November 1743, Antoinne Lauren De Lavoisier, seorang kimiawan terkenal Perancis, terlahir ke dunia di kota Paris. Lavoisier adalah penemu prinsip perubahan kimia dan melakukan inovasi dalam perkembangan ilmu kimia. Di antara penemuan Lavoisier adalah unsur-unsur penyusun air, yaitu oksigen dan hydrogen, cara pemisahan senyawa tersebut, dan peran oksigen dalam proses oksidasi.
Namun, ahli kimia jenius ini pada tahun 1794 dituduh menentang revolusi Perancis dan dijatuhi hukuman mati.

James Clerk Maxwell Lahir
Tanggal 13 November 1831, James Clerk Maxwell, fisikawan dan matematikawan Skotlandia, terlahir ke dunia. Pada masa pendidikan menengahnya, Maxwell sudah mampu menemukan metode untuk menggambar garis kurva yang membentuk elips sempurna dan metode ini dia serahkan kepada Dewan Kerajaan Skotlandia.
Maxwell pada akhir masa pendidikannya di bidang matematika Universitas Cambrige dan Edinburgh melakukan penelitian di bidang astronomi dan gerakan molekul-molekul gas dari sudut matematika. Karya terpenting Maxwell adalah buku "Gerakan elektrisitas dan magnetisme" yang didalamnya Maxwell membuktikan bahwa eletrisitas dan magnetisme tidak terpisah satu sama lain. Maxwell meninggal dunia tahun 1879.

Parlemen Ketiga Iran Dibubarkan
Tanggal 13 November 1915, parlemen periode tiga di Iran dibubarkan atas perintah Ahmad Shah, raja terakhir dari Dinasti Qajar. Tindakan illegal Ahmad Shah ini dilakukan setelah pertemuannya dengan menteri-menteri Rusia dan Inggris. Pada masa itu, pemerintahan Inggris dan Rusia berusaha untuk menarik Iran agar terlibat dalam Perang Dunia Pertama melawan Jerman. Oleh karena itu pula, kedua negara mendatangkan pasukannya ke Iran. Pasukan Rusia masuk ke Iran dari arah utara dan pasukan Inggris dari arah selatan. Perlemen Iran menentang kedatangan pasukan asing ini dan mendirikan komite pertahanan nasional. Namun, komite ini tidak mampu berbuat banyak karena lemahnya posisi Shah Iran di hadapan negara-negara asing. Akhirnya, pada tahun 1917, seiring dengan revolusi di Rusia, pasukan negara ini ditarik keluar dari Iran. Namun, Inggris masih tetap bercokol di Iran untuk melebarkan sayap imperialismenya di negara ini.

Topan Besar di Bangladesh
Tanggal 13 November 1970, terjadi topan besar dan angin puting-beliung di Bangladesh. Bencana ini terjadi pada masa puncak perjuangan rakyat negara ini untuk memerdekakan diri dari Pakistan. Akibat topan ini, 200 ribu orang tewas dan 800 ribu lainnya luka-luka. Akibatnya, ratusan ribu orang kehilangan tempat tinggal dan menimbulkan kerusakan besar pada tanah pertanian, pabrik-pabrik, dan fasilitas ekonomi lainnya. Bangladesh adalah negara yang hampir tiap tahun dilanda topan dan banjir yang banyak menimbulkan korban jiwa dan materil.

Mehrdad Bahar Wafat
Tanggal 13 November 1994, Doktor Mehrdad Bahar, seorang ahli bahasa-bahasa kuno Persia, meninggal dunia. Dia adalah putra dari Malik Syuara Bahar, seorang penyair terkenal Iran dan karena itulah, sejak masa kanak-kanaknya, Mehrdad Bahar telah mengenal dunia sastra dan bahasa. Pendidikan tinggi Doktor Mehrdad Bahar ditempuhnya di London dan sekembalinya ke Iran, ia mendirikan pusat kebudayaan sastra dan seni, serta aktif mengajar di universitas. Dia pun banyak melakukan penelitian terhadap bahasa-bahasa kuno dan pertengahan Iran. Di antara karya-karyanya, adalah buku berjudul "Legenda-Legenda Iran" dan "Pembahasan Mengenai Shahnameh".

14 November
Ekuador Ditemukan

Tanggal 14 November 1533, Ekuador ditemukan oleh para petualang Spanyol dan dijadikan sebagai jajahan Spanyol. Setelah tiga abad dijajah oleh Spanyol, akhirnya pada tahun 1822, perjuangan kemerdekaan rakyat Ekuador di bawah pimpinan Simon Bolivier, mencapai hasilnya dan Ekuador bergabung ke dalam Federasi Kolombia Raya. Namun, federasi ini tidak berdiri lama dan pada tahun 1830 dibubarkan dan masing-masing anggotanya mendirikan negara independen, termasuk Ekuador. Ekuador memiliki luas wilayah 283.561 kilometer persegi dan berbatasan dengan Kolombia dan Peru.
Wilhelm Leibniz Meninggal Dunia
Tanggal 14 November 1716, Wilhelm Leibniz, matematikawan dan filsuf Jerman, meninggal dunia pada usia 70 tahun. Dia dilahirkan pada tahun 1646 dan sejak usia 15 tahun dia telah serius melakukan penelaahan dan penelitian di bidang matematika dan filsafat, sampai akhirnya berhasil meraih gelar doktor. Leipniz pada tahun 1676 menemukan prinsip penghitungan differensial dan kalkulus integral sehingga menempatkan namanya di antara matematikawan besar dunia.

Kelahiran Jawaharlal Nehru
Tanggal 14 November 1889, Jawaharlal Nehru, salah satu pemimpin besar perjuangan rakyat India dalam melawan penjajahan Inggris, terlahir ke dunia di kota Allahabad, India utara. Nehru adalah lulusan pendidikan tinggi di bidang hukum dan dengan menjadi anggota gerakan Kebangitan Nasional India, dia memulai perjuangannya melawan penjajahan Inggris. Akibat aktivitasnya itu, Nehru berkali-kali dipenjarakan. Selama di penjara, Nehru melahirkan karya berjudul "Hidupku", "Meninjau Sejarah Dunia", dan "Penemuan India". Setelah bergabungnya Mahatma Gandhi dalam Kebangitan Nasional India, gerakan perjuangan rakyat India semakin kuat dengan dipimpin oleh kedua pemimpin besar itu. Akhirnya, pada bulan Agustus 1947, India meraih kemerdekaannya. Setelah India merdeka, selama 16 tahun Nehru menjabat sebagai Perdana Menteri India. Nehru meninggal pada tahun 1960.

Aset Keuangan Iran Dibekukan AS
Tanggal 14 November 1979, pemerintah AS membekukan aset-aset keuangan Iran di bank-bank seluruh dunia. Tindakan illegal AS ini dilakukan beberapa hari setelah aksi pendudukan atas Kedubes AS di Teheran yang dilakukan oleh mahasiswa revolusioner Iran karena kedubes tersebut telah berubah menjadi sarang kegiatan mata-mata, Akibat tindakan ini, tekanan ekonomi terhadap Iran semakin berat, namun Iran berhasil melalui masa embargo ekonomi itu dan tetap tegak berdiri sebagai Negara Islam.

Dewan Ahli Iran Merampungkan Draft Konstitusi Negara Islam
Tanggal 14 November 1979, Dewan Ahli yang baru terbentuk di Iran berhasil merampungkan penyusunan konstitusi baru negara Islam ini. Kemudian, rancangan konstitusi baru itu diajukan dalam referendum. Hasilnya, mayoritas mutlak rakyat Iran menyatakan persetujuannya dengan konstitusi baru yang berasaskan hukum Islam itu. Hasil referendum tersebut membuktikan bahwa rakyat Iran dengan tanpa paksaan siap untuk menjalani kehidupan bernegara dengan berlandaskan nilai-nilai Islam.

Allamah Thabathabai Wafat
Tanggal 14 November 1981, Allamah Sayid Muhamad Husein Thabathabai, seorang filsuf, mufasir, dan ulama besar Iran meninggal dunia pada usianya 80 tahun. Beliau dilahirkan di kota Tabriz, sebuah kawasan di barat laut Iran, dari sebuah keluarga religius dan pecinta ilmu.
Allamah Thabathabai dikenal sebagai ulama yang memberikan warna kesegaran dalam dunia pengajaran keagamaan di hauzah ilmiah Iran. Dalam mengajarkan filsafat, tafsir, dan ‘irfan di hauzah, Allamah memperkenalkan cara-cara baru. Hal yang sama ia lakukan dalam bidang penulisan. Kitab Tafsir "Al-Mizan", sebuah karya agung di bidang tafsir kontemporer, adalah salah satu karya tulisannya. Dalam kitab tafsir itu, untuk pertama kalinya dunia tafsir dikenalkan dengan metodologi tafsir baru yaitu penafsiran ayat dengan ayat.

15 November
Johannes Keppler Meninggal Dunia

Tanggal 15 November 1630, Johannes Kepler, seorang astronom ternama Jerman, meninggal dunia pada usia 59 tahun. Kepler dilahirkan pada tahun 1571. Setelah menyelesaikan masa belajarnya, ia pergi ke Austria dan mengajar di negara itu. Di Austria, ia berkenalan dengan salah seorang astronom berasal dari Denmark. Sejak saat itulah Kepler mulai berminat untuk mendalami ilmu astronomi. Kepler kemudian berhasil merumuskan sebuah hukum peredaran planet-planet yang mengitari matahari. Dunia astronomi kemudian menamakan rumus yang dikemukakan Kepler itu dengan nama "Hukum Kepler". Ia juga menulis sebuah buku berjudul "Astronomi Baru".

Konferensi Berlin Dimulai
Tanggal 15 November 1884, dimulailah Konferensi Berlin di Jerman yang membahas pembagian koloni negara-negara Eropa di kawasan Afrika. Konferensi yang berlangsung hingga bulan Februari tahun berikutnya itu, dihadiri oleh Perancis, Inggris, Rusia, Belgia, Portugis, Austria, dan Jerman. Tujuan utama penyelenggaraan konferensi itu adalah untuk menyelesaikan persengketaan di antara negara-negara peserta konferensi menyangkut perluasan daerah koloninya di Afrika. Saat itu, benua Afrika dikenal sebagai daerah yang memiliki sumber daya alam yang subur serta tenaga kerja orang-orang kulit hitam yang sangat murah.
Dalam konferensi itu dihasilkan kesepakatan bahwa setiap negara yang hendak memperluas daerah koloninya di Afrika diharuskan untuk memberitahu negara-negara lainnya. Namun kesepakatan konferensi ini tidak berhasil mengakhiri persaingan Negara-negara imperialis Eropa.

Sattar Khan Meninggal
Tanggal 15 November 1913, Sattar Khan, yang terkenal dengan julukan "Panglima Nasional", salah seorang pejuang era Revolusi Konstitusional Iran, meninggal dunia. Pada masa mudanya, karena bentrokan dengan pasukan rezim despotik Qajar, dia meninggalkan tanah kelahirannya, Tabriz, Iran utara. Namun ketika Revolusi Konstitusional bergolak, ia kembali ke Tabriz dan memimpin perjuangan di kota itu. Setelah dikuasainya kota Teheran oleh pejuang konstitusional dan mundurnya Shah Muhammad Ali, Sattar Khan diundang rakyat untuk datang ke Teheran. Namun, para pejabat rezim Qajar menentang kehadiran Sattar Khan di kota itu dan terjadilah bentrokan sengit antara pasukan pemerintah dan pejuang konstitusional. Dalam bentrokan ini, banyak pejuang konstitusional yang tewas dan Sattar Khan sendiri terluka parah. Akibat lukanya itu, Sattar Khan meninggal.

Kota Susangerd Bebas dari Pendudukan Irak
Tanggal 15 November 1980, kota perbatasan "Susangerd" di barat daya Iran, menjadi saksi perjuangan pasukan Iran melawan pasukan agresor Irak. Operasi pertahanan militer Iran itu dilakukan hanya oleh 200 orang pasukan garda revolusi, para relawan, dan beberapa warga kota itu dengan berbekal senjata ringan. Dalam operasi ini, pasukan Iran dengan dipimpin oleh Doktor Mustafa Chamran, berhasil membebaskan kota Susangerd dari kepungan tentara Irak. Pasukan Iran melewati perjuangan pertahanan ini dengan amat berat, karena harus kehilangan banyak pasukan dan selama tiga hari berturut-turut tidak mendapat air dan makanan.

Muhammad Taqi Mudarres Rizvi Wafat
Tanggal 15 November 1986, Muhammad Taqi Mudarres Rizvi, seorang penulis dan peneliti terkemuka Iran, meninggal dunia pada usia 95 tahun. Dia dilahirkan di kota Mashad Iran dan kemudian menuntut ilmu di kota Teheran. Seusai menamatkan pendidikannya, Muhammad Rizvi mencurahkan perhatiannya di bidang penelitian dan mendidik para peneliti muda. Dia juga terlibat dalam penyusunan kamus besar "Dehkhuda". Karya-karya Rizvi antara lain mengoreksi teks dan menulis catatan kaki dari karya-karya sastra kuno. Selain itu, dia juga menulis banyak buku, antara lain berjudul "Sejarah Bukhara", "Biografi Nashiruddin Thusi" dan "Diwan Anwari".

16 November
The Great Adolph Tewas

Tanggal 16 November 1632, Gustav Kedua, Raja Swedia yang terkenal dengan nama The Great Adolph tewas terbunuh. Dia dilahirkan pada tahun 1594 dan pada usia 17 tahun telah diangkat menjadi raja. Gustav Kedua terkenal karena kemenangannya dalam era perang agama yang berlangsung selama 30 tahun di antara kaum Protestan dan Katolik sejak tahun 1618 hingga 1658. Gustav Kedua dengan dukungan Perancis berperang melawan imperium Roma dan sekutu-sekutunya demi membela kaum Protestan Jerman. Dia turun langsung ke medan perang dan menjadi panglima tentara Swedia. Dalam dua perang pertama, Gustav berhasil menang, namun pada perang ketiga, dia tewas akibat terjangan peluru. Meskipun demikian, pasukan Swedia tetap menang dalam pertempuran ini.

Serangan Perancis Ke Vietnam
Tanggal 16 November 1945 Masehi, agresi militer Prancis ke Vietnam mengawali peristiwa perang berdarah dan melelahkan rakyat negara ini demi merebut kemerdekaan. Seiring satu abad penjajahan Prancis atas Vietnam dan juga di tengah berkecamuknya perang dunia kedua, Jepang berhasil mengambil kontrol atas wilayah Vietnam. Namun pasca kekalahan Jepang dan hengkang dari Vietnam, Prancis kembali menjajah negara ini meskipun adanya kesepakatan atas kemerdekaan Vietnam. Dalam agresi kali ini, rakyat Vietnam di bawah kepemimpinan Ho Chi Minh bangkit melawan penjajahan Prancis. Setelah rakyat Vietnam melakukan perlawanan sengit, akhirnya pada tahun 1954 tentara Prancis menuai kekalahan. Peristiwa ini mengakhiri pendudukan Prancis atas wilayah Vietnam.

Hujan Buatan (Rain Making)
Tanggal 16 November 1946 Masehi, seorang ahli meteorologi berkebangsaan Amerika, Dr. Vincent Scahaefer untuk pertama kalinya menciptakan hujan buatan. Dr. Vincent dengan dibantu oleh seorang ahli kimia Amerika, Irving Langmuir berhasil menciptakan hujan buatan. Proses pembuatan hujan ini dilakukan dengan menyebarkan gas karbonik (proses super cooling) di udara. Hujan buatan biasanya digunakan di daerah dengan curah hujan rendah. Meskipun hujan buatan telah ditemukan, akan tetapi belum dapat dipergunakan secara luas di daerah-daerah dengan curah hujan rendah, mengingat biaya produksinya tergolong besar.

17 November
Giuseppe Verdi Gelar Opera Pertamanya

Tanggal 17 November 1839, komposer Italia terkenal, Giuseppe Verdi, melaksanakan opera pertamanya yang berjudul Oberto, Conte Di San Bonifacio di Milan. Giuseppe Verdi dilahirkan di Le Roncole, Italia pada tahun 1813. Sejak kecil, ia telah menunjukkan bakat musiknya dan pada usia 18 tahun, ia dikirim ke Milan untuk belajar di Milan Conservatory. Namun, dia ditolak oleh sekolah tersebut karena usianya telah melewati batas. Verdi kemudian belajar musik dari Vincenzo Lavigna di La Scala, Italia.

Terusan Suez Diresmikan
Tanggal 17 November 1869, Terusan Suez yang menghubungkan laut Mediterania dengan Laut Merah, resmi dibuka. Pembangunan terusan ini dipimpin oleh seorang insinyur Perancis bernama Ferdinand De Lesseps dan memakan waktu 10 tahun. Panjang terusan ini mencapai 168 kilometer dengan lebar antara 120 hingga 200 meter. Beberapa abad sebelumnya, langkah-langkah untuk membuka jalan air di antara kedua laut itu, telah dilakukan oleh Raja Dariush dari Iran dan sebagian raja-raja Mesir. Hal ini menunjukkan posisi penting terusan yang menghubungkan benua Eropa dengan Asia ini.

Konferensi Kairo
Tanggal 17 November 1943, diadakan Konferensi Kairo di Mesir, yang merupakan salah satu konferensi terpenting pada era Perang Dunia Kedua. Konferensi ini diadakan oleh para pemimpin negara-negara Sekutu dan dihadiri oleh Presiden AS dan China, serta Perdana Menteri Inggris. Di antara keputusan yang diperoleh dalam konferensi ini adalah pemberian kemerdekaan kepada Korea.

SCIRI Didirikan untuk Melawan Rezim Saddam
Tanggal 17 November 1982, dibentuklah Dewan Tertinggi Revolusi Islam Irak (SCIRI) yang terdiri dari partai-partai dan kelompok-kelompok Islam yang menentang Rezim Saddam. Tujuan pembentukan Dewan ini adalah untuk menyelamatkan rakyat Irak dari cengkeraman kezaliman rezim Saddam dan mendirikan pemerintahan yang berasaskan suara dari rakyat. Dengan memanfaatkan periode invasi Irak ke Iran, dewan ini berhasil memberikan pukulan telak terhadap rezim Saddam. Pasca perang Irak-Iran, kelompok oposisi terbesar Irak ini terus melakukan aktivitas politik dan militernya. Menyusul invasi AS yang menggulingkan Saddam Husein pada bulan Maret 2003, dewan ini masuk ke Irak dan melakukan aktivitasnya di dalam negeri. Pada bulan Agustus 2003, Ayatullah Baqir Hakim, pemimpin dewan, gugur syahid akibat ledakan bom di depan kompleks Mesjid Imam Ali, di kota Najaf. Namun, majelis ini tetap maju berjuang untuk mengusir pasukan agresor dari negeri mereka dan membentuk pemerintahan Irak yang independen.

18 November
Rakyat Aljazair Mulai Perjuangan Periode Kedua

Tanggal 18 November 1839, dimulailah periode kedua perjuangan rakyat Aljazair melawan penjajahan Perancis dengan dipimpin oleh Abdul Qadir bin Mahyud-Din. Pada tahun 1830, Perancis menyerang Aljazair dengan tujuan untuk menguasai negeri ini. Abdul Qadir dengan 50 ribu pasukannya berjuang hingga tahun 1847, namun akhirnya mengalami kekalahan dan dia ditawan oleh tentara Perancis. Sekitar satu abad kemudian, setelah Perang Dunia Kedua, sekali lagi rakyat Aljazair memulai perjuangannya melawan penjajahan Perancis. Pada tanggal 31 Juli 1962, barulah Aljazair meraih kemerdekaannya.
Louis Daguerre Meninggal
Tanggal 18 November 1851, Louis Daguerre, pelukis, inventor, dan fisikawan Perancis, meninggal dunia. Dia dilahirkan pada tahun 1789 dan sepanjang umurnya, dia berhasil menciptakan berbagai peralatan. Karya Daguerr yang terpenting adalah alat potret atau kamera, yang diciptakannya bersama dengan rekannya Joseph Niepce pada tahun 1829.

Perjanjian Terusan Panama Diteken
Tanggal 18 November 1903, Perjanjian Terusan Panama ditandatangani oleh pemerintah Panama dengan AS. Berdasarkan perjanjian ini, Terusan Panama disewakan untuk selama-lamanya kepada AS dengan imbalan 10 juta dolar tunai dan 250 ribu dolar pertahun. Namun, atas tekanan dari rakyat Panama, AS terpaksa mengubah perjanjian ini. Pada tahun 1978, Presiden AS saat itu, Jimmy Carter dan Presiden Panama, Jenderal Torrijos, menandatangani perjanjian baru yang menyatakan akan mengembalikan Terusan Panama pada akhir tahun 2000.
Terusan Panama yang memiliki panjang 68 kilometer ini, merupakan penghubung antara Samudera Atlantik dengan Lautan Teduh.

Maroko meraih kemerdekaannya
Tanggal 18 November 1956, Maroko meraih kemerdekaannya. Pada abad ke-8, Maroko merupakan sebuah kerajaan yang menjadi bagian dari imperium Islam. Pada abad ke-15, Portugis dan Spanyol menguasai seluruh pelabuhan Maroko hingga abad ke-19. Sejak tahun 1906, dalam Konferensi Algecira, Maroko resmi dijadikan jajahan Perancis. Sejak tahun 1911, rakyat Maroko memulai perjuangan mereka melawan penjajah. Pada tahun 1953, Perancis menangkap raja Maroko, Sultan Midi Muhammad bin Yusuf dan mengucilkannya ke Madagaskar, namun dua tahun kemudian mengelamblikannya ke Maroko. Akhirnya, tahun 1956, Maroko berhasil meraih kemerdekaannya.

Kolonel Abdul Salam Arif Berkuasa di Irak
Tanggal 18 November 1963, Kolonel Abdul Salam Arif, meraih kekuasaannya di Irak melalui sebuah kudeta berdarah. Dia mengebom gedung Kementrian Pertahanan Irak dan membunuh presiden Irak saat itu, Abdul Karim Qasim. Sebelumnya, Abdul Karim Qasim berhasil menjadi presiden juga setelah melakukan kudeta berdarah yang mengakhiri sistem monarkhi di Irak. Setelah Abdul Karim Qasim meraih kekuasaan, ia menyingkirkan anggota-anggota Partai Ba'ats yang sejak bulan Februari tahun itu, menduduki pos-pos sensitif di pemerintahan.Namun, tiga tahun kemudian, Abdul Karim Qasim tewas dalam sebuah kecelakaan udara dan posisinya digantikan oleh saudaranya, Abdur-rahman Arif.

Batu Pahatan Berusia 5000 Tahun Ditemukan di Iran
Tanggal 18 November 1989, di pinggiran kota Hamedan, Iran, ditemukan artefak berupa batu-batuan berusia 5000 tahun. Menyusul penemuan ini, kelompok arkeolog yang melakukan penggalian menemukan banyak batu-batuan pahatan peninggalan masa lampau. Penemuan ini disebut-sebut sebagai penemuan arkeologi terbesar di Iran. Gambar-gambar yang terdapat pada bebatuan tersebut menceritakan kehidupan di jaman dua ribu hingga ribu tahun sebelum masehi. Sebelum kelahiran Isa Al-Masih, kota Hamedan yang dahulu bernama kota Hegmataneh dan Ekbatan pernah menjadi pusat pemerintahan Iran.

19 November
Pemerintahan Directoire Berakhir di Perancis

Tanggal 19 November 1799, pemerintahan directoire di Perancis berakhir setelah berjalan selama empat tahun. Tiga tahun setelah kemenangan Revolusi Perancis, pada tahun 1792, berdirilah Republik Perancis. Republik Pertama Perancis yang berlangsung selama 12 tahun terdiri dari tiga tahap, yaitu convention, directoire, dan consul. Pemerintahan directoire dimulai sejak Oktober 1795.

Kunjungan Pertama Presiden Arab ke Israel
Tanggal 19 November 1977, Anwar Sadat, Presiden Mesir melakukan kunjungan ke Beitul Maqdis. Kunjungan Sadat ini merupakan kunjungan pertama presiden Negara-negara Arab ke Palestina Pendudukan, yang dilakukannya tak lama setelah mendekatnya hubungan Mesir dengan Rezim Zionis dan ditandatanganinya perjanjian antara kedua pihak, yang mereka istilahkan sebagai perjanjian perdamaian. Kunjungan Sadat ini menimbulkan kemarahan dari kaum muslimin Arab dan khususnya bangsa Palestina. Meski demikian, pada tahun 1978, dengan mediator AS, Sadat malah menandatangani perjanjian Camp David dengan Israel. Akibatnya, terjadi gelombang protes besar-besaran dari negara-negara Arab, negara-negara muslim, serta dari rakyat Mesir sendiri. Penandatangan perjanjian ini dianggap sebagai pengkhianatan terhadap bangsa Arab dan rakyat Mesir sendiri. Akhirnya pada tahun 1981, Anwar Sadat dibunuh oleh seorang perwira revolusioner Mesir bernama Khalid Islambuli.

NATO dan Pakta Warsawa Teken Perjanjian di Paris
Tanggal 19 November 1990, pemimpin Negara-negara NATO dan Pakta Warsawa, menandatangani perjanjian di Paris yang mengakhiri perang dingin antara kedua pihak. Mereka juga menyetujui penghentian perang propaganda dan pengurangan senjata di kedua organisasi militer ini. Blok barat yang dipimpin oleh AS dan blok Timur yang dipimpin oleh Uni Soviet terlibat dalam perang dingin setelah adanya niat Uni Soviet untuk memindahkan rudal nuklirnya ke Kuba yang mengancam terjadinya perang nuklir di dunia. Akibatnya, Uni Soviet dan AS terpaksa menandatangani perjanjian untuk mencegah perang nuklir. Namun demikian, perang politik, propaganda, dan mata-mata di antara kedua blok terus berlangsung dan inilah yang disebut sebagai perang dingin. Menyusul runtuhnya Uni Soviet, berakhirlah perang dingin tersebut.

20 November
Kegagalan Revolusi Irak

Tanggal 20 November 1920, revolusi besar rakyat Irak melawan Inggris berakhir dengan kegagalan. Setelah Perang Dunia Pertama dan keruntuhan Imperium Ottoman, pemerintah Perancis dan Inggris membagi-bagi wilayah kekuasaan Ottoman di Timur Tengah. Atas dasar itu, Inggris menguasai Irak. Namun, sejak awal Inggris sudah mendapatkan perlawanan dari rakyat Irak. Pada tahun 1920, rakyat Irak dengan pimpinan para ruhaniwan dan ulama mengadakan sebuah revolusi besar dengan tujuan untuk mengusir Inggris serta mendirikan pemerintahan Islami yang independen. Namun, revolusi ini menemui kegagalan karena dihadapi dengan represi yang sangat keras dan pembunuhan massal terhadap rakyat Irak.

Pertempuran Cina melawan AS di Korea
Tanggal 20 November 1950, untuk pertama kalinya, pasukan AS dan Cina berhadap-hadapan dalam Perang Korea. Perang ini terjadi karena AS mendukung Korea Selatan, sementara Korea Utara didukung oleh Cina dan Rusia. Perang ini menimbulkan korban dan kerugian yang besar di kedua pihak. Akhirnya, dengan mediator PBB, perang ini dihentikan dan sejak saat itu hingga sekarang, Korea terbagi menjadi dua negara dengan dua sistem pemerintahan yang berbeda.

Niels Bohr Meninggal Dunia
Tanggal 20 November 1962, Niels Hendrik Bohr, seorang fisikawan Denmark, meninggal dunia. Dia dilahirkan di Kopenhagen, Denmark pada tanggal 7 Oktober 1885 di sebuah keluarga pencinta ilmu. Ayahnya adalah seorang profesor di bidang fisiologi dan dialah yang membangkitkan minat Niels Boehr untuk menggeluti bidang fisika. Ketika masih berstatus sebagai mahasiswa di bidang fisika, ia sudah memenangkan hadiah dari Akademi Ilmu Kopenhagen atas penelitian yang dilakukannya. Pada tahun 1913, dia berhasil menciptakan teori penyerapan sinar alfa dan melakukan studi terhadap struktur atom dengan dasar penemuan Rutherford terhadap nukleus atom. Selanjutnya, ia berhasil menemukan gambar struktur atom. Penemuannya atas struktur atom ini membuatnya dianugerahi hadiah Nobel di bidang fisika pada tahun 1922.

Pengadilan atas Pejabat Nazi
Tanggal 20 November 1945, dimulailah pengadilan terhadap 24 pejabat tinggi Nazi di Nuremberg, Jerman. Pengadilan Nurenberg ini digelar oleh dewan internasional yang dianggotai oleh AS, Uni Soviet, Perancis, dan Inggris. Pengadilan Ini adalah pengadilan pejahat perang pertama di dunia. Para pejabat tinggi Nazi itu dijatuhi tuduhan kejahatan perang, kejahatan melawan perdamaian, dan kejahatan melawan kemanusiaan. Pengadilan yang berjalan selama 10 bulan dan berlangsung selama 216 kali persidangan ini diketuai oleh Lord Lawrence dari Inggris. Pada tanggal 1 Oktober 1946, 12 arsitek kebijakan Nazi dijatuhi hukuman mati dan tujuh orang lainnya dipenjara mulai dari 10 tahun hingga seumur hidup. Seorang lainnya bunuh diri semasa dipenjara dan seorang lagi dinyatakan mengalami gangguan mental sehingga tidak bisa diadili. Tiga orang lainnya dibebaskan dari hukuman.

21 November
Voltaire Lahir

Tanggal 21 November 1694, Francois-Marie Arouet, yang terkenal dengan nama Voltaire, seorang penulis dan filsuf Perancis terkenal, terlahir ke dunia. Voltaire awalnya menuntut ilmu di bidang hukum lalu bekerja sebagai sekretaris duta besar Perancis di Belanda. Kemudian, dia mengkonsentrasikan diri sepenuhnya di bidang penulisan dan banyak menulis karya yang mengecam pemerintah Perancis. Akibatnya, dia berkali-kali dipenjarakan dan dibuang ke luar negeri. Pada tahun 1717 hingga 1718, Francois-Marie Arouet ditahan di penjara Bastille. Di dalam penjara itulah, ia menulis naskah tragedi pertamanya yang berjudul Edipe dan untuk pertama kalinya menggunakan nama Voltaire. Pada tahun 1726, Voltaire dibuang ke Inggris dan di sana ia tetap menulis karya-karya yang laku keras di kalangan masyarakat. Di antara karya-karya Voltaire adalah buku berjudul "Philosophical Letter" yang berisi perbandingan sistem pemerintahan Perancis dengan sistem di Inggris. Buku ini dilarang beredar di Perancis, namun laku keras di Inggris. Karya lainnya berjudul "Dictionnaire Philosphique" dan "Julius Caesar". Dia meninggal dunia tahun 1778.

Penemuan Balon Terbang
Tanggal 21 November 1783, untuk pertama kalinya dalam sejarah, berhasil diciptakan balon terbang. Balon terbang ini ditumpangi dua orang, di antaranya seorang fisikawan Perancis bernama Pilatre de Rozier. De Rozier sejak masa mudanya telah berangan-angan untuk menciptakan sebuah alat yang bisa membawa manusia terbang ke langit. Pada saat yang hampir bersamaan, dua orang bersaudara bernama Mongolfier juga berhasil menciptakan balon terbang. De Rozier sendiri akhirnya meninggal dunia dalam salah satu uji coba terbangnya.

Komando Berlin oleh Napoleon
Tanggal 21 November 1806, komando terkenal yang disebut sebagai "Komando Berlin" dikeluarkan oleh Napoleon, Kaisar Perancis. Atas dasar komando ini semua negara-negara Eropa yang berada di bawah kekuasaan Perancis dilarang untuk melakukan perdagangan dengan Inggris. Hal ini dilakukan untuk membalas aksi Inggris yang melakukan pengepungan laut terhadap Perancis yang dimulai sejak bulan Mei tahun itu.

Proklamasi Independensi Luxemburg
Tanggal 21 November 1867, berdasarkan hasil Konferensi London, Luxemburg diumumkan sebagai negara yang independen dan tidak berpihak. Dengan demikian, Luxemburg tetap berada dalam persatuan dengan Belanda. Namun, pada tahun 1890, Luxemburg keluar dari persatuannya dengan Belanda dan pada tahun 1948 bergabung ke dalam NATO. Dengan demikian, negara ini sudah keluar dari posisi tidak berpihaknya. Luxemburg juga menjadi anggota Pasar Bersama Eropa dan Persatuan Eropa Barat, serta menjadi markas bagi Dewan Pengadilan Eropa dan Yayasan Bank dan Keuangan Eropa Barat. Luxemburg memiliki luas wilayah 2586 kilometer persegi, terletak di Eropa barat dan berbatasan dengan Jerman, Perancis, dan Belgia.

22 November
Libanon Merdeka

Tanggal 22 November 1943, di tengah berkecamuknya perang dunia kedua, Libanon mengumumkan kemerdekaannya. Sejak tahun 1918, Libanon yang sebelumnya termasuk bagian dari imperium Ottoman, jatuh ke tangan Prancis. Tahun 1923, Prancis mendapatkan dukungan masyarakat internasional dan secara resmi menduduki Libanon. Sejak saat itu sampai tahun 1943, Libanon menjadi ajang perjuangan rakyat yang menentang praktik penjajahan dan diskriminasi yang dijalankan Prancis.
Libanon memiliki luas wilayah 10.400 kilometer persegi dan terletak di wilayah barat Timur Tengah dan Laut Meditteranian serta berbatasan dengan Suriah dan Palestina Pendudukan.

John F. Kennedy Tewas Ditembak
Tanggal 22 November 1963, Presiden AS John F. Kennedy tewas tertembak saat melakukan lawatan ke kota Dallas di negara bagian Texas. Kennedy yang lahir tahun 1917 pernah tiga periode menjadi wakil rakyat di Kongres dan sekali di Senat AS. Beberapa hari setelah peristiwa teror tersebut, Lee Harvey Osward yang disebut-sebut sebagai pembunuh Kennedy tewas di tangan seorang bernama Jack Ruby. Ruby sendiri seperti diklaim polisi AS meninggal di dalam penjara akibat penyakit kanker. Dengan demikian, fakta sebenarnya di balik aksi teror terhadap Presiden AS tersebut hingga masih misterius.

Resolusi DK Nomor 242 Disahkan
Tanggal 22 November 1967, Dewan Keamanan PBB mengesahkan sebuah resolusi nomor 242 mengenai Palestina Pendudukan. Resolusi tersebut menuntut Rezim Zionis Israel untuk segera menarik mundur pasukannya dari seluruh wilayah yang didudukinya dalam perang Arab-Israel Juni 1967, menghentikan segala bentuk operasi militer, mengakui kedaulatan negara-negara di kawasan, menjamin keselamatan kapal-kapal yang melintas di perairan internasional di kawasan seperti teluk Aqaba dan terusan Suez, serta mencari penyelesaian masalah pengungsi Palestina secara adil. Meski demikian, sampai saat ini, Israel yang mendapatkan dukungan total negara-negara Barat, khususnya AS, hanya bersedia mematuhi sebagian isi resolusi Dewan Keamanan nomor 242 yang menguntungkannya.

23 November
Rumania Dikuasai Imperimum Romawi

Tanggal 23 November tahun 101, kawasan Rumania dikuasai oleh Imperium Romawi. Romawi berkuasa di Rumania hingga tahun 1453, ketika Imperium Utsmani menyerang kawasan tersebut dan mendudukinya. Sebagian wilayah Rumania juga dikuasai oleh Austria sampai tahun 1877, yaitu ketika Rumania mengumumkan kemerdekaannya. Rumania terletak di tenggara Eropa dan berbatasan dengan Rusia, Hongaria, Bulgaria, dan Yugoslavia.

Fernando Magellan Tewas
Tanggal 23 November 1521, Fernando Magellan, pelaut Spanyol termasyhur, tewas terbunuh. Pada tahun 1519, dia memulai ekspedisi penemuan wilayah baru dengan lima buah kapal. Ketika sampai di pantai Amerika Selatan, ia menemukan selat yang kemudian diberi nama Selat Magellan. Melalui selat ini, Magellan dan pasukannya mencapai Lautan Teduh, namun di laut ini mereka kelaparan dan tersesat, sampai akhirnya mencapai Philipina. Akibat turut campur dalam urusan internal kaum pribumi Philipina, Magellan dan anak buahnya terlibat dalam pertempuran dengan kaum pribumi. Dalam pertempuran ini, Magellan dan sebagian besar anak buahnya terbunuh. Pelaut yang tersisa hanya 18 orang, dan dengan satu kapal, mereka kembali ke Spanyol.

Hanoi Jatuh ke Tangan Perancis
Tanggal 23 November 1873, Hanoi, ibu kota VIetnam, jatuh ke tangan Perancis. Perancis sejak pertengahan abad ke-19, berusaha untuk memperluas wilayah penjajahannya. Kehidupan rakyat Vietnam yang saat itu diliputi kemiskinan, semakin diperburuk oleh eksploitasi Perancis. Meskipun imperialis Perancis membawa kemajuan di bidang transportasi, komunikasi, dan industri, namun secara keseluruhan Prancis hanya sedikit membawa kemajuan bagi rakyat Vietnam. Pada tahun 1930, seorang tokoh revolusioner didikan Moskow, Ho Chi Minh, mendirikan Partai Komunis Indocina yang mengorganisasi perjuangan kemerdekaan Vietnam secara luas. Pada tahun 1954, pemerintah Perancis bersedia mengadakan perundingan damai di Geneva dan akhirnya Perancis bersedia menarik pasukannya dari Vietnam.

Harian Majlis Diterbitkan
Tanggal 23 November 1906, harian Majlis di Iran untuk pertama kalinya diterbitkan dengan menggunakan mesin cetak jenis timbal. Harian ini, selain menerbitkan kabar-kabar dari dalam dan luar negeri, juga memberikan tanggapan atas semua sidang-sidang yang dilakukan oleh Majelis Permusyawaratan Iran. Redaktur harian ini adalah Adib Almamalik Farahani, seorang penulis terkenal Iran pada masa itu.

Thomas McMahon Dijatuhi Hukuman Mati
Tanggal 23 November 1979, Thomas McMahon, seorang anggota Tentara Republik Irlandia (IRA), dijatuhi hukuman seumur hidup karena merencanakan dan memasang bom yang telah menewaskan Lord Mountbatten dan tiga orang lainnya. Lord Mountbatten dikenal sebagai pahlawan dalam Perang Dunia II dan kerabat dekat Ratu Elizabeth. Pembunuhan Mountbatten tersebut adalah serangan pertama IRA terhadap keluarga kerajaan Inggris. IRA adalah gerakan separatis yang ingin memisahkan bagian utara Irlandia dari kekuasaan Inggris dan menyatukannya dengan kawasan selatan Irlandia yang merupakan negara independen, yaitu Republik Irlandia.

Mehdi Khaledi Meninggal Dunia
Tanggal 23 November 1990, Mahdi Khaledi, musikus termasyhur Iran, meninggal dunia pada usia ke-71 tahun. Dia mempelajari musik dari musisi-musisi terkemuka di kota Teheran. Kemampuannya yang tinggi di bidang musik membuatnya dalam waktu singkat berhasil masuk ke jajaran musisi terkemuka Iran. Dia dikenal sebagai pencipta metode baru dalam teknik memainkan biola yang hingga kini terus digunakan oleh para musisi dewasa ini.

24 November
Baruch Espinoza Lahir

Tanggal 24 November tahun 1632, Baruch Espinoza, seorang filsuf dan sosiolog terkenal dari Belanda, terlahir ke dunia. Karya pertamanya adalah The Treatise on The Correction of The Understanding, yang lebih banyak berbicara tentang metode filsafat. Dia kemudian banyak menggeluti pemikiran filsafat Descartes dan menulis ulang buku Descartes yang berjudul "Principle of Philosophy" dengan menggunakan metode geometri. Karya Espinoza lainnya adalah Theologico-Political Treatise yang berisi gagasan kemerdekaan untuk berpikir dan berekspresi. Metode dan pemikiran filsafat Espinoza mirip dengan kritikan sufisme. Kritikan-kritikannya terhadap agama Yahudi membuatnya diasingkan oleh para ulama Yahudi. Espinoza meinggal dunia pada tahun 1677.

Michael Faraday Berhasil Menemukan Induksi Elektromagnetik
Tanggal 24 November 1831, Michael Faraday, seorang fisikawan Inggris, berhasil menemukan fenomena induksi elektromagnetik. Penemuannya ini merupakan langkah besar dalam ilmu fisika. Faraday dilahirkan pada tahun 1791 dan awalnya dia bekerja di sebuah toko buku sambil melakukan penelaahan ilmiah. Beberapa tahun kemudian, dia menjadi asisten pada laboratorium milik Humphrey, seorang fisikawan Inggris. Faraday kemudian melakukan berbagai eksperimen dan berhasil menemukan fenomena rotasi elektromagnetik, efek megneto-optikal, motor elektrik, dan menemukan sebuah hukum fisika yang diberi nama hukum Faraday. Dia juga orang pertama yang berhasil mencairkan gas chlor.

Henri Tolouse Lautrec Lahir
Tanggal 24 November 1864, Henri Tolouse Lautrec, seorang pelukis terkenal asal Perancis, terlahir ke dunia di kota Albi, Perancis. Pada usianya ke-17, ia pindah ke Paris untuk menggeluti bidang seni lukis. Pada tahun 1884, Lautrec pindah ke kota Montmarte dan di sana ia banyak melukis wajah para artis dan kaum Bohemian. Karya-karya Lautrec di antaranya The Bar (dilukis tahun 1898) dan At The Races (dilukis tahun 1899). Karya-karya Lautrec selama 20 tahun menggeluti bidang seni lukis berjumlah 600 buah dan semuanya disimpan di Museum Lautrec di kota Albi. Seniman Perancis ini meninggal dunia tahun 1900.

Perjanjian Minyak Iran-Inggris Ditolak
Tanggal 24 November 1950, Komisi Perminyakan Perlemen Iran, menolak perjanjian tambahan perusahaan Iran dan Inggris. Perjanjian ini dibuat ketika AS dan Inggris sedang berkonfrontasi atas sumber minyak Iran dan di saat ketika gerakan nasionalisasi minyak Iran semakin meluas. Perjanjian tersebut merupakan keinginan Inggris untuk memperkuat posisinya dalam eksplorasi minyak di Iran selatan dan hal ini mengancam kepentingan nasional Iran. Dalam penentangan terhadap perjanjian ini, para ruhaniwan di bawah pimpinan Ayatullah Kashani dan gerakan nasional di bawah pimpinan Doktor Mushadeq berperan besar. Akhirnya tuntutan rakyat ini mencapai hasilnya dan pada tanggal 19 Maret 1950 industri minyak Iran dinasionalisasi.

25 November
Penyebab Malaria Ditemukan

Tanggal 25 November tahun 1880, penyebab berjangkitnya wabah malaria, berhasil ditemukan oleh Dr. Alphonse Laveran dari Perancis. Dr. Laveran melakukan banyak penelitian terhadap haematozoa, sporozoa, dan trypanosome. Pada tahun 1907, ia dianugerahi Nobel atas penelitiannya terhadap aktivitas protozoa dalam menyebabkan penyakit. Dia kemudian melakukan penelitian terhadap penyakit malaria dengan mengunjungi berbagai daerah yang terjangkit malaria di Perancis. Akhirnya, pada tahun 1880, Laveran menemukan bahwa penyakit malaria bersumber dari protozoa parasit dari jenis plasmodium yang dibawa oleh nyamuk anopheles.

Polandia Kembali Merdeka
Tanggal 25 November 1918, Polandia kembali meraih kemerdekaannya pasca Perang Dunia Pertama dan kekalahan Rusia, Jerman, dan Austria yang merupakan penjajah negara tersebut. Polandia selama berabad-abad sebelumnya berada di bawah kekuasaan berbagai negara. Pada era Perang Dunia Kedua, Polandia kembali diduduki Jerman. Setelah kekalahan Jerman di tahun 1945, Polandia kembali merdeka dan mendirikan pemerintahan komunis. Ketika Blok Timur dan Uni Soviet runtuh pada dekade 1980-an, pemerintahan komunis di Polandia pun dibubarkan. Polandia memiliki luas wilayah 312.683 kilometer persegi dan berbatasan dengan Cheko, Slovakia, Jerman, Lithuania, Belarusia, dan Ukraina.

Suriname Merdeka
Tanggal 25 November 1975, Suriname, sebuah negara yang terletak di Amerika Selatan, berhasil meraih kemerdekaannya dari Belanda. Suriname sejak awal abad ke-16 di bawah kekuasaan Inggris. Namun, Inggris dalam negoisasi imperialismenya, pada awal abad ke-17 menyerahkan Suriname kepada Belanda. Sebaliknya, Belanda melepaskan sebagian wilayah jajahannya di Amerika Utara. Pada tahun 1954, Suriname diberi hak otonomi dan baru 21 tahun kemudian berhasil meraih kemerdekaan penuh.
Suriname terletak di tepi pantai Samudera Atlantis dan berbatasan dengan Brazil, Guyana, Guiana Prancis.

Ayatullah Gharawi Meninggal Dunia
Tanggal 25 November 1978, Ayatullah Gharawi, seorang ruhaniwan dan pejuang Iran, meninggal dunia. Setelah menyelesaikan pendidikan dasarnya, beliau meneruskan belajar ke kota Najaf. Di sana, beliau menimba ilmu dari ulama-ulama terkemuka pada masa itu sampai berhasil mencapai derajat ijtihad. Setelah menyelesaikan pendidikannya, beliau kembali ke Iran untuk mengajar agama. Di samping mengajar, beliau juga akitif dalam perjuangan melawan rezim Shah yang despotik.

Tentara Rakyat Mustadh'afin Dibentuk
Tanggal 25 November 1980, menyusul dikeluarkannya perintah dari Imam Khomeini, pemimpin Revolusi Islam Iran, mengenai pembentukan 20 juta tentara di Iran, dibentuklah Tentara Rakyat Mustadh'afin. Tentara Rakyat yang disebut sebagai basij ini, dengan berbekal keimanan yang kuat, semangat pengorbanan, dan semangat juang yang tinggi, memainkan peran besar dalam perjuangan rakyat Iran melawan invasi Irak. Hingga hari itu, Basij tetap berperan aktif dalam bidang sosial, budaya, dan militer di Iran. Imam Khomeini dalam pernyataannya mengenai Basij mengatakan, "Basij merupakan manifestasi dari etika tinggi Islam dan tempat untuk berkhidmat kepada Tuhan."

Mahmud Karimi Meninggal Dunia
Tanggal 25 November 1984, Mahmud Karimi, seorang musisi terkemuka Iran, meninggal dunia. Sejak kecil, dia mempelajari biola dari ayahnya dan kemudian menuntut ilmu di bidang tersebut secara serius. Mahmud Karimi meninggalkan dua album karya-karyanya, yang salah satunya merupakan hasil kerjanya selama 40 tahun. Dia bermaksud untuk membuat album rekaman yang berisikan suara seruling yang dipadukan dengan lagu yang dibawakan oleh para penyanyi terkenal, akan tetapi kematian telah menghalangi semua rencananya itu.

Mirkhani Meninggal Dunia
Tanggal 25 November 1990, Mirkhani, seorang ahli kaligrafi terkenal Iran, meninggal dunia pada usia 80 tahun. Setelah menyelesaikan pendidikan dasarnya, dia belajar kaligrafi Iran dari seniman-seniman terkemuka pada zaman itu dan dalam waktu singkat, Mirkhani berhasil masuk ke deretan seniman kaligrafi besar Iran. Mirkhani memiliki spesialisasi di penulisan jenis huruf nasta'aliq. Seniman besar Iran ini meninggalkan karya lebih dari 60 jilid kitab. Di antara karya Mirkhani adalah kumpulan syair Sa'di dan Hafidz yang ditulis ulang dengan tulisan indah.

26 November
Adam Mickiewicz Lahir

Tanggal 26 November 1855, Adam Mickiewicz, seorang penyair dan penulis besar Polandia, meninggal dunia di Istanbul, Imperium Ottoman. Dia dilahirkan pada tahun 1798 dan sebagaimana ayahnya, ia adalah seorang pejuang kebebasan. Mickiewicz hidup di masa ketika wilayah Polandia dibagi-bagi oleh Rusia, Austria, dan Prusia. Dia memainkan peran aktif dalam usaha untuk mempersatukan kembali tanah airnya. Oleh karena perjuangannya itulah, Mickiewicz dibuang ke Rusia pada tahun 1823. Enam tahun kemudian, dia pergi dari Rusia dan mengajar sastra di Perancis. Kemudian, Mickiewicz pergi ke Istanbul dengan maksud untuk membentuk pasukan Polandia guna melawan Rusia, namun di kota itu dia meninggal dunia. Karya-karya Mickiewicz di antaranya berjudul "Pan Tadeusz" dan "Forefathers' Eve".

Heinrich Herzt Meninggal Dunia
Tanggal 26 November 1894, Heinrich Herzt, seorang fisikawan dan matematikawan Jerman, meninggal dunia pada usia ke-37 tahun. Dia dilahirkan pada tahun 1857. Hezt berhasil mengaplikasikan teori Maxwell untuk memproduksi dan menerima gelombang radio. Karena itulah, unit frekuensi sebuah gelombang radio, yaitu satu putaran per detik diberi nama "hertz".

27 November
Kelahiran Sejarawan Besar Jerman

Tanggal 27 November 1817, Theodor Mommsen, sejarawan dan peneliti besar Jerman terlahir ke dunia. Setelah menamatkan pendidikan, Thoedor melakukan penelitian mengenai banyak hal, terutama naskah-naskah peninggalan kuno. Salah satu karya besar Theodor Mommsen yang terkenal adalah "Sejarah Rumawi Kuno", yang merupakan salah satu buku sejarah terlengkap yang mengenai kerajaan Rumawi Kuno. Sejarawan yang mendapatkan hadiah Nobel tahun 1902 ini juga aktif terjun di gelanggang politik dan pernah menjadi wakil rakyat di parlemen Jerman.

Konferensi Tehran Bahas Cara Mengalahkan Jerman
Tanggal 27 November 1940, para pemimpin Amerika Serikat, Inggris dan Uni Soviet, tiga negara yang menduduki Iran, menyelenggarakan konferensi di Tehran. Konferensi ini digelar setelah AS terlibat dalam perang dunia kedua melawan Jerman. Dalam konferensi yang dihadiri oleh presiden AS Roosevelt, Perdana Menteri Inggris Churchill dan Pemimpin Uni Soviet Stalin itu, dibahas cara-cara untuk mengalahkan Jerman dalam perang dunia kedua. Setelah empat hari berunding, para pemimpin ketiga negara menandatangani deklarasi bersama yang isinya adalah tekad untuk mengalahkan Jerman. Ketiga negara juga sepakat untuk meninggalkan Iran setelah perang berakhir.

Kekalahan Jerman Dalam Perang Tank
Tanggal 27 November 1941, Jerman mengalami kekalahan dalam perang tank melawan Uni Soviet. Perang ini meletus setelah Jerman berniat untuk menduduki Moskow dengan terlebih dahulu mengepungnya selama satu bulan. Kekalahan Jerman ini merupakan salah satu peristiwa terpenting yang terjadi pada perang dunia kedua, yang lantas disusul oleh sederet kekalahan pahit lainnya yang diderita dalam frontnya melawan Uni Soviet.


Yujin O'niel Meninggal Dunia
Tanggal 27 November 1953, Yujin O'niel penulis drama terkenal AS meninggal dunia dalam usia 65 tahun. O'Neil dilahirkan pada tahun 1988 dan menjalani kehidupan yang penuh dengan berbagai peristiwa. Dikarenakan kecintaannya yang mendalam terhadap teater dia disebut sebagai anak teater. Pada tahun 1936 dia mendapat hadiah nobel karena karyanya yang berjudul "Di Sisi Lain Ufuk." Di antara karyanya yang lain adalah buku berjudul "Imperatur Jons", "Penolakan Aneh" dan "Keluhan Sahara".

28 November
Pelabuhan Pondicherry Diduduki Perancis

Tanggal 28 November 1676, Pelabuhan Pondicherry yang terletak di India timur dan salah satu kawasan banyak hasil bumi di negara ini, diduduki oleh Perancis. Pelabuhan yang terletak dekat Teluk Bengali di lautan Hindia ini, sebelumnya menjadi rebutan negara-negara imperialis Eropa dan beberapa kali berpindah di bawah kekuasaan Perancis dan Belanda. Akhirnya, melalui perjuangan rakyat kawasan tersebut, pada tahun 1956, yaitu sembilan tahun setelah kemerdekaan India, pelabuhan Pondicherry kembali berada di bawah kekuasaan bangsa India.

Albania Merdeka
Tanggal 28 November 1912, Albania meraih kemerdekaanya. Jauh sebelum Masehi, Albania telah menjadi negara independen. Namun, setelah terbentuknya kekaisaran Romawi, Albania menjadi bagian dari kekuasaan imperium ini. Pada tahun 1501, seiring dengan meredupnya kekuatan imperium Rumawi, Albania jatuh ke tangan Imperium Ottoman. Pada awal abad ke-20, kekuatan Ottoman melemah dan terpaksa melepaskan wilayah kekuasaannya di Balkan. Tepat pada tahun 1912, Albania meraih kemerdekaannya. Namun, pada tahun 1939, Albania kembali diduduki oleh negara asing, yaitu Italia. Pada tahun 1944, di bawah kepemimpinan Enver Hoxha, Albania kembali merdeka dan menjadi sebuah negara komunis. Seiring runtuhnya Uni Soviet, pemerintahan komunis di Albania pun dihapus.
Albania merupakan satu-satunya negara Eropa yang penduduk muslimnya mayoritas. Negara ini terletak di semenanjung Balkan dan berbatasan dengan Yunani, Yugoslavia, dan Makedonia.

Mauritania Merdeka
Tanggal 28 November 1960, Mauritania memproklamasikan kemerdekaannya. Negara ini sejak abad ke-15 berada di bawah penjajahan Potugis, kemudian berpindah-pindah ke bawah kekuasaan Belanda dan Inggris. Pada tahun 1903, Mauritania dikuasai oleh Perancis. Pada pertengahan abad ke-20, rakyat Mauritania dalam sebuah referendum menyepakati dibentuknya sebuah pemerintahan otonomi. Baru pada tahun 1960, negara ini dengan menandatangani perjanjian kesepakatan dengan pemerintah Perancis, meraih kemerdekaan penuh. Mauritania terletak di barat daya Afrika dan berbatasan dengan Aljazair, Mali, dan Senegal.

Inggris Keluar dari Pulau Abu Musa, Tonb Besar dan Tonb Kecil
Tanggal 28 November 1971, Inggris keluar dari tiga pulau di Teluk Persia, yaitu pulau Abu Musa, Tonb Besar dan Tonb Kecil, dan kekuasaan atas tiga pulau ini dikembalikan kepada pemerintah Iran. Keluarnya Inggris dari ketiga pulau tersebut adalah bagian dari rencana Inggris untuk keluar dari wilayah Mediterania dan Teluk Persia karena masalah ekonomi dan politk. Tiga pulau ini memiliki nilai strategis karena terletak di Selat Hermez yang menghubungkan Teluk Persia dengan Laut Oman. Pulau Abu Musa, Tonb Besar dan Tonb Kecil diduduki oleh Inggris sejak tahun 1887untuk mengamankan jalur perdagangannya di Teluk Persia dan Samudera Hindia.

Kapal Tempur Irak Berhasil Dikalahkan Iran
Tanggal 28 November 1980, menyusul invasi Irak ke Iran, dalam sebuah pertempuran sengit di Teluk Persia, sejumlah besar kapal perang Irak berhasil dihancurkan oleh angkatan laut Iran. Selain itu, anjungan minyak Al-Bakr yang terletak di barat laut teluk Persia juga mengalami kerusakan berat. Menyusul operasi militer tersebut, kontrol atas kawasan Teluk Persia tersebut berada di tangan pejuang Iran. Hari ini kemudian dikenang oleh rakyat Iran sebagai "Hari Angkatan Laut".

Ayatullah Araki Meninggal Dunia
Tanggal 28 November 1994, Ayatullah Syaikh Muhammad Ali Araki, seorang marji' taklid besar kaum muslimin, meninggal dunia pada usia 103 tahun. Beliau dilahirkan di kota Arak, Iran dan sejak usia 15 tahun telah mulai menimba ilmu dari ulama-ulama terkemuka saat itu, diantaranya Ayatullah Hairy dan Ayatullah Khansari. Kemudian, selama bertahun-tahun beliau mengajar ilmu-ilmu Islam di hauzah ilmiah Qum. Beliaupun merupakan salah satu pendukung revolusi Islam dan amat menghormati Imam Khomeini.
Di antara karya-karya Ayatullah Araki berjudul "Risalah fil Ijtihad wal Taklid" dan "Hasiye bar Urwatul Wutsqa" atau penjelasan atas kitab Urwatul Wutsqa.

29 November
Lord Macaulay Meninggal Dunia

Tanggal 29 November 1859, Lord Macaulay, seorang sejarawan Inggris, meninggal dunia. Dia menjadi terkenal atas karyanya "History of England from the Accession of James II" yang ditulisnya tahun 1848. Lord Macaulay yang memiliki nama lengkap Thomas Babington, lahir tahun 1800 di Leiceshershire. Pada tahun 1825, ia berhasil meraih gelar masternya dan mulai menulis kolom di Edinburgh Review yang membuatnya dikenal publik. Ia kemudian meniti karir di bidang politik sambil terus menulis dan menerbitkan buku-buku di bidang sejarah.

Dewan Antifasis untuk Kemerdekaan Rakyat Yugoslavia
Tanggal 29 November 1943, kaum komunis Yugoslavia berkumpul di kota Jajce, Bosnia, untuk bergabung dalam Dewan Antifasis untuk Kemerdekaan Rakyat Yugoslavia (AVNOJ). Dewan yang dipimpin oleh Joseph Broz Tizo ini, mengklaim bahwa Dewan tersebut adalah satu-satunya pemerintahan yang memiliki legitimasi di Yoguslavia. Pada malam harinya, mereka menyusun satu halaman domumen yang memproklamasikan negara federal baru. Selama 47 tahun lamanya, tanggal 29 November diresmikan sebagai Hari Republik dan dokumen yang disusun di Jajce dinyatakan sebagai Deklarasi Kemerdekaan.
Pada tahun 1941, Yugoslavia yang saat itu berupa kerajaan, diduduki oleh Nazi Jerman dan sekutunya. Para anggota kerajaan pun mengasingkan diri ke luar negeri. Selama dua tahun, para komunis Yugoslavia berjuang mengusir Nazi Jerman. Seiring dengan mulai lemahnya kekuatan Axis, kaum komunis di bawah pimpinan Tito mengambil kesempatan untuk merebut kekuasaan.
Pada tanggal 29 November tahun 1945, setelah Nazi menyerah dan komunis memegang kontrol penuh di Yugoslavia, AVNOJ kembali bertemu dan secara resmi menghapuskan sistem kerajaan serta mendeklarasikan berdirinya Republik Rakyat Federal Yugoslavia.

Majelis Umum PBB Mengesahkan Pembagian Palestina
Tanggal 29 November 1947, Majelis Umum PBB yang berada di bawah pengaruh negara-negara Barat, dengan suara mayoritas sederhana, menyetujui pembagian tanah Palestina untuk dua pemerintah, yaitu Palestina dan Zionis. Berdasarkan keputusan ini pula, wilayah Baitul Maqdis dinyatakan sebagai zona internasional. Resolusi yang secara resmi mengakui berdirinya pemerintah Zionis di tanah pendudukan Palestina ini menimbulkan kemarahan negara-negara Arab. Dengan alasan menolak rencana PBB itu, Inggris pada tahun 1948 menarik pasukannya dari Palestina. Namun, sesungguhnya aksi Inggris ini adalah untuk mempersiapkan pendirian pemerintahan Zionis. Pasukan Zionis segera mengisi pos-pos militer yang semula diduduki Inggris dan mendeklarasikan berdirinya rezim Zionis di tanah Palestina. Segera setelah aksi Zionis ini, terjadilah perang Arab-Israel Pertama.

30 November
Jonathan Swift Lahir

Tanggal 30 November 1667, Jonathan Swift, penulis terkenal Irlandia terlahir ke dunia di kota Dublin. Pada masa perjuangan kemerdekaan Irlandia, Swift juga turut aktif berjuang. Karya terkenal Swift adalah Perjalanan Gulliver yang diterbitkan tahun 1726. Meskipun diberi label sebagai buku anak-anak, namun buku itu populer di berbagai tingkat usia. Buku ini menunjukkan keinginan Swift untuk menarik minat baca masyarakat dan tidak menerima segala sesuatu begitu saja sebelum melakukan penelitian. Para pembaca buku itu bisa mencocokkan semua kisah dalam buku Gulliver dengan kejadian masa kini dan masalah sosial jangka panjang. Swift meninggal dunia pada usia 78 tahun.

Penemu Vaksin Cacar Meninggal Dunia
Tanggal 30 November 1822, Edward Jener, seorang dokter Inggris penemu vaksin cacar, meninggal dunia. Dia adalah seorang dokter yang lebih memilih tinggal di pedesaan untuk merawat masyarakat. Dia kemudian meneliti kebenaran mitos di kalangan petani, yaitu bahwa orang yang telah terjangkit penyakit cacar sapi, tidak akan terjangkit penyakit cacar. Para penderita cacar sapi biasanya meminum susu sapi yang telah terjangkit oleh cacar sapi. Dia kemudian melakukan eksperimen pertamanya dengan memvaksin seorang anak berusia 8 tahun dengan kelenjar yang diambil dari tangan seorang penderita cacar sapi. Kata "vaksin" sendiri berasal dari bahasa Latin "vaccinus" yang artinya sapi.
Namun beberapa tahun kemudian, muncul gerakan yang menentang keras vaksin cacar di Inggris, yang dipimpin oleh Mary Hume, dengan menulis buku "150 Alasan Untuk Menolak Vaksin". Salah satu di antaranya alasan tersebut adalah bahwa penyakit cacar bisa hilang dengan sendirinya dan vaksin yang disuntikkan ke tubuh manusia bahayanya jauh lebih besar daripada penyakit cacar itu sendiri.

Mark Twain Lahir
Tanggal 30 November 1835, Samuel Clemens, yang terkenal dengan nama Mark Twain, seorang penulis terkenal Amerika, terlahir ke dunia. Awalnya, dia menulis di surat kabar milik saudaranya. Pada tahun 1863, dia menulis sebuah buku yang membuatnya terkenal ke seluruh dunia, yaitu "Petualangan Tom Sawyer". Buku ini adalah kisah energetik dari seorang anak laiki-laki yang nakal yang bertemu dengan seorang buronan. Buku ini dibuat berdasarkan pengalaman masa muda Twain sendiri dan ditambah dengan berbagai khayalannya. Dalam buku ini, Twain dengan sangat bagus mendeskripsikan intrik perilaku anak-anak, sehingga anak-anak bisa memahami apa yang ditulisnya dalam buku itu. Pada saat yang sama, Twain juga mampu mendeskripsikan hal yang sama pada perilaku orang dewasa sehingga mereka juga memahami sepenuhnya apa yang tengah terjadi. Buku ini telah dibaca selama lebih 100 tahun dan hingga kini terus menjadi salah satu buku yang terkenal.

Abdul Basith Meninggal Dunia
Tanggal 30 November 1988, Abdul Basith Muhammad Abdusshamad, seorang qari terkenal asal Mesir, meninggal dunia di Kairo. Dia mulai menimba ilmu membaca dan menghapal Quran sejak masa kanak-kanak dan pada usia 12 tahun ia telah mendapat hadiah untuk penghapal dan pembaca Quran. Dia kemudian melakukan perjalanan ke berbagai negara dan menjuarai berbagai perlombaan tilawah Al-Quran internasional. Suara bacaan Quran Abdul Basith banyak direkam di kaset dan amat populer di kalangan para pemerhati Quran.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar